Post Top Info

Post Top Info

linuxubuntu

membuat usb ubuntu dan menjalankan ubuntu via USB tanpa diinstall

membuat usb ubuntu – mungkin anda belum menyadari dan merasakannya, tapi memiliki ubuntu live CD itu banyak gunanya loh, bahkan bagi anda pengguna sistem operasi microsoft windows sekalipun, karena live CD bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai macam troubleshooting, recovery, perbaikan sistem, management hard drive dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan lainnya, fungsi ini akan sangat terasa manfaatnya apabila sistem operasi anda mengalami kerusakan, misalnya windows anda crash, hang, error sehingga tidak memungkinkan bagi anda untuk booting secara langsung dari desktop. Jika sudah begini satu-satunya cara melakukan troubleshooting adalah melalui live CD.



Baca Juga : Cara Membuat Versi Ubuntu anda sendiri

so nggak ada ruginya kita mencoba, toh gratis gini……tapi media CD/DVD sangat rawan mengalami kerusakan data, kegores dikit aja data nggak bisa kebaca, kena debu dikit CD macet-macet seperti lagi nge DJ, selain itu kecepatan bacanya juga lambat, nah maka dari itu alih-alih menggunakan CD kita akan menggantinya dengan USB flash drive, selain lebih praktis, daya baca USB flash drive juga jauh lebih tinggi dibanding dengan CD, lebih awet dan lebih mudah dibawa kemana-mana…


Download dan Install Unetbootin

lalu bagaimana cara membuat ubuntu bisa di booting secara live dari USB flash drive…?? Untuk melakukannya kita akan menggunakan program gratisan yang bernama Unetbootin, program ini tersedia dalam versi Windows maupun Linux.


1. Menjalankan Unetbootin Dari Windows

Jika anda ingin membuat USB Ubuntu dari Windows maka ikuti langkah berikut ini :

1. Download program unetbootin di http://unetbootin.sourceforge.net/  , oh ya tools ini juga ada versi windowsnya loh, jadi jika anda ingin membuat ubuntu live UFD ini pada OS microsoft windows silahkan anda gunakan yang versi .exe nya ya, caranya sama aja kok…

2. cara membuat usb ubuntu selanjutnya, Colokkan USB flash disk anda, kapasitas minimal 4 GB.

3. Unetbootin tidak perlu instalasi, jadi anda cukup copy program ini ke komputer anda (lokasinya terserah), lalu double klik untuk menjalankannya , praktis dan simple kan..

4. Selanjutnya ikuti langkah pada bahasan Cara Membuat USB Ubuntu dengan Unetbootin


2. Menjalankan Unetbootin dari Ubuntu

1. buka terminal dan jalankan perintah dibawah ini untuk menginstall Unetbootin:

sudo add-apt-repository ppa:gezakovacs/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install unetbootin -y


2. Jalankan unetbootin dari dash menu, dan masukan password root anda.

jalankan unetbootin yang udah diinstall

3. selanjutnya bisa anda ikuti langkah dibawah.


Cara Membuat USB Ubuntu Dengan Unetbootin

Setelah Unetbootin berhasil anda jalankan (baik itu di Windows maupun di Ubuntu), langkah berikutnya sama saja baik itu Unetbootin Windows maupun Unetbootin Ubuntu :

1. Pada jendela Unetbootin, tandai pilihan distribution, lalu klik dropdown menu select distribution

2. cara membuat usb ubuntu selanjutnya, Pilih OS ubuntu

Pilih distro Anda

3. Jika sudah klik dropdown menu select version lalu pilih versi ubuntu yang ingin anda buat live UFDnya, sebagai contoh saya menggunakan ubuntu versi 20.04

7. Selanjugnya pada bagian Type pilih USB Drive lalu pilih lokasi USB yang akan anda gunakan, jika pada komputer anda hanya terpasang satu buah UFD saja, ya anda tidak perlu melakukan setting ini, karena UFD anda akan terpilih secara otomatis.

Drive akan terpilih otomatis

8. Selanjutnya klik tombol OK , dan unetbootin akan langsung mendowload instalasi ubuntu secara otomatis untuk anda, tunggu hingga selesai ya…..yang sabar ya….

9. Waduh komputer saya tidak terkoneksi ke jaringan internet, komputer saya jaringan internetnya cap kembang kenyot, download menggunakan unetbootin lambat banget, download dari unetbootin nggak bisa di pause ataupun resume sedangkan koneksi internet saya sering Disconnected dari pada Connectednya mas…..mungkin sebagian dari anda ada yang memiliki permasalahan tersebut, nah bagi anda yang tidak ingin mendownload secara langsung menggunakan unetbootin anda bisa mendownloadnya secara manual melalui http://releases.ubuntu.com/, disana anda bisa memilih berbagai versi ubuntu yang anda inginkan, anda bisa mendowloadnya menggunakan download manager, dan anda juga bisa nebeng di tempat-tempat yang memiliki koneksi internet dengan kecepatan tinggi, pokoknya pinter-pinter anda deh, yang penting anda harus mendapatkan file master ubuntu yang ingin anda jadikan live UFD.

download versi Ubuntu yang anda inginkan


10. Oke, sekarang saya anggap anda sudah mempunyai master ubuntu dengan format .iso, nah kembali ke jendela unetbootin, kali ini tandai pilihan disk image

tandai pilihan disk image


11. Selanjutnya untuk melanjutkan membuat usb ubuntu, klik tombol  browse  lalu cari file .iso master ubuntu anda, jika sudah ketemu, pilih master .iso ubuntu anda lalu klik tombol open

cari file iso ubuntu anda


12. Agar nantinya setiap settingan dan program yang anda install bisa disimpan secara permanen pada ubuntu live UFD anda, maka anda harus membuat hard disk virtual yang berfungsi untuk menyimpan segala bentuk perubahan, settingan dan program-program yang anda install pada ubuntu live UFD, untuk itu pada bagian Space used to preserve files across reboots isi kapasitas hard disk virtual anda, sebagai contoh kita isi saja 500 (dalam MB)

buat kapasitas disk untuk menyimpan file.

13. Jika sudah. langkah membuat usb ubuntu selanjutnya adalah klik tombol OK pada jendela unetbootin

14, Unetbootin akan mengekstract file master ubuntu   kedalam UFD anda, silahkan tunggu hingga selesai

15. Setelah selesai , reboot komputer anda, dan kini Ubuntu live UFD anda siap untuk digunakan.

ubuntu live


ada keluhan atau kesulitan tentang cara membuat usb ubuntu diatas..?? share di komen ya..:D

Baca Juga : Cara Upgrade Ubuntu, Cepat, Aman dan Nggak Perlu Install Ulang

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar