Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (2) - Apa Itu Hackintosh Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

ilustrasi hackintosh

Setelah sebelumnya Anda sedikit  mengenal tentang Mac OS beserta perkembangannya dari waktu kewaktu sekarang yuk kita sedikit mengenal tentang Hackintosh. Apa itu Hackintosh, lalu apakah Hackintosh itu aktivitas legal? serta kelebihan dan kekurangan menggunakan Hackintosh


A. Apa itu Hackintosh..?

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, Hackintosh merupakan istilah yang digunakan untuk mengindikasikan aktivitas instalasi Mac OS pada komputer non Apple.

Bahasa gampangnya gini, Mac OS resminya hanya diperuntukan untuk komputer Mac (komputer bikinan Apple). Nah dengan berbagai cara, ternyata Mac OS ini bisa juga diinstall dan digunakan pada komputer non Apple, instalasi Mac OS pada komputer non Apple inilah yang dikenal dengan istilah Hackintosh.


B. Buku/Artikel ini menggunakan Mac OS X Yang mana..?


Seri Hackintosh pada web ini saya ambil dari buku Hackintosh yang pernah saya tulis dan terbitkan beberapa tahun yang silam dan versi terbaru pada saat itu masih Mac OS X Mavericks. Jadi sudah tentu ada beberapa perubahan untuk Hackintosh terbaru, setidaknya Anda bisa tahu dasarnya untuk kemudian menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Karena versi terbaru saat buku ini di tulis adalah versi Mavericks maka buku ini menggunakan Mac OS X v.10.9 Mavericks. Namun prinsip instalasinya sama dengan versi-versi yang lain, nanti saya akan membuat garis besar atau prinsip dasar dalam menginstall Hackintosh. Jadi meskipun Anda menggunakan versi Mac OS yang lain atau versi yang lebih baru Anda dapat tetep menyesuaikan dengan bahasan yang ada dibuku ini.


C. Apakah Hackintosh Legal ?

Pada tahun 1997 Stave Jobs menutup bisnis “kloning” Mac OS, ini artinya komputer yang di produksi oleh perusahaan lain tidak boleh menggunakan Mac OS sebagai sistem operasi mereka. Jobs menilai bisnis “kloning” Mac OS ini dapat mengganggu brand Mac.

Untuk itu buku ini hanya bertujuan sebagai media edukasi dan pembelajaran bagi Anda. Diharapkan Anda bisa mencicipi dan mempelajari Mac OS beserta aplikasi-aplikasinya sebelum akhirnya Anda membeli komputer Mac yang sesungguhnya. Karena meskipun Mac OS bisa diinstall pada komputer non Apple namun performa yang di hasilkan tidak semaksimal ketika digunakan pada komputer Mac yang sesungguhnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca bahasan di bawah ini..


D. Kelebihan dan Kekurangan Hackintosh

Menginstall Mac OS pada mesin non Apple memang membawa tantangan dan kepuasan tersendiri jika kita berhasil melakukannya, namun terdapat kelebihan dan kekurangan Hackintosh yang musti Anda ketahui sebelum membaca buku ini lebih jauh. Tujuannya agar Anda tidak salah persepsi dan pandangan terhadap Hackintosh.

D.1 Kelebihan :

Berikut beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan Hackintosh

1. Hemat

Untuk mencicipi Mac OS Anda tidak perlu membeli komputer Mac ataupun Macbook yang harganya relatif mahal. Anda dapat menghemat jutaan bahkan puluhan juta rupiah untuk mendapatkan PC ataupun Notebook dengan spesifikasi hardware yang setara dengan komputer Mac atau Macbook. Apalagi jika komputer yang Anda miliki sekarang spesifikasinya masih mencukupi, praktis Anda tidak perlu membeli komputer baru lagi untuk menggunakan Mac OS.

2. Bebas

Anda bebas untuk merakit spesifikasi komputer sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Untuk yang menggunakan komputer rakitan Anda juga bebas melakukan upgrade hardware sehingga spesifikasi komputer Anda lebih powerfull.

Hal ini tidak bisa Anda dapatkan pada komputer Mac, karena komputer Mac seperti komputer branded dimana hardware-hardwarenya sudah dipaket dan sangat susah untuk melakukan upgrade hardware.

Dengan Hackintosh Anda juga bebas mengikuti perkembangan Mac OS, karena begitu keluar versi terbaru dari Mac OS dan ternyata spesifikasi Hardware Anda tidak mencukupi maka Anda tinggal upgrade komputer Anda berbeda dengan komputer Mac yang sudah dipaket, jika komputer Mac sudah tidak bisa mengikuti spesifikasi Mac OS versi terbaru maka Anda harus membeli Mac baru.

3. Tantangan

Nah yang ini bukan untuk semua orang sih, tapi bagi Anda yang geek atau penggila komputer musti seneng sama tantangan yang berbau otak-atik komputer. Dan membangun Hackintosh membawa tantangan dan kepuasan tersendiri untuk Anda percaya deh.


D.2 Kekurangan :

Untuk masalah kekurangan dari Hackintosh, saya tidak akan berbicara yang muluk-muluk dan tidak akan menyemangati atau menghibur Anda, karena memang Anda harus siap dengan segala sesuatunya..

1. Bukan untuk pemula

Hackintosh bukan untuk pemula komputer meskipun Anda yang masih pemula bisa mempelajari dan mengikuti bahasan yang ada dibuku ini. bagi Anda yang masih pemula saya akan berusaha menjelaskannya sejelas mungkin, tapi saya hanya seorang manusia biasa yang memiliki kelemahan, kekurangan serta tampan dan rupawan. Saya tidak bisa menjamin Anda dapat berhasil.

Anda tidak bisa bergantung 100% pada buku ini, Anda harus memperbanyak dan memperkaya pengetahuan Anda melalui media lain seperti internet. Anda harus memperbanyak pengetahuan tentang Hardware, Sistem Operasi, dlsb. Maka dari itu Anda harus memiliki passions, semangat, keinginan dan kecintaan terhadap komputer untuk dapat menginstall Hackintosh, kenapa..?

2. Rumit dan banyak bugs

Menginstall Hackintosh tidak sesederhana menginstall Windows bahkan Linux Ubuntu sekalipun. Karena Mac OS sejatinya tidak diperuntukan bagi komputer non Apple maka “memaksanya” untuk berjalan pada komputer non Apple bisa membuat Mac OS ngambek.

Maka dari itu jika Anda akan menggunakan Hackintosh maka Anda harus siap untuk menerima segala “ambekan” dari Mac OS X. Biasanya Mac OS Anda akan ngambek setelah melakukan proses udpate OS.

3. Tidak semua hardware support

tidak semua hardware non Apple yang Anda gunakan pada komputer support untuk Mac OS . Jika hardware Anda tidak support, maka Anda tidak bisa menginstall Mac OS pada komputer Anda. Juga tidak semua hardware ada drivernya!. Untuk itu Anda harus menerima nasib jika ternyata hardware yang Anda gunakan tidak support dan tidak ada drivernya. Jangan meminta saya untuk membuat drivernya ya (ampuuun DJ....!!)

4. Ketidakpastian

Menginstall Mac OS ke komputer standar non Apple penuh dengan ketidak pastian, hal ini disebabkan banyaknya varian hardware yang tersedia di pasaran sedangkan tidak semua hardware support untuk Mac OS. Jadi bisa saja si A berhasil menginstall Hackintosh dan si B gagal.

5. Performa

mengenakan baju yang bukan dibuat berdasarkan ukuran Anda tentu nggak nyaman kan..? bisa kependekan, kebesaran atau malah kekecilan. Begitu juga dengan Mac OS meskipun Anda memiliki PC atau Notebook dengan spesifikasi yang setara dengan komputer Mac atau Macbook performa yang dihasilkan tidaklah sama. Karena memang hardware yang ada di komputer Mac khusus dirancang untuk berjalan optimal pada Mac OS. Untuk itu jika memang Anda benar-benar suka dan membutuhkan Mac OS untuk pekerjaan Anda maka Anda harus mempertimbangkan untuk membeli komputer Mac yang sesungguhnya.

6. Tidak Ada Dukungan Dari Apple

Karena Apple tidak mengizinkan Mac OS diinstall pada komputer non Apple maka Anda tidak akan mendapatkan support dari Apple meskipun Anda membeli DVD Retail Mac OS X yang asli. Yang ada hanyalah support dari komunitas Hackintosh, tutorial, troubleshot, kext (driver), patch, dlsb semuanya disediakan oleh komunitas Hackintosh bukan oleh Apple.

Karena support dilakukan oleh komunitas maka kita tidak bisa menuntut mereka macam-macam, kita tidak bisa mengejar-ngejar mereka untuk membuat driver dan konfigurasi, kita tidak bisa memaksa mereka untuk melakukan troubleshot, kita tidak bisa mendesak mereka untuk membuat patch. Ingat, mereka bekerja secara sukarela dan tidak dibayar sama sekali, jadi kita musti tahu diri ya...:D

Nah itu tadi kekurangan dan kelebihan Hackintosh, setelah Anda mengetahuinya maka sekarang Anda harus menyiapkan nyali dan keberanian Anda untuk melanjutkan bahasan-bahasan yang ada di buku ini. Apakah Anda sudah siap dengan segala resikonya...???

BERSAMBUNG KE : Tutorial Hackintosh (3) - Kamus Istilah-Istilah Dalam Hackintosh & Penjelasannya

sumber ilustrasi:bhmpics.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar