Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Management Email cPanel : Fungsi Dan Manfaat Email Dengan Domain Pribadi

ilustrasi email pribadi

Nah pada bab ini kita akan membahas bagaimana membuat email pribadi atau email perusahaan menggunakan ekstensi domain Anda ( @domainanda.com ). Jika domain Anda adalah domain perusahaan atau instansi menggunakan ekstensi domain Anda sebagai alamat email tentu akan menambah kesan bonafit dan berkelas, apalagi jika Anda seorang anggota DPR tentu akan malu-maluin jika alamat emailnya menggunakan email mainstream seperti @yahoo.com ataupun @gmail.com.

Ketika Anda membeli domain dan sebuah paket hosting, maka secara otomatis Anda mendapatkan fasilitas untuk membuat email dengan domain pribadi. Tentang berapa jumlah email pribadi yang bisa Anda buat itu semua tergantung dari kebijakan perusahaan tempat Anda menyewa server hosting dan berdasarkan jenis paket yang Anda beli.

Untuk itu sangat sayang rasanya jika kita tidak memanfaatkan fitur ini, iya kan..?

A. Email pribadi buat apaan sih...?

ilustrasi email pribadi

Jika Anda sudah memiliki email dari provider lain seperti @yahoo.com, @live.com atau @gmail.com tentu Anda akan bertanya-tanya, buat apaan lagi sih punya email dengan domain pribadi..??

1. Bonafiditas

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, email pribadi dengan ekstensi nama domain Anda akan tampak lebih bonafit dan menunjukan validitas dari perusahaan Anda. Misalnya Anda memiliki perusahaan dengan nama PT.Kembangkenyot dan memiliki domain ptkembangkenyot.co.id, alamat email [email protected] akan jauh lebih impresif, bonafit dan valid ketimbang alamat email gratisan seperti [email protected].

2. Kontrol penuh email Anda

Anda bisa mengontrol penuh terhadap cara kerja email Anda. Anda bisa membuat auto forward, membuat dan menghapus akun email sesuka Anda, memindahkan email-email Anda ke domain lain dlsb, bagaimana email Anda bekerja itu semua terserah Anda.

3. Fitur Anti Spam

pada provider email gratisan seperti yahoo atau gmail memang sudah terdapat fitur antispam, namun kita tidak bisa menambahkan benteng untuk menanggulangi email spam yang membanjiri email Anda. dalam cPanel terdapat fitur anti spam advance yang bisa Anda konfigurasi sesuka hati.

4. Banyak pilihan cara untuk membuka email Anda

Dengan email pribadi Anda bisa memiliki banyak cara untuk membuka email Anda, Anda bisa membukanya melalui web browser, aplikasi desktop ataupun perangkat mobile Anda seperti Android dan iOS.

CATATAN :

Meskipun banyak sekali kelebihan pada email pribadi ini, namun Anda harus memiliki email cadangan karena walau bagaimanapun kinerja email pribadi ini sangat bergantung pada server hosting Anda, jika Anda menggunakan shared hosting Anda harus berhati-hati agar email Anda tidak menghabiskan resource server. Karena aktifitas email seperti file attachment juga diambil dari resource space dan bandwith server Anda.

Untuk pembahasan cara membuat akun email menggunakan cPanel Anda bisa membaca artikel cara membuat akun email via cPanel



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar