Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Apa itu POP3, SMTP, IMAP ? Berikut Istilah-istilah Teknis Yang Sering Digunakan Dalam Email

 ilustrasi email

Membuat email pribadi lewat cPanel adalah perkara yang mudah, namun bagi Anda yang masih baru dalam dunia per-email-an alangkah lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah umum yang bakal Anda jumpai.

Bounced E-mail

Email yang gagal di kirim dan kembali kepada si pengirim, hal ini terjadi karena ada error pada sistem.

E-mail Address

E-mail Address atau yang lebih kita kenal dengan alamat email, jika Anda membuat email pribadi maka kelak alamat email Anda akan berekstensi @domainanda.com misalnya [email protected], [email protected] dlsb.

Email Body

Email body merupakan isi email yang berupa teks atau gambar.

E-mail Header

“Kepala” email yang berisi informasi tentang pengirim email, server yang digunakan bahkan sampai dengan alamat IP dari si pengirim email. Beberapa provider email tidak menampilkan informasi E-mail Header karena memang sangat banyak dan hanya berguna untuk kalangan advance saja.

IMAP

Kepanjangan dari Internet Message Access Protocol adalah sebuah protokol standar yang berfungsi untuk mengambil email dari sebuah server. Dengan IMAP pengguna email dapat memilih pesan yang akan dibaca/diambil, membuat folder email pada server bahkan menghapus email yang ada. IMAP bagus digunakan jika Anda sering berpergian dan ingin mendapatkan akses serta kontrol penuh dari semua email yang ada.

Mail Box

lokasi tempat menyimpan email-email yang masuk dari sebuah akun atau alamat email, yah mirip kotak surat pada mode surat konvensional.

MX Record

Singkatan dari Mail eXchange berfungsi untuk memberitahukan kepada server kemana sebuah email harus dikirimkan.

Password Authentication

Password untuk menjaga kerahasiaan email Anda. yah seperti password yang harus Anda masukan ketika Anda ingin mengecek email yahoo atau gmail Anda.

POP3

Sama halnya dengan IMAP , POP3 (Post Official Protocol 3) merupakan sebuah protokol email yang berfungsi untuk mengambil email dari sebuah server. POP3 berfungsi untuk mengambil email dari server kemudian menyimpannya secara lokal. Email yang sudah diambil dan disimpan secara lokal oleh POP3 secara default akan dihapus dari server, namun dengan settingan tertentu POP3 bisa di atur agar tidak menghapus email dari server sehingga bisa diakses kembali dari manapun.

SMTP

Singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. merupakan protokol yang berfungsi untuk mengirimkan email, protokol ini digunakan ketika Anda mengirimkan email kepada seseorang menggunakan akun email Anda.

Mail Client

Adalah program yang digunakan untuk membuka email seperti microsoft outlook, Thunderbird, dan bahkan web browser Anda.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar