Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Apa Itu Email Forwarder, Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya

 

ilustrasi mobile mail

Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu email forwarder dan bagaimana cara memanfaatkan fitur yang sudah tersedia pada cPanel ini. Jadi nantinya fitur ini bisa Anda manfaatkan dengan maksimal dan bukan sekedar pajangan menu pada cPanel saja.

A. Apa Itu Email Forwarder (Aliases) ?

Email forwarder berfungsi untuk mem-forward atau meneruskan sebuah email yang masuk ke alamat email tertentu. Email forwarder layakanya akun email biasa namun fungsinya tidak utuh sebagai email tapi hanya sebagai jembatan perantara.

Jadi misalnya begini, saya membuat sebuah email forwarder dengan alamat [email protected] , nah email forwarder ini saya atur agar setiap email yang dikiriman ke alamat [email protected] akan langsung diteruskan (dikirimkan kembali) ke alamat email [email protected]. Email forwarder akan sangat berguna jika Anda ingin memiliki beberapa akun atau alamat email namun tidak mau repot untuk membukanya satu persatu. Bahkan Anda dapat membuat email forwarder yang akan meneruskan (mengirimkan kembali) setiap email yang masuk ke banyak alamat email sekaligus.

Ok untuk membuat email forwarder ikuti langkah berikut ini :

  1. Sebagai contoh kasus, setiap email yang masuk ke [email protected] akan saya forward ke email [email protected] , maka dari itu yang bertindak sebagai email forwarder adalah [email protected] dan tujuan forward (forward destination) adalah [email protected] 
  2. Masuk kedalam cPanel Anda kemudian klik tombol Forwarders yang terdapat pada panel Mail

  3. Icon forwarders
    Icon forwarders 

  4. Pada halaman berikutnya klik tombol Add Forwarder
  5. Anda akan dibawa kehalaman berikutnya, ketikan alamat email yang akan menjadi forwarder pada bagian Address to forward dan ketikan alamat email tujuan (forward destination ) pada bagian Forward to email , contoh kasus kita si forwarder adalah [email protected]. dan forward destinationnya adalah [email protected] . Jika sudah klik tombol Add Forwarder

  6. Membuat email forwarder
    Membuat email forwarder 

  7. Jika sudah, pada halaman berikutnya tekan tombol Go Back dan Anda pun telah resmi membuat sebuah email forwarder (forward dari [email protected] ke [email protected] )

  8. Email forwarder
    Email forwarder 

  9. Maka sekarang setiap email yang masuk ke [email protected] akan di copy ke email [email protected].


B. Forward email ke email domain lain seperti yahoo dan gmail

Lalu muncul pertanyaan apa bisa kita memforward email ke email yang bukan dari domain kita sendiri, misalnya saja kita memforward email dari [email protected] ke email [email protected] atau [email protected] , kan udah beda domain tuh, yang satunya eridesktop.com dan yang satunya yahoo.com atau gmail.com.

Jawabannya, BISA saudara-saudara. Caranya juga sama saja, Anda tinggal mengulangi langkah 1-3 diatas.

Hingga pada saat langkah ke 4 isikan [email protected] pada bagian address to forward lalu isikan email tujuan pada bagian Destination contohnya [email protected] , lalu klik tombol add forwarder.

Memforward email

Memforward email ke email domain lain


C. Multiple email forwarder

Sekarang misalnya saya ingin email yang masuk ke [email protected] tidak hanya di forward ke [email protected] tapi juga akan di forward ke [email protected] dan [email protected].

Caranya gampang, Anda tinggal mengulangi langkah 1-3 diatas kemudian pada bagian Destination silahkan Anda isikan [email protected] lalu klik tombol Add Forwarder, kemudian ulangi kembali langkah 1-3 dan kali ini pada bagian destination isikan [email protected] lalu klik tombol Add Forwarder.

Jika langkah Anda benar, maka ketika Anda mengklik tombol Forwarder pada panel Mail maka akan tampak tabel seperti gambar dibawah ini :

Tabel email cpanel

Tabel email-email yang sudah di forward


CATATAN : akun-akun email yang berlaku sebagai forwarder dan forward destination sebelumnya harus sudah Anda buat terlebih dahulu (baca bahasan Membuat Akun Email )


D. Domain Forwarder

Domain forwarder berfungsi untuk memforward email lintas domain, jadi Anda bisa memforward email [email protected] ke alamat email [email protected]. misalnya nih saya bisa memforward email yang masuk ke [email protected] ke alamat email [email protected].

Lalu apa bedanya dengan bahasan 1. Forward email ke email domain lain seperti yahoo dan gmail..?? bedanya domain forwarder dilakukan secara otomatis dan nama email antara domain yang satu dengan domain yang lain harus sama.

Anda bisa memforward [email protected] ke [email protected] karena nama email keduanya sama-sama contact meskipun nama domainnya berbeda, tapi Anda tidak bisa memforward email dari [email protected] ke [email protected] menggunakan domain forwarder karena nama emailnya berbeda (yang satu contact sedangkan yang satunya lagi cs ). Nah untuk memforward [email protected] ke [email protected] Anda harus menggunakan cara seperti pada bahasan  1. Forward email ke email domain lain seperti yahoo dan gmail

Ikuti langkah berikut untuk melakukan domain forwarder :

  1. Sebagai contoh kasus saya akan memforward email yang ada di domain eridesktop.com ke eribowo.tk
  2. Masuk cPanel > Forwarders
  3. Pada halaman berikutnya klik tombol Add Domain Forwarder
  4. Pada halaman berikutnya ketikan domain tujuan forward Anda, sebagai contoh kita isikan eribowo.tk , jika sudah klik tombol Add Domain Forwarder.
  5.  

    Menambahkan domain forwarder

    Menambahkan domain forwarder

     

  6. Klik tombol Go Back dan selesai deh..


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar