Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Apa itu cPanel ? Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya Untuk Management Website

ilustrasi control panel

Oke, Anda adalah seorang webmaster atau calon webmaster yang sudah memiliki sebuah akun hosting, Ketika Anda akan membuat atau meng-online sebuah website maka Anda harus melakukan beberapa konfigurasi pada akun hosting Anda seperti menguload file, menghapus file, menginstall CMS, Forum, Online Shop, Blog dlsb, membuat database, membuat direktori, pointing direktori dlsb. 

1. Apa Itu cPanel

Seiring berjalannya waktu mungkin Anda juga harus melakukan beberapa operasi management seperti membuat email dengan domain Anda, memblokir pengunjung yang melakukan spamming, membuat sub domain, menambahkan domain, melakukan redirect, melihat statistik website Anda, menjalankan berbagai macam script dlsb. 

Pekerjaan-pekerjaan tersebut sebenarnya sangat kompleks dan rumit, Anda harus berjibaku dengan berbagai macam baris perintah untuk menyelesaikannya, tapi dengan kehadiran cPanel Anda bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan mudah dan hanya membutuhkan beberapa klik saja. 

cPanel pada intinya adalah sebuah software yang berfungsi untuk memudahkan Anda melakukan kontrol terhadap akun hosting yang Anda miliki, sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktifitas manajemen hosting dengan mudah dan tidak membuang banyak waktu. 

cpanel logo

2. Yang Anda butuhkan untuk mengakses cPanel

Sekarang, apa-apa aja sih yang Anda butuhkan untuk dapat mengakses cPanel ini ? sederhana kok.. 

2.1 Koneksi Internet

Karena cPanel adalah sebuah software yang di gunakan untuk melakukan kontrol terhadap server hosting yang letaknya nun jauh disana maka Anda membutuhkan koneksi internet untuk terhubung ke server hosting Anda tersebut. Namun demi alasan keamanan maka sebaiknya Anda menggunakan koneksi internet pribadi atau private. Menggunakan koneksi internet public seperti wifi di cafe, mall, kampus, warnet dlsb memang bisa, tapi tidak di rekomendasikan, karena data Anda akan rawan di endus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2.2 Web Browser

cPanel adalah sebuah software berbasis web, maka untuk mengaksesnya tentu saja Anda membutuhkan sebuah browser modern seperti Firefox, Chrome, IE, Opera, Safari dlsb. Usahakan Anda menggunakan versi terbaru dan terupdate dari browser Anda, agar fungsi-fungsi dari cPanel bisa Anda jalankan dengan sempurna.

Dua diatas adalah hal wajib yang harus Anda penuhi pada komputer atau perangkat Anda, sedangkan dibawah ini adalah aplikasi-aplikasi pendukung yang walaupun tidak wajib, tapi saya merekomendasikan bagi Anda untuk menginstall-nya : 

2.3 HTML Editor

Terkadang Anda mungkin harus mengedit file HTML, PHP, Javascript ataupun CSS yang ada pada server Anda, nah dengan adanya HTML Editor pekerjaan Anda bisa jauh lebih mudah. Memang sih mengedit file HTML, PHP, Javascript ataupun CSS bisa Anda lakukan lewat aplikasi sejuta umat yaitu notepad (bagi pengguna Windows). Tapi mengedit file lewat notepad nggak enak banget, percaya deh, karena nggak ada pembeda warna antara syntax yang satu dengan yang lainnya.

Untuk itu mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menginstall HTML editor tambahan pada komputer Anda, banyak yang gratis kok seperti Notepad ++, NetBeans, Eclipse, Atom Dlsb. Anda bisa mencarinya di google dengan keyword : best free HTML Editor

2.4 FTP Client

Proses upload dan download file dari server hosting ke komputer lokal ataupun sebaliknya akan lebih cepat dan mudah Anda lakukan lewat sebuah FTP Client , untuk itu menginstall FTP Client pada desktop Anda adalah sebuah nilai plus. Program FTP Client gratis yang sangat saya rekomendasikan adalah CoreFTP dan FileZilla. Untuk lebih jelasnya tentang FTP silahkan Anda baca artikel Apa itu FTP Dan Cara Menggunakannya Via cPanel.

2.5 Aplikasi Email

Aplikasi email yang terdapat pada cPanel adalah aplikasi email berbasis web sehingga Anda tidak membutuhkan aplikasi email tambahan untuk dapat menikmati fitur email dari web hosting Anda, karena fitur email tersebut bisa Anda nikmati menggunakan web browser biasa. Namun jika Anda ingin membuka email lewat desktop Anda bisa menginstall aplikasi email berbasis desktop seperti Microsoft Outlook ataupun Mozilla Thunderbird . Baca artikel cara membuka email via thunderbird untuk penjelasan lebih lanjut.

2.6 Web Browser Cadangan

disarankan Anda menginstall lebih dari satu jenis web browser. Jika misalnya Anda bermasalah saat menggunakan Firefox maka Anda bisa mencoba menggunakan Opera atau Chrome.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar