Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Cara mendapatkan domain gratis dot tk, dot ga, dot ml, dot cf dsb

laptop

Ada beberapa top level domain yang bisa anda dapatkan secara gratis seperti .ga, .tk dlsb. Namun sayangnya penyedia layanan domain gratis ini sudah memblokir pendaftaran baru dari Indonesia dengan alasan banyaknya penyalah gunaaan nama domain. Namun tenang, karena masih bisa kita akali dengan menggunakan VPN ekstensi browser, cara dibawah ini khusus pengguna chrome, untuk pengguna browser lain silahkan menyesuaikan.


A. Mempersiapkan VPN

  1. Akses dan install ekstensi uVPN disini
  2. Setelah diinstall, lakukan pendaftaran akun VPN gratis dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.
  3. Klik icon uVPN pada taskbar

  4. uvpn


  5. Klik icon dibawah ini untuk mengaktifkan VPN
icon uvpn


setelah VPN Aktif, Anda bisa melanjutkan bahasan dibawah ini.


B. Mendaftarkan Domain .TK

Nah sekarang kita coba untuk membuat nama domain .tk yuk, domain .tk ini gratis..tis..dan memiliki prinsip dan cara kerja yang sama dengan domain premium. Jadi nanti setelah Anda mendapatkan nama domain dari .tk Anda harus mengarahkan domain Anda ke DNS server hosting yang Anda miliki persis sama dengan ketika Anda membeli nama domain premium.

Untuk mendaftarkan nama domain di .tk ikuti langkah berikut ini :

  1. Akses www.dot.tk 
  2. Pada bagian Get a Free .TK Domain Name isikan nama domain Anda. nantinya nama domain Anda akan memiliki ekstensi .tk misalnya : websiteganteng.tk, pasarjomblo.tk, akukeren.tk dlsb.
  3. Sebagai contoh saya akan mengambil nama domain eripanel.tk, ingat nama domain tidak bisa dimiliki oleh dua orang. Jadi silahkan Anda memilih nama domain yang lainnya, nggak bisa sama dengan punya saya. Jika sudah klik tombol GO

  4. Mendaftarkan nama domain .tk

    Mendaftarkan nama domain .tk

  5. Pada halaman berikutnya Anda harus mengarahkan nama domain ke alamat server hosting yang Anda miliki, karena Anda belum memiliki server hosting maka akan kita isi asal-asalan aja dulu, baru setelah Anda memiliki server hosting Anda bisa mengubah settingannya nanti. Pada bagian Use your new domain tandai pilihan Use DNS.

  6. Pilih Use DNS

    Pilih Use DNS

  7. Lalu pada kolom dibawahnya, pada bagian IP address isikan saja ip 127.0.0.1 , ini adalah ip lokal komputer Anda, kita akan mengubah settingan ini nanti setelah Anda memiliki server hosting.

  8. Isi alamat ip server dengan server lokal

    Isi alamat ip server dengan server lokal

  9. Lalu pada bagian Registration length, klik menu dropdown dan pilih 12 month agar nama domain Anda bisa dipakai selama satu tahun penuh. Nanti setelah satu tahun Anda bisa memperpanjang nama domain Anda dengan me-registrasi ulang. Tetep gratis kok...
  10. Isikan karakter yang terdapat pada gambar pada kolom yang telah disediakan.

  11. Isikan kode yang tertera pada gambar

    Isikan kode yang tertera pada gambar

  12. Klik tombol Sign Up
  13. Klik link email address yang terdapat di bagian paling bawah form pendaftaran untuk melakukan pendaftaran via email.

  14. Klik link email address

    Klik link email address

  15. Masukan alamat email Anda yang valid lalu klik tombol Next
  16. Pada form berikutnya isikan nama Anda, lalu buat password yang Anda inginkan untuk domain Anda, ketikan password tersebut kembali pada bagian Password (again). Lalu klik tombol Create Account.

  17. Membuat akun .tk baru

    Membuat akun .tk baru

  18. Buka email Anda, dan cari email konfirmasi dari Dot TK. jika Anda tidak menemukannya pada folder inbox maka carilah pada folder spam, biasanya nyasar disana emailnya. 
  19. Jika sudah ketemu, buka email dari Dot TK, dan Anda akan diberi kode konfirmasi serta link untuk melakukan konfirmasi. Klik link konfirmasi yang diberikan.

  20. Email kode konfirmasi dan link konfirmasi

    Email kode konfirmasi dan link konfirmasi

  21. Pada halaman konfirmasi masukan kode konfirmasi yang tadi diberikan pada email lalu klik tombol Confirm.

  22. Memasukan kode konfirmasi

    Memasukan kode konfirmasi

  23. Dan nama domain tersebut resmi menjadi milik Anda.


C. DOT TK Domain Manager

Mesikpun gratisan tapi dot tk memiliki domain manager layaknya provider domain berbayar. Pada domain manager ini Anda bisa mengubah setting DNS, mengganti Name Server dlsb. ikuti langkah berikut untuk mengakses domain manager Dot Tk. 

  1. Akses my.dot.tk pada web browser Anda, lalu login menggunakan akun yang telah Anda daftarkan sebelumnya. 
  2. Pada halaman selanjutnya klik link Go to domains

  3. Mengakses domain manager

    Mengakses domain manager

  4. Anda akan dibawa kehalaman selanjutnya, dan itulah domain manager dot tk Anda. untuk mengubah Name Server silahkan Anda klik tombol Modify.

  5. Klik tombol modify

    Klik tombol modify

  6. Pada jendela popup yang muncul tandai pilihan Custom DNS lalu isikan Name Server Anda pada bagian Host Name, klik tombol Add New untuk menambahkan kolom Host Name, jika sudah jangan lupa klik tombol Save Changes.

Memasukan Name Server pada dot tk

Memasukan Name Server pada dot tk


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar