Post Top Info

Post Top Info

linuxubuntu

Cara Mengaktifkan Dan Login Sebagai Root Pada Ubuntu

ilustrasi

Seperti yang telah sedikit saya bahas sebelumnya, root merupakan “dewa” dari system Anda. Root merupakan super administrator yang dapat melakukan apapun pada sistem. Anda dapat memodifikasi, menambah, membuat atau bahkan menghapus file sistem menggunakan user root ini. Pokoknya apa yang tidak bisa anda lakukan pada user biasa semua itu bisa anda lakukan menggunakan user root.

 Karena kemampuannya yang luar biasa inilah maka user root tidak dalam keadaan aktif secara default, hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan operasi yang dilakukan oleh user. User root dalam Microsoft Windows kita kenal dengan user Administrator, namun bedanya user administrator dalam Microsoft windows secara default sudah dalam keadaan aktif dan siap digunakan.

Karena defaultnya user root dalam keadaan “tidur” maka kita harus “membangunkanya” terlebih dahulu. Untuk membangunkan user root kita membutuhkan password dari user root tersebut namun pada kenyataanya hanya Tuhanlah yang tahu apa password dari user root tersebut maka dari itu kita perlu merubah password rootnya terlebih dahulu.

Kita kan gak tau apa password user root bagaimana kita bisa mengubah passwordnya? Untuk itulah kita membutuhkan “kekuatan” yang setara dengan user root, ya…”kekuatan” tersebut adalah “sudo”. Dengan “sudo” kita tidak membutuhkan password lama root untuk menggantinya dengan password baru.

Namun sebenarnya dengan alasan keamanan mengaktifkan user root tidaklah direkomendasikan, karena dengan login dengan root akan membuat Anda memiliki hak akses tanpa batas, sehingga kemungkinan terjadinya insiden kesalahan operasi sangat besar. Toh tanpa login ke user root pun kita bisa menggunakan sudo untuk operasi-operasi yang bersifat administratif. Dengan menggunakan sudo diharapkan setidaknya user memahami apa yang sedang diperbuatnya ketika akan menjalankan sebuah operasi beserta dengan konsekuensinya.

Mengaktifkan Root Ubuntu

Untuk tujuan pembelajaran dan menuntaskan rasa penasaran, tidak ada salahnya kita coba. Ttoh kita masih bisa menonaktifkannya lagi nanti. Untuk mengaktifkan user root, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses terminal. Ketikkan perintah dibawah ini kemudian tekan [ENTER]:

sudo passwd

2. Masukan password user Anda, kemudian tekan [ENTER]

3. Akan muncul tulisan Enter New UNIX Password. Nah disini Anda masukkan password root yang Anda kehendaki, lalu tekan [ENTER]

4. Selanjutnya akan muncul tulisan Retype New UNIX Password. Masukkan kembali password root yang Anda ketikkan pada point 3.

5.  Tekan [ENTER] dan selesai sudah!

mengubah password root

6. Sekarang Anda sudah bisa login ke user root. Untuk login menggunakan user root, pada login screen klik Other…

klik other


Pada kolom Username isikan root kemudian tekan [ENTER]

ketikan username root

Pada kolom password, isikan password root yang tadi sudah Anda rubah dengan password Anda.

masukan password


Tekan [ENTER] dan selamat datang user root. Sekali lagi saya ingatkan kepada Anda untuk berhati-hati menggunakan account root, karena account root dapat melakukan apa saja pada system (termasuk menghapus file system). 

Ketika Anda login menggunakan user root, hampir semua operasi-operasi yang Anda lakukan tidak memiliki batasan, Anda dapat me-mount harddisk tanpa perlu memasukan password, menginstall software tanpa perlu memasukan password, begitu juga dengan operasi-operasi administratif lainnya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar