Post Top Info

Post Top Info

linuxubuntu

Cara Upgrade Ubuntu, Cara Gampang, Praktis, Nggak Perlu Install ulang

Cara Upgrade Ubuntu – Ubuntu memang sistem operasi yang paling produktif dan semangat ngeluarin rilis terbarunya, bayangin setiap 6 bulan sekali secara rutin muncul versi baru dari ubuntu, tapi masalahnya mungkin anda repot ngikutinnya, setiap muncul release baru anda harus mendownloadnya kemudian menginstall ulang ubuntu di komputer anda dengan versi yang terbaru, dan ujung-ujungnya harus setting ulang lagi kan…?

ilustrasi


Hmmm….sebenernya nggak segitu-gitunya juga kali….jika anda tidak ingin repot, tidak ingin segala settingan anda hilang, tidak ingin membuang-buang banyak waktu untuk melakukan install ulang, ikuti cara upgrade berikut ini, dengan cara ini anda bisa berpindah dari rilis satu ke rilis lainnya yang lebih baru dengan cara yang sangat mudah, syaratnya…?? tentu saja koneksi internet yang lumayan….

Cara Upgrade Ubuntu

1.  Langkah pertama cara upgrade ubuntu, Masuk ke update manager, caranya gampang tinggal tekan tombol Windows atau klik Tombol dash (tombol start kalo di windowsnya) lalu ketikan update manager, jika sudah tekan tombol ENTER keyboard anda.


Akses update manager via dash menu


2. Akan muncul jendela Update Manager, Klik tombol setting  yang terletak di pojok kiri bawah jendela update manager.


klik tombol settings


3. Pada jendela berikutnya klik tab updates , lalu klik dropdown menu pada bagian notify me of a new ubuntu version  lalu pilih for any new version, dengan pilihan ini ubuntu akan memberitahukan kepada anda setiap versi baru yang dirilis. klik tombol Close jika sudah


Pilih for any new version


4. Nah, ketika ubuntu mengeluarkan rilis terbarunya maka pada update manager anda akan terdapat notifikasi seperti gambar dibawah ini, klik aja tombol upgrade.


Ubuntu terbaru terdeteksi, siap untuk upgrade


5. Langkah selanjutnya untuk cara upgrade ubuntu , Pada jendela pop up yang muncul, klik kembali tombol upgrade.


baca dulu kalau mau, lalu klik tombol upgrade


6. Tunggu hingga proses upgrade selesai, jika koneksi internet anda cap kembang kenyot maka anda nggak perlu nungguin proses upgrade ini hingga selesai, karena bakal lama dan menguras waktu. Mending anda tinggal tidur atau nguras sumur.


Proses upgrade sedang berjalan


7. Jika proses update sudah selesai, restart komputer anda, dan anda pun siap untuk menggunakan ubuntu versi terbaru, tentu saja anda tidak perlu mengisntall ulang program-program yang sebelumnya terinstall dikomputer anda, karena program-program anda masih utuh disana seperti sedia kala, gampang dan simple banget kan…??


Restart komputer jika proses upgrade sudah selesai


8. Nah, agar program-program anda juga ikut up to date maka anda perlu mengupgrade program-program tersebut, anda nggak perlu melakukannya satu persatu karena pada ubuntu mengupdate program cukup dengan mengupdate paket-paketnya.

9. Sekarang akses terminal anda lalu ketikan perintah dibawah ini :


Sudo apt-get update
Sudo apt-get upgrade


10. Tunggu proses download update respositroy dan upgrade paket-paket anda hingga selesai. Jika sudah selesai tinggal restart atau log off komputer anda dan semua sistem ubuntu anda sudah up to date, selamat ya..

Nah itu tadi cara upgrade ubuntu, mudah banget kan..?? bahkan lebih susah ngupil ketimbang cara upgrade ubuntu diatas. selamat mencoba ya…

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar