Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Cegah Email Masuk Ke Kotak SPAM Penerima Dengan Fitur Email Authentication cPanel

 

ilustrasi spam email

Seringkali email dengan ekstensi domain TLD atau domain probadi terdeteksi sebagai spam, apalagi jika domain Anda belum memiliki reputasi di dunia maya, maka acapkali pesan yang Anda kirim dari [email protected] sering nyangkut atau nyasar kedalam folder Spam, Bulk, atau malah tertolak oleh server email penerima.

Penyebab Email Masuk Ke Kotak SPAM

Hal ini bisa terjadi karena ada spammer yang menggunakan domain kita untuk melakukan aktifitas spamnya, tentu saja masalah ini ngeselin banget kan..?? padahal kita kan orang baik-baik, bukan spammer, bukan junker yang mengirimkan email-email sampah, tapi kok malah email dari kita dimasukan kedalam folder Spam, Bulk atau malah ditolak..??? Ibaratnya orang yang makan nangkanya kita yang kena getahnya, ini benar-benar sebuah penghinaan dan tidak bisa didiamkan anak muda...!!

Untuk mengatasi masalah ini, maka cPanel menyediakan fitur Email Authentication. Email authentication berfungsi sebagai “surat pernyataan” atau “bukti” bahwa email yang dikirim benar-benar asli berasal dari server kita bukan akal-akalan para spammer.

Dengan fitur ini maka email yang dikirim dari domain Anda akan dikenali sebagai email yang bersih (bukan email sampah atau spammer) oleh server penerima. Tentu saja fitur ini akan bekerja dengan baik jika Anda memang bukan seorang spammer, tapi jika sebelumnya domain atau IP Anda dikenal sebagai tukang spam maka fitur ini akan sia-sia.

Ada dua jenis otentifikasi yaitu DKIM (DomainKeys Identified Mail) fitur ini berfungsi untuk melakukan otentifikasi pada email yang masuk, apakah email tersebut benar-benar berasal dari domain yang bersangkutan ? atau sudah hasil modifikasi dari para spammer..? DKM berfungsi untuk mengurangi email SPAM atau email palsu yang masuk kedalam server Anda.

Jenis otentifikasi yang kedua adalah SPF (Sender Policy Framework) Fitur ini berfungsi sebagai otentifikasi pesan atau email yang keluar dari server Anda. fitur ini akan mencegah adanya email spam yang berasal dari domain Anda, sehingga domain Anda tetap terjaga “kebersihannya”. Dengan adanya SPF para spammer tidak bisa “memfitnah” domain Anda sehingga jika Anda memang bukan spammer maka domain Anda akan memiliki reputasi yang baik didunia maya.

  1. Untuk mengaktifkan fitur ini akses cPanel > Email Authentication

  2. Tombol Email Authentication

    Tombol Email Authentication

  3. Pada halaman berikutnya klik tombol Enable pada bagian DKIM untuk mengaktifkan DKIM dan klik tombol Enable Pada bagian SPF untuk mengaktifkan SPF.

  4. DKIM dan SPF

    Klik tombol enable pada DKIM dan SPF

  5. Nanti dikemudian hari jika Anda ingin menonaktifkan DKIM dan SPF maka Anda tinggal mengulangi langkah diatas kemudian klik tombol Disable untuk menonaktifkan DKIM ataupun SPF.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar