Post Top Info

Post Top Info

internetweb

Apa itu Website, WWW dan Cara Kerja Website

website

Ketika Anda ingin mengkases sebuah halaman situs, sebagian dari Anda akan mengetikan kata www didepannya. misalnya ketika Anda ingin mengakses google maka Anda akan mengetikan www.google.com, ketika Anda ingin mengakses yahoo maka Anda akan mengetikan www.yahoo.com atau ketika Anda ingin mengakses facebook.com maka Anda mengetikan www.facebook.com. Lalu apa sih www itu..?


A. Apa itu Website ? Apa itu WWW ?

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web, atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan website, atau anak muda jaman sekarang menyebutnya dengan web saja. 

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dlsb. sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. 

semua informasi yang tersedia di website tersimpan di sebuah internet webserver atau disebut webserver saja. Informasi yang tersimpan di webserver tersebut umumnya akan ditampilkan dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Dari komputer yang kita gunakan, website dapat diakses dengan menggunakan sebuah software atau program aplikasi yang disebut web browser atau disebut browser saja. Contoh-contoh browser adalah: internet explorer, opera, firefox, chrome dlsb. 


B. Cara Kerja Website

Agar Anda lebih mudah memahami prinsip cara kerja website silahkan Anda perhatikan diagram dibawah ini: 

diagram cara kerja website


  1. Pengunjung website mengetikan alamat website, misalnya www.eribowo.com
  2. Malalui jaringan internet, pengunjung melakukan request alamat www.eribowo.com ke registar.
  3. Registar adalah perusahaan tempat nama www.eribowo.com terdaftar, registar memerintahkan DNS server untuk mencari alamat www.eribowo.com
  4. DNS server menemukan alamat www.eribowo.com dan memerintahkan hosting server untuk memberikan file-file yang diminta oleh pengunjung.
  5. File-file yang diberikan oleh hosting server di terima dan diterjemahkan/ditampilkan oleh web browser.

    diagram cara kerja website


    Related Posts

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar