Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Alternatif cPanel Untuk Melakukan Management Hosting & Website

 yunohost

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa cPanel adalah software yang akan memudahkan Anda untuk melakukan kontrol dan management pada server hosting Anda. Namun cPanel bukanlah satu-satunya software yang melakukan hal yang sama.

Selain cPanel terdapat beberapa software sejenis yang fungsinya sama-sama untuk memudahkan Anda melakukan kontrol dan management pada server hosting Anda. ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan, diantaranya adalah :


1. Direct Admin


directadmin

DirectAdmin Control Panel (source: directadmin)

Alternatif cPanel yang satu ini di banderol dengan harga 25 dolar perbulannya. Memiliki fitur yang mirip dengan cPanel dengan user interface yang sangat simpel. Namun untuk kelengkapan fitur dan kemudahan penggunaanya masih kalah jika dibandingkan dengan cPanel.

website directadmin


2. Interworx


interworx

Interworx control panel (source : interworx)

Dibanderol dengan harga 24 dolar perbulan. Memiliki interface yang sangat menarik dan fitur yang lumayan lengkap. Fitur statistiknya sangat bagus dan berjalan secara realtime. namun sayangnya kurang user friendly terutama bagi webmaster pemula.

 website interworx


3. Webmin


webmin

Webmin control panel (source: webmin)

Webmin adalah solusi gratis dari jenis software control panel server. Meskipun gratis webmin memiliki fitur yang cukup lengkap. Namun software ini tidak cocok digunakan untuk pemula, karena tampilannya yang cukup membingungkan dan sangat sederhana.

website webmin


4. Kloxo / Kloxo-MR


Kloxo-MR control panel

Kloxo-MR control panel (source:wikipedia)

Kloxo merupakan salah satu software control panel server yang cukup populer, tersedia secara gratis dan juga opensource. Fiturnya sangat lengkap, bahkan sangking lengkapnya, bagi Anda yang masih pemula mungkin akan kebingungan karena banyaknya tombol dan fungsi fitur, namun interfacenya cukup oke kok.

 kloxo source code

 

5. Ajenti


ajenti

Ajenti control panel (source:ajenti)

Ajenti juga merupakan software control panel server yang bisa Anda gunakan secara gratis, fiturnya cukup lengkap untuk melakukan pengaturan dan maintenance server hosting Anda. user interfacenya juga sangat rapi dan mudah untuk digunakan.

Website Ajenti


6. CentOS Web Panel


centos web panel

centos web panel (soruce: centos web panel)

Sebuah control panel yang dirancang khusus untuk server dengan OS CentOS. Fiturnya sangat lengkap dan karena memang didesain khusus bagi CentOS bagi ANda yang memiliki server dengan CentOS tidak ada salahnya mencoba control panel yang satu ini

Website CentOS Web Panel


7. Vesta CP


vestacp

VestaCP (source: vestacp)

Tampilan yang modern, minimalis namun memiliki fitur yang lengkap membuat VestaCP layak untuk anda coba. VestaCP juga tidak begitu menghabiskan resource server, jadi bagi Anda yang memiliki spesifikasi server yang pas-pasan tidak perlu khawatir kehabisan resource hanya untuk control panel doang.

website vestacp


8. Yunohost


yunohost

yunohost

Bagi yang ingin menggunakan control panel pada servernya namun enggan diribetkan dengan berbagai macam fitur dan setting yang ribet dan bikin mumet, maka Yunohost layak untuk Anda coba. Memiliki tampilan yang minimalis dan unik, bahkan sangat minimalist untuk ukuran sebuah control panel server. Namun anda harus meluangkan waktu sejenak untuk mempelajari fitur-fiturnya, karena memang interface dari control panel ini lain dari yang lainnya.

website yunohost


Selain ke 8 control panel server diatas, masih banyak lagi software control panel yang bisa Anda gunakan ada yang berbayar dan ada juga yang gratis seperti ISPConfig 3, GNU Panel, Virtualmin, SysCP, plesk dlsb.

cPanel sendiri sebenarnya merupakan software berbayar, dengan biaya berlangganan 15-20 USD perbulannya (untuk jenis hosting VPS). Lalu kenapa buku ini malah membahas tentang cPanel dan nggak membahas tentang software control panel lainnya yang gratisan..?

Oke, cPanel merupakan software yang paling banyak di gunakan pada perusahaan web hosting, hampir semua perusahaan web hosting yang besar dan terkenal baik itu dalam maupun luar negeri menggunakan cPanel dalam paket layanannya.

Khusus bagi Anda pengguna hosting shared mau nggak mau Anda harus mengikuti aturan dari perusahaan hosting ini, jika perusahaan hosting menggunakan cPanel maka Anda secara mutlak harus menggunakan cPanel juga untuk melakukan manajemen hosting Anda. Anda tidak bisa menginstall software control panel lainnya seperti plesk, atau kloxo yang gratis. Kecuali bagi Anda yang menggunakan paket hosting VPS ataupun Dedicated, Anda diberi kebebasan dan pilihan, mau menggunakan cPanel atau bisa menginstall software control panel lainnya.

Lalu ketika Anda membeli paket hosting yang menggunakan cPanel, apakah Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk menggunakan cPanel...? Nah untuk paket hosting shared umumnya Anda sudah tidak di kenakan biaya lagi, alias biaya yang Anda bayarkan pada paket hosting sudah mencakup lisensi cPanel. Jadi jika misalnya Anda membeli paket hosting shared selama satu tahun maka Anda sudah TIDAK DIKENAKAN BIAYA untuk menggunakan cPanel selama satu tahun.

Tapi bagi Anda yang menggunakan VPS ataupun dedicated biasanya Anda akan di kenakan biaya tambahan jika Anda ingin menggunakan software cPanel, biasanya sih di kenakan biaya sekitar ± 100 - 250 ribuan perbulan. Kecuali jika ada promo dari perusahaan web hosting yang membebaskan biaya lisensi cPanel, itu sih lain cerita...

Nah, karena cPanel digunakan oleh sebagian besar perusahaan web hosting terutama untuk layanan hosting shared maka ketika Anda memutuskan untuk membeli paket hosting besar kemungkinan Anda akan menggunakan cPanel.

Bukan tanpa alasan kenapa perusahaan hosting banyak menggunakan cPanel, Selain kaya fitur cPanel juga sangat mudah digunakan terutama bagi webmaster pemula, dan buku ini memang di peruntukan bagi kita-kita para webmaster pemula yang ingin belajar untuk melakukan manajemen dan pengaturan terhada web hosting yang kita miliki eh...sewa..!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar