Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Email Sering Gagal Terkirim ? Lacak Penyebabnya Menggunakan Fitur Email Tracing cPanel

ilustrasi

Jika pengiriman email Anda bermasalah, seperti sering gagal, error, telat dlsb maka Anda bisa melakukan pelacakan untuk mengetahui dimana letak permasalahannya. Dengan fitur Tracing Email dari cPanel maka Anda bisa melakukan pelacakan rute pengiriman email dengan mudah dan cepat.

Cara Menggunakan Email Trace

Ikuti langkah berikut ini untuk memanfaatkan fitur ini :

  1. Akses cPanel > Email Trace . Jika Anda tidak dapat menemukan tombol Email Trace pada panel Mail berarti hosting Anda tidak mensupport fitur ini.

  2. Tombol Email Trace

    Tombol Email Trace

  3. Pada halaman selanjutnya isikan akun email yang akan Anda lacak lalu lintas pesannya (email yang menggunakan ekstensi domain Anda ya). Atau jika Anda ingin melacak semua akun email yang terdapat pada domain Anda maka Anda bisa membiarkan kolom Recepient Email ini dalam keadaan kosong.

  4. Memasukan email

    Memasukan email

  5. Jika sudah klik tombol Run Report untuk memulai proses tracing.

  6. Melakukan tracing email

    Melakukan tracing email

  7. Tunggu selama beberapa saat hingga tracing email selesai dilakukan, setelah selesai dilakukan akan muncul tabel laporan hasil tracing email. 
  8. Tabel dengan icon (✓ )  menandakan email tersebut sukses dikirim dan tidak ditemukan adanya masalah dalam proses pengiriman email, sedangkan tabel yang ditandai dengan icon ( ! ) artinya ada masalah dalam proses pengiriman email sehingga pesan tidak dapat dikirim ke alamat email tujuan, dalam tabel tersebut (dalam kolom result) juga akan diberitahukan penyebab gagalnya pengiriman email Anda.

  9. Laporan tracing email

    Laporan tracing email

  10. Dalam gambar diatas penyebab gagalnya pengiriman email adalah Mailbox unavailable artinya alamat email tujuan tidak valid, hal ini bisa disebabkan karena kesalahan penulisan email 
  11. Untuk melihat laporan lebih detail silahkan Anda klik tombol 🔍 dan sebuah jendela popup yang berisi laporan detail tentang email Anda akan muncul.

  12. Laporan detail pelacakan email

    Laporan detail pelacakan email

  13. Klik tombol Close untuk menutup laporan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar