Post Top Info

Post Top Info

hackintoshtutorial

Cara Uninstall Hackintosh Dari Komputer Dual Boot Windows


Anda sudah sukses menginstall Mac OS X dual boot dengan Windows. Katakanlah Anda sudah menguasai Mac OS X dan tertarik untuk membeli komputer Mac yang asli. Atau ternyata komputer Anda nggak support Mac OS X secara penuh, banyak kext yang tidak cocok dengan hardware Anda. Andapun ingin “membuang” Hackintosh dari komputer Anda dan ingin kembali menjadikan Windows sebagai satu-satunya OS yang ada di komputer. Bagaimana caranya...??


Uninstall Hackintosh Pada Komputer Dual Boot Windows

1.     Masuk ke sistem operasi Windows lalu jalankan aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition (APASE) yang sudah pernah kita bahas pada BAB 7.

2.     Pertama kita hapus dulu partisi Mac OS X, klik kanan pada partisi Mac OS X Anda lalu pilih Delete Partition. Pada jendela popup yang muncul klik OK




Pilih Delete Partition

3.     Jika sudah, klik kanan partisi System Reserved Anda lalu pilih Advance > Set Active Partition. Lalu pada jendela popup yang muncul klik OK

Set active partition

4.     Jika sudah klik kanan pada Disk 1 (Hard Disk tempat Anda menginstall Windows), lalu pilih Rebuild MBR

Rebuild MBR

5.     Akan muncul jendela popup Rebuild MBR. Pada bagian Set the type of MBR for the current OS pilih OS Windows Anda. Karena saya menggunakan Windows 8 maka saya pilih Windows 7/Windows 8. Klik OK jika sudah.

Pilih OS Windows Anda

6.     Terakhir klik tombol Apply pada toolbar, pada jendela popup yang muncul klik tombol Proceed, klik Yes lalu tunggu proses hingga selesai.

Klik tombol Apply

7.     Jika proses sudah selesai klik tombol OK lalu restart komputer Anda.

8.     Sekarang komputer Anda sudah kembali ke Windows sebagai satu-satunya OS. Nah, sekarang masalahnya “bekas” partisi Mac OS X Anda yang menjadi unallocated space itu mau diapakan..?? itu sih terserah Anda mau di buat partisi baru silahkan, mau digabungkan dengan partisi yang sudah ada juga boleh.

9.     Jika Anda ingin menggabungkan unallocated space dari “bekas” partisi Mac OSX kedalam partisi yang sudah ada maka Anda bisa menggunakan tools APASE ini, klik kanan pada partisi yang terletak disebelah kiri atau kanan unallocated space lalu pilih Resize Partition.

Resize partition

10.  Pada jendela popup yang muncul geser slide partisi kekanan atau kekiri (tergantung posisi unallocated space Anda berada) hingga mentok, hingga angka yang tertera pada Unallocated space before dan Unallocated space after menunjukan angka 0.00 KB.

 Geser slide hingga mentok

11.  Jika sudah klik tombol OK lalu klik Apply. Pada jendela popup yang muncul klik Proceed dan pilih Yes. Jangan lupa untuk menandai pilihan Automatically fix it when find errors

12.  Tunggu proses hingga selesai, jika sudah selesai klik OK lalu restart komputer Anda.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar