Post Top Info

Post Top Info

linuxubuntu

editing audio di ubuntu dengan ocenaudio, GRATIS!

software editing audio di ubuntu – Ketika kita bersentuhan dengan yang namanya audio entah itu file musik, efek sound dlsb pasti tidak terlepas dari masalah-masalah klasik seperti suara terlalu berisik, terlalu kotor, terlalu panjang dlsb. Dan timbul hasrat serta nafsu untuk mengeditnya.

ocenaudio di ubuntu


Bagi anda pengguna windows anda bisa menggunakan software wavepad gratis untuk melakukan editing audio.


Editing Audio di Ubuntu

Dewasa ini editing audio tidak lagi maenannya para musisi, arranger atau para maestro musik titisan mozzart atau bethoven. bocah ingusanpun bisa mengedit file audio. hal ini didukung oleh semakin banyaknya dan semakin user friendlynya aplikasi-aplikasi audio editor yang bertebaran dimuka bumi ini. Dengan mengedit file audio anda bisa memperbaiki kualitas suara dari musik favorit anda, memotong bagian -bagian musik tertentu untuk dijadikan ringtone atau backsound komputer anda ketika dinyalakan/dimatikan. Dlsb.

Bagi anda pengguna windows, banyak sekali apliaksi-aplikasi sound editor baik yang gratis ataupun yang premium, tapi bagi anda pengguna linux khususnya ubuntu mungkin agak kesulitan ya menemukan apliaksi sound editor yang mumpuni serta memiliki interface yang bagus dan user friendly.

Nah kebetulan nih, kemaren saya nemu aplikasi editing audio di ubuntu yang bisa dikatakn keren, baik dari segi interface maupun kegunaan. Nama aplikasi ini Ocenaudio, walaupun nama aplikasinya agak culun tapi anda jangan meremehkan fungsinya.

Apliaksi ini tenyata multiplatform loh, alias bisa berjalan diberbagai jenis sistem operasi jadi bagi anda pengguna windows maupun mac anda boleh mencoba kebolehan aplikasi ini, toh GRATIS (senengkan denger kata-kata gratis..:D ).


download dan install ocenaudio

Bagi anda pengguna ubuntu, aplikasi editing audio di ubuntu ini tidak tersedia di Ubuntu software center jadi anda harus mendownload kemudian menginstallnya dikomputer anda, jangan khawatir udah versi .deb kok, jadi anda nggak perlu repot-repot lagi bergelimang kode di terminal, karena untuk menginstallnya anda cukup mendouble kliknya saja.

Download versi Linux yang 64-Bit jika Ubuntu anda menggunakan yang versi 64-BIT, download yang versi 32-BIT jika Ubuntu anda menggunakan versi 32-BIT atau Anda nggak tau pasti versi BIT ubuntu Anda.


download versi linux (.deb)


Setelah anda install anda dapat menjalankan aplikasi ini melalui app launcher atau bisa juga melalui dash menu dengan mengetikan ocenaudio lalu tekan ENTER.


jalankan ocenaudio dari dash menu


Dan seperti inilah penampakan dari ocenaudio


jendela kerja ocenaudio


Untuk mengedit file audio anda menggunakan si ocen ini anda cukup mendrag file audio yang akan anda edit kedalam jendela aplikasi.


edit file audio


Untuk memotong lagu, pilih bagian yang akan anda potong dengan mendrag mouse anda ke grafik audio, klik kanan lalu pilih cut atau bisa juga dengan menekan tombol Del keyboard anda


cut atau delete bagian audio


Jika anda ingin melakukan zooming grafik audio, cukup klik icon zoom yang terdapat di samping kanan atas jendela kerja ocenaudio.


zoom in, zoom out, pan dlsb


Kok toolsnya terbatas banget Cuma itu doang..?? gimana kalo kita mau menerapkan effek fade in/ fade out, distort, invert, filter dlsb…??

Ya coba anda arahkan kursor anda ke top bar , nanti disana akan muncul tools-tools dari ocenaudio, lumayan lengkap loh…yah cukup lah bagi yang masih ingusan seperti kita-kita ini. Jika menu anda tidak muncul coba anda klik dulu aplikasi ocenaudio lalu arahkan kursor ke top bar ya..


effect pada ocenaudio


Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur audio screenshot loh, jadi anda bisa langsung mengcapture grafik audio yang anda edit.

fitur audio screenshot


Dan mensupport berbagai macam format audio diantaranya RAW, WAV, MP3, OGG, CAF dll.

mendukung berbagai macam format audio


itu tadi software editing audio di ubuntu, terlepas dari segala kekurangannya, saya rasa untuk aplikasi GRATIS cukup layak lah untuk dicoba…!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar