Post Top Info

Post Top Info

security

10 Keamanan Komputer Yang Wajib Anda Terapkan Di Komputer Anda

Jika bicara soal keamanan tentu benak kita langsung tertuju ke Antivirus ! ya, nggak salah sih, karena memang jenis ancaman terbesar dari sebuah komputer ya terjangan malware. Ada berbagai macam jenis malware dengan tujuan dan tingkat kerusakan yang berbeda yang siap mengancam jiwa komputer anda beserta data-data yang berada didalamnya. Inilah mengapa jika kita mendengar kata “keamanan komputer” maka yang terbesit di benak kita ya Antivirus.


Namun Antivirus saja tidaklah cukup, untuk menambah tingkat keamanan komputer anda maka ada beberapa 10 langkah yang wajib anda jalankan. Tentu saja bukan berarti setelah anda menjalankan 10 langkah ini maka komputer anda bakal aman 100%. Resiko tetap ada, karena tidak ada satupun program buatan manusia yang sempurna. Pasti terdapat celah dan kesalahan, nah bagaimana kita memperkecil resiko itulah yang menjadi tujuan kita sebenarnya.

10 Langkah Mengamankan Komputer

Oke setelah cukup basa-basinya, berikut 10 langkah mengamankan komputer anda. Langkah-langkah keamanan ini tidak hanya melapisi pertahanan komputer anda dari serangan malware tapi juga dapat melindungi akun online anda seperti akun email, messanger, sosial media dlsb.


1. Menggunakan Antivirus

Meskipun anda orangnya super hati-hati tapi anda tetap membutuhkan antivirus. Jangan menyepelekan keberadaan sebuah antivirus. Karena antivirus dapat memperkecil resiko komputer anda terkena infeksi virus. Mulai dari virus yang sepele sampai dengan virus yang bakal membuat seluruh data penting anda lenyap.

avast free antivirus


Ransomware adalah salah satu contoh jenis malware yang kreatif namun berbahaya. malware ini tidak merusak komputer anda tapi menyandera data-data penting kemudian meminta tebusan sejumlah uang. Untuk itu, agar komputer anda terlindungi gunakanlah antivirus terbaik dan selalu update antivirus anda.


2. Tetap Mengaktifkan User Account Control

User Account Control


User Account Control atau biasa disingkat dengan UAC.merupakan fitur dari Microsoft Windows yang mulai diperkenalkan sejak Windows Vista.  UAC dapat mencegah malware melakukan modifikasi pada file sistem tanpa permisi. Menonaktifkan fitur UAC sangat tidak direkomendasikan, karena bisa saja ada malware yang memodifikasi sistem tanpa sepengetahuan anda.


3. Mengaktifkan Firewall

ilustrasi


Firewall berfungsi untuk menyaring koneksi yang masuk ke komputer anda. Koneksi yang jahat akan di blokir dan koneksi yang bersih akan dibiarkan lewat. Dengan menonaktifkan firewall itu sama artinya dengan membiarkan pintu pagar dan rumah anda terbuka dimalam hari sehingga mengundang maling, garong dan rampok untuk masuk ke rumah anda. Untuk itu selalu aktifkan Firewall windows anda, apalagi jika komputer anda online. Lebih jauh tentang firewall dan cara mengaktifkannya bisa anda baca pada artikel Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Firewall


4. Uninstall Java

logo java


Jika anda tidak memiliki program yang bergantung dengan Java atau Java applets maka sebaiknya anda uninstall saja program ini. Java dikenal sering membawa celah dan lubang keamanan secara terus menerus. Jika anda benar-benar membutuhkan Java maka pastikan anda menggunakan versi Java terupdate. Hal ini untuk meminimalisir adanya celah keamanan. Dan jangan lupa untuk mematikan java browser plugin.


5. Update Windows dan Software Anda

windows update


Tidak ada karya manusia yang sempurna selalu saja ditemukan lubang atau celah keamanan baru pada sebuah software atau sistem operasi seperti Windows. Yang bisa kita lakukan sebagai pengguna adalah menuggu pihak developer untuk menambal celah keamanan tersebut. Nah, penambalan celah keamanan ini bisa anda dapatkan dengan proses udpate.

Untuk itu pastikan anda selalu meng- Update Windows Anda, Windows Update berfungsi untuk memperbaiki bugs serta menambal celah keamanan yang ditemukan. Tidak hanya Windows, tapi juga software-software yang terinstall di komputer anda seperti firefox, vlc, flash player, ccleaner dlsb. Software-software ini juga memiliki celah keamanan, untuk itu anda harus selalu mengupdate software-software yang terinstall dikomputer anda ke versi yang paling baru. Program antivirus seperti Avast Free dapat membantu anda untuk mengupdate software-software yang terinstall dikomputer anda secara otomatis.


6. Hati-Hati Terhadap Program Yang Anda Download

ilustrasi


Salah satu media penyebaran virus dan malware lainnya adalah dengan perantara program. Mereka menyisipkan malware kedalam sebuah program, menguploadnya ke internet lalu membagikannya melalui situs-situs download ataupun sosial media. Anda pun tertarik untuk mendownloadnya, menginstallnya dan BUM! komputer anda resmi terinfeksi malware yang mereka sisipkan, apapun jenis malware itu.

Untuk itu selalu install program-program yang sudah terpercaya dan downloadlah dari situs resminya. Jika anda ingin mendownload program iTunes misalnya, maka downloadlah dari apple.com yang merupakan pengembang resmi itunes. Anda perlu waspada jika mendownloadnya dari link atau situs lain, apalagi dari situs-situs underground dan hacking, bisa-bisa iTunes yang anda download udah disisipin sesuatu.

Selain situs resminya, ada juga situs download yang memang terpercaya seperti CNET, SOFTPEDIA, dlsb tapi anda tetap harus hati-hati juga.


7. Hati-Hati Terhadap Program Bajakan, Crack, Keygen dlsb

logo salah satu situs torrent terbesar


Program-program bajakan dan ilegal merupakan umpan paling empuk untuk menjaring mangsa. Siapa sih yang nggak mau download program yang lisensinya seharga sebuah laptop dengan gratis..?? Para cracker melihat ini sebagai umpan potensial untuk menyusupkan malware kedalam program bajakan, crack, keygen dlsb. Makanya jangan heran jika anda menjalankan keygen atau crack antivirus anda akan mendeteksi keberadaan malware didalamnya.


8.  Hati-Hati terhadap phising dan social enginering

ilustrasi


Phising merupakan sebuah teknik hacking  yang mereplika sebuah website guna mengecoh dan mencuri akun penggunanya. Misalnya nih, seorang hacker membuat situs yang mirip banget dengan twitter, lengkap dengan kolom loginnya. Anda yang tidak waspada mengira situs ini adalah twitter beneran, anda-pun memasukan username dan password anda ke situs twitter palsu ini. Saat anda menekan tombol Login saat itulah username dan password anda dikirim ke si hacker sehingga dia bisa login ke akun twitter  anda. Lebih jauh tentang phising bisa anda baca di artikel Twitter Anda dibajak ? Mungkin Anda Terkena Jebakan Ini. Anda bisa melindungi diri dari jebakan phising dengan mengaktifkan fitur 2 factor authentication dari akun anda

Sedangkan Social Enginering merupakan pendekatan sosial agar anda mengikuti arahan-arahan dari si hacker sehingga anda masuk kedalam jebakan yang mereka buat. Untuk menghindarinya abaikan email-email aneh yang mencurigakan seperti email anda menang lotere, anda dapat warisan, raja afrika mau memindahkan tabungannya ke rekening anda dan email-email berbau busuk lainnya. Jangan tergoda oleh duit melimpah yang bisa anda dapatkan secara instant (hari gini mau cepat kaya, kerja dong…), serta jangan mengklik link-link yang mencurigakan.


9. Hindari Menggunakan Password Yang Sama

ilustrasi


Ini penyakit yang selama ini banyak diderita oleh pengguna internet. Karena sangking banyaknya akun email, forum, messanger dan sosial media yang diikuti maka kita cenderung untuk menggunakan password yang sama untuk semua akun yang kita miliki. Alasannya mungkin agar mudah di ingat, jadi kita membuat all in one password.

Tapi hal ini dapat menimbulkan masalah yang serius, kenapa..?? coba bayangkan jika satu saja akun anda jebol dan password anda berhasil dicuri orang..??? maka semua akun email, forum, messanger dan sosial media yang anda ikuti bakal ikut jebol juga. Untuk itu gunakanlah password yang bervariasi untuk masing-masing akun anda, memang menjadi beban tersendiri untuk mengingatnya tapi anda bisa menggunakan program password manager untuk membantu anda menyimpan password-password anda tersebut.


10 Gunakan Password Yang Kuat

ilustrasi

Ini juga salah satu kelemahan kita, karena alasan agar mudah diingat kita pun membuat password menggunakan tanggal lahir, tempat lahir, bulan lahir, nama orang tua, saudara, dan hal-hal yang menyangkut pribadi lainnya. Jenis password ini akan sangat mudah untuk dilacak dan di pecahkan. Untuk itu buatlah password yang kuat dan jangan lupa untuk Menguji Kekuatan Password Anda

10 Langkah diatas tidak akan menjamin komputer dan akun-akun anda aman 100% tapi setidaknya anda sudah menambahkan 10 lapis tingkat keamanan sehingga resiko yang anda miliki juga berkurang. Jika anda memiliki tips keamanan lain, bisa anda share lewat kolom komentar dibawah artikel ini.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar