Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Tutorial Fitur Mailing List Pada cPanel Dan Cara Memanfaatkannya

ilustrasi mailing list

Dengan Mailing lists Anda bisa mengirimkan email secara masal dengan mudah dan cepat. Fitur ini cocok untuk keperluan promosi ataupun komunitas. Dengan mailing lists Anda bisa mengelompokan alamat-alamat email kedalam grup-grup tertentu misalnya saja Anda bisa mengelompokan alamat-alamat email client Anda kedalam grup client, lalu mengelompokan email-email supplier Anda pada group supplier dlsb.

Tapi satu hal yang perlu Anda catat, fitur ini tidak terdapat disemua jenis paket hosting, jadi jika memang Anda benar-benar membutuhkan fitur mailing lists ini silahkan Anda konsultasikan dengan Customer Service perusahaan hosting Anda sebelum Anda membeli sebuah paket hosting.


1. Membuat Mailing lists

Oke, langsung aja deh, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mulai membuat mailing lists

  1. Akses cPanel > Mailing lists , tombol Mailing lists sini terdapat pada panel Mail. Jika pada cPanel Anda tidak terdapat tombol Mailing lists berarti paket hosting Anda tidak support dengan fitur ini.

  2. Tombol Mailing lists

    Tombol Mailing lists

  3. Anda akan dibawa kehalaman berikutnya, pada bagian List Name silahkan Anda isikan nama grup mailing lists Anda, sebagai contoh kita isikan saja Klien , nantinya mailing list Klien ini akan digunakan untuk email-email dari klien Anda. 
  4. Lanjut, pada bagian Password silahkan Anda buat password admin mailing lists Anda, dan ulangi lagi pada bagian Password (Again). Password ini nanti yang akan digunakan untuk melakukan manajemen dan pengaturan mailing lists Anda. 
  5. Selanjutnya tandai pilihan Private jika Anda ingin mailing lists Anda bersifat pribadi (cocok untuk mailing lists yang bersifat sensitif seperti mailing list untuk klien perusahaan), dan tandai pilihan Public jika Anda ingin mailing list Anda bersifat terbuka untuk umum sehingga siapa saja bisa mengikuti/subcribe mailing lists Anda (cocok untuk mailing lists yang bersifat umum/publik seperti komunitas). Jika sudah, klik tombol Add Mailing List

  6. Membuat mailing lists

    Membuat mailing lists

  7. Pada halaman berikutnya klik tombol Go Back, dan mailing lists Anda akan terdaftar di kolom Current Lists.

Daftar mailing lists

Daftar mailing lists yang sudah dibuat


2. Manajemen Mailing Lists

Sekarang kita akan melakukan beberapa pengaturan pada mailing lists yang baru saja Anda buat. Kita akan menambahkan daftar email, menghapus daftar email, mengatur cara kerja mailing lists dlsb.

Untuk melakukan manajemen mailing lists, pada table Current Lists klik tombol Manage (Tombol Modify pada versi cPanel lainnya) pada Mailing lists yang akan Anda atur.

tombol manage

Klik tombol manage

 

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman baru, masukan password admin yang tadi sudah Anda buat pada poin 3 diatas, lalu klik tombol Let Me in..

management mailing lists

Password untuk masuk kehalaman management mailing lists

Dan Anda akan dibawa kehalaman Mailman disini tempat Anda melakukan segala bentuk manajemen Mailing Lists.


2.1 Menambahkan subcriber

Subcriber adalah orang yang akan menerima kiriman email secara masal, jika melanjutkan contoh kasus mailing lists klien diatas maka subcriber adalah alamat email klien-klien Anda. ikuti langkah dibawah ini untuk menambahkan daftar subcriber :

  1. Masuk ke halaman Mailman dengan cara seperti yang telah kita bahas diatas.
  2. Pada halaman berikutnya, klik menu Membership Management > Mass Subcription.

  3. Menambahkan subcriber

    Menambahkan subcriber

  4. Pada bagian Enter one address per line below... isikan daftar email-email yang akan Anda jadikan subcriber, satu alamat email untuk satu baris.

  5. daftar email yang akan dijadikan subcriber

    Memasukan daftar email yang akan dijadikan subcriber

  6. Jika Anda memiliki daftar email berupa file txt Anda bisa langsung menguploadnya dengan mengklik tombol Choose File lalu cari file daftar email yang akan Anda Upload. 
  7. Pada bagian Below, enter additional text to be added to the top of your invitation....isikan pesan “selamat datang” yang menyatakan bahwa email mereka telah Anda masukan kedalam mailing list Anda.

  8. Memasukan pesan selamat datang

    Memasukan pesan selamat datang

  9. Jika semuanya sudah OK klik tombol Submit Your Changes.


2.2 Menghapus subcriber

Ikuti langkah dibawah ini jika Anda ingin menghapus subcriber :

  1. Masuk kedalam Mailman > Membership Management > Membership List

  2. Membership list

    Membership list

  3. Lalu pada tabel Membership List beri tanda centang email anggota yang ingin Anda hapus pada kolom unsub
  4. Jika sudah klik tombol Submit Your Changes

  5. Submit your changes

    Submit your changes
  6. Dan email yang bersangkutan akan lenyap dari pandangan, ini artinya alamat email tersebut tidak akan lagi menerima email-email mailing list Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi manajemen mailing list yang bisa Anda lakukan pada mailman, tapi jika saya bahas semuanya maka akan membutuhkan satu buah buku sendiri, sedangkan bahasan-bahasan seru kita tentang cPanel masih banyak yang ngantri.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih jauh tentang Mailman Anda bisa mengakses website http://www.list.org/docs.html


3. Mengubah password admin mailing lists

Untuk mengubah password admin mailing lists caranya gampang banget, tinggal Anda akses cPanel > Mailing Lists lalu klik link Change Password pada mailing lists yang akan Anda ubah password adminnya.

Mengubah password mailing lists

Mengubah password mailing lists

Pada halaman berikutnya, silahkan Anda isi password baru Anda lalu klik tombol Change Password untuk menyimpan perubahan password Anda.


4. Menghapus Mailing List

Jika Anda sudah tidak membutuhkan sebuah mailing lists, maka Anda boleh menghapusnya caranya akses cPanel > Mailing Lists , lalu pada halaman berikutnya lihat pada bagian Curent Lists dan klik tombol Delete pada bagian Mailing Lists yang akan Anda hapus.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar