Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (3) - Kamus Istilah-Istilah Dalam Hackintosh & Penjelasannya

ilustrasi hackintosh

Sebelum Anda mulai berpetualang kedalam dunia Hackintosh, biar nggak kaget dan shock berikut istilah-istilah yang akan sangat sering Anda jumpai dalam dunia Hackintosh. Silahkan Anda cermati dan hayati butir-butir istilah di bawah ini, dengan memahami istilah-istilah dibawah ini maka akan memudahkan Anda dalam memahami buku ini secara keseluruhan. Namun bagi Anda yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu (Tutorial Hackintosh (2) - Apa Itu Hackintosh Serta Kelebihan Dan Kekurangannya)

Sebenarnya banyak sekali istilah-istilah dalam dunia Hackintosh dan beberapa diantaranya sifatnya sangat teknis, Nah biar kita nggak tambah bingung dan tersesat nggak tentu arah. Berikut saya pilihkan istilah-istilah yang paling sering di jumpai dan sangat penting untuk Anda ketahui artinya. Saya usahakan menjelaskan dengan ringkas dengan bahasa sesederhana mungkin ya...

/

/S/L/E

Singkatan dari path direktori /System/Library/Extensions

/E/E

Singkatan dari path direktori /Extra/Extensions


A

ACPI

Advance Configuration and Power Interface , sebuah standar yang berfungsi sebagai management power

APP

App merupakan singkatan dari Application, sesuai dengan namanya format yang memiliki ekstensi .app ini merupakan salah satu format aplikasi pada Mac OS. Uniknya format .app tidak perlu instalasi, cukup Anda copy atau drag and drop ke OS dan aplikasi-pun bisa langsung digunakan. Aplikasi dengan format .app juga bisa di copy ke Mac OS lain, juga bisa langsung digunakan tanpa proses install. Prinsip kerjanya mirip dengan aplikasi portable pada OS Windows.

Apple HFS Extended

Baca Mac OS Extended

Apple HFS Standard

Baca Mac OS Standard

Apple Extended Journaled

Baca Mac OS Extended Journaled

Aplikasi Bootable

Aplikasi yang bisa berjalan tanpa platform sistem operasi, artinya aplikasi ini nggak diinstall dan bisa dijalankan tanpa sistem operasi mainstream seperti Windows, Linux, Mac OS dlsb.

AHCI

Singkatan dari Advance Host Controler Interface bahasa awamnya AHCI merupakan sebuah sistem komunikasi hardware terbaru yang dapat meningkatkan performa komputer. Mac OS X hanya mengenali sistem komunikasi menggunakan mode AHCI ini.

AMD

AMD singkatan dari Advanced Micro Devices merupakan sebuah perusahaan semi konduktor yang salah satu produknya adalah prosesor komputer. Jadi jika ada istilah Prosesor AMD atau AMD saja itu mengacu pada prosesor komputer yang di produksi oleh perusahaan ini.

AMD-V

Merupakan teknologi virtualisasi dari prosesor AMD, dengan mengakifkan fitur virtualisasi ini maka performa komputer virtual Anda akan jauh lebih baik. Beberapa OS malah mengharuskan Anda mengaktifkan fitur virtualisasi ini jika Anda ingin menginstallnya pada komputer virtual.

ATI

Produsen graphic card yang dimiliki oleh AMD.

Arrandale

Nama kode (code name) untuk prosesor Intel. Arrandale merupakan generasi pertama dalam keluarga prosesor yang dibenamkan graphic card Intel HD dan menggunakan nama pasar Intel Core i (i3, i5, i7) yang diproduksi di kisaran tahun 2010.

 

B

BIOS

BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System, perangkat lunak non OS dengan antar muka tingkat rendah yang berfungsi untuk menyalakan dan menguji perangkat keras/hardware, memuat dan menjalankan sistem operasi, mengatur konfigurasi dasar dalam komputer, dan membantu sistem operasi untuk melakukan pengaturan hardware.

Bahasa gampangnya BIOS berfungsi untuk mengatur konfigurasi dan cara kerja hardware seperti hard drive, mouse, keyboard, motherboard, cpu, dlsb.

Boot

Boot atau Booting merupakan proses loading komputer dari Anda menekan tombol power CPU sampai dengan komputer Anda menampilkan halaman log on. Booting sendiri artinya adalah “mengisi daya” jadi dengan kata lain booting adalah waktu tunggu dari komputer untuk mengisi daya sampai komputer tersebut siap untuk digunakan.

Bootable

Bootable adalah istilah yang mengacu pada media yang bisa digunakan untuk booting. Media yang bootable artinya media (UFD, DVD, HDD, SSD dlsb) yang bisa digunakan untuk proses booting karena didalamnya terdapat file-file system yang bisa diload saat proses booting sedang berlangsung.

Boot to UFD

Pada saat proses booting umumnya komputer akan memuat dan menjalankan file sistem atau sistem operasi yang tersimpan pada Hard Drive / Hard Disk. Nah, ketika Anda melakukan Boot to UFD (Boot ke UFD) maka file sistem yang akan dimuat dan dijalankan adalah file sistem yang terdapat pada UFD bukan file sistem yang terdapat pada Hard Drive.

Proses ini bertujuan untuk menjalankan file sistem yang tersimpan pada UFD dan umumnya digunakan untuk melakukan proses instalasi sistem operasi melalui media UFD, ataupun menjalankan aplikasi bootable non OS.

Boot to DVD

Sama dengan Boot to UFD tapi ini melalui media DVD.

Boot Loader

Baca Boot Loader & Boot Flag (Artikel Menyusul)

Boot Flag / Boot Option

Baca Boot Loader & Boot Flag (Artikel Menyusul)

Boot Drive / Drive System

Boot Drive / Drive System adalah Drive yang digunakan untuk menyimpan file instalasi OS Anda. Jika Anda hanya menggunakan 1 buah hard disk pada komputer maka otomatis hard disk Anda tersebut menjadi boot drive / drive system. Tapi jika Anda memiliki lebih dari satu buah drive pada komputer maka yang menjadi boot drive/drive system adalah hard drive tempat dimana OS Anda diinstall.

Boot Screen

Boot Screen adalah layar yang ditampilkan pada monitor pada saat proses booting sedang berlangsung. Logo Apple atau logo Windows yang muncul saat komputer Anda di nyalakan adalah salah satu contoh boot screen.

BSD

Singkatan dari Barisan Sakit Dhati eh..?? enggak ding yang bener adalah singkatan dari Barkeley Software Distribution. Salah satu turunan atau variasi dari sistem operasi UNIX. Sistem Operasi UNIX merupakan dasar dari sistem operasi Mac OS X (lebih jauh baca bahasan Mengenal Mac OS X ).

 

C

Chameleon

Salah satu program Boot Loader

Clover

Salah satu nama program Boot Loader

Clarckdale

Clarckdale setara dengan arrandale (lihat Arrandale), hanya saja Arrandale untuk komputer jinjing (notebook) sedangkan Clarckdale untuk komputer desktop (PC)

Command / Tombol Command ?

Tombol ekslusif yang hanya terdapat pada keyboard standard Apple. Tombol command  umumnya menggantikan fungsi tombol CTRL pada keyboard shortcut yang dikenal pada Windows. Walaupun tombol CTRL juga dikenal pada keyboard standard Apple.

Console / Terminal

Program yang mengizinkan Anda untuk menggunakan CLI (Command Line Interface) atau baris perintah. Jika di Windows kita mengenalnya dengan istilah CMD atau Command Prompt.

Core Image (CI)

Merupakan teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan efek olah grafis dengan bantuan GPU (Graphic Processing Unit). Beberapa aplikasi pada Mac OSX membutuhkan teknologi ini agar dapat berjalan dan berfungsi dengan baik.

 

D

Distro

Distro merupakan singkatan dari kata Distribution, kata yang sangat populer digunakan dalam dunia Linux. Eh, ternyata isitilah Distro ini juga di kenal dalam dunia Hackintosh. Distro merupakan sebuah sistem operasi yang sudah di modifikasi dan ditambahkan fitur sedemikian rupa oleh kelompok ataupun perorangan kemudian sistem operasi hasil modifikasi tersebut di distribusikan kembali sehingga bisa digunakan oleh orang lain.

DMG

DMG merupakan singkatan dari Disk Image, sebuah format file standar untuk sistem image pada Mac OS. DMG merupakan sebuah file kontainer yang dapat menyimpan file sistem, aplikasi dan data. DMG juga dilengkapi dengan fitur kompresi dan enkripsi, yah mirip dengan RAR atau ZIP pada Windows lah.

Namun bedanya DMG ini bersifat fleksibel dan bisa di mount (lihat Mount) sebagai sebuah drive pada Mac OS. Nah karena sifatnya yang bisa di mount, berupa file kontainer, dan bisa digunakan sebagai simulasi drive maka file DMG ini memiliki status yang sama dengan file .iso yang kita kenal pada Windows. Hanya saja file DMG hanya bisa digunakan pada Mac OS. Jika Anda ingin membaca file DMG pada komputer Windows maka Anda membutuhkan program khusus seperti Ultra ISO, Trans Mac, Mac Drive dlsb.

DSDT

DSDT adalah kepanjangan dari Differental System Distribution Table bahasa gampangnya, DSDT merupakan file konfigurasi yang dapat membuat Mac OS X bekerja dan mengenali komponen-komponen pada motherboard Anda dengan sempurna. Konfigurasi DSDT antara motherboard yang satu dengan yang lainnya berbeda, ini artinya file DSDT motherboard yang satu tidak bisa digunakan oleh motherboard yang lainnya.

Dengan konfigurasi DSDT yang tepat maka komponen-komponen onboard pada motherboard seperti sound, vga dan beberapa komponen lainnya dapat berjalan dengan sempurna tanpa masalah

DSMOS

Singkatan yang merujuk pada file Dont Steal Mac OS.kext. File inilah yang merupakan biang kerok yang menyebabkan Mac OS X tidak bisa diinstall pada PC standar non Apple. File ini bertugas untuk mengunci Mac OS X agar tidak bisa di install pada komputer standar non Apple, tentu saja karena tugasnya sangat mulia maka file ini dienkripsi dengan algoritma yang tidak biasa dan tidak mudah untuk dipecahkan.

Namun para hacker jagoan berhasil melakukan dekripsi dan membuat “kunci” untuk membuka Dont Steal Mac OS.kext ini. Dengan terbukanya file Dont Steal Mac OS.kext maka Mac OS X pun memungkinkan diinstall pada komputer standar non PC.

Dock

Fitur khas dari Mac OSX yang secara default terletak dibagian bawah desktop. Fitur dock ini berisi kumpulan icon untuk memudahkan Anda mengakses program atau aplikasi.

 

E

Easybeast

Tools pasca instalasi Hackintosh yang berisi kext, dsdt, patch dan konfigurasi untuk menyempurnakan instalasi Hackintosh Anda secara mudah dan cepat.

EDID

Extended Display Identification Data adalah sebuah struktur data yang disediakan oleh display digital seperti layar LCD atau LED. Struktur data ini berisi informasi yang nantinya diolah oleh graphic card. Data EDID yang tepat dibutuhkan untuk menampilkan interface grafis sistem operasi Anda.

eDP

Embedded Display Port adalah teknologi konektor terbaru penerus LVDS (lihat LVDS). eDP memiliki keunggulan kapasitas bandwith yang lebih besar, lebih irit dan mendukung layar dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan LVDS.

EFI/UEFI

UEFI adalah singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface sebuah firmware interface yang dirancang untuk menggantikan BIOS. Karena memang dirancang untuk menggantikan keberadaan BIOS maka UEFI memiliki fungsi yang sama dengan BIOS.

Bahkan UEFI memiliki beberapa kelebihan tersendiri seperti tampilan antar muka (interface) yang lebih menarik dan interaktif, fitur yang lebih lengkap, keamanan yang lebih kuat, support hard disk dengan kapasitas lebih dari 2,2 TB, proses startup dan shutdown lebih cepat dlsb.

Berbeda dengan BIOS yang tidak bisa menggunakan mouse untuk navigasi, UEFI mendukung penggunaan mouse untuk navigasi, jadi lebih fleksibel. Namun karena masih tergolong baru, tidak semua sistem operasi mendukung penggunaan UEFI.

Erase

Istilah yang digunakan untuk merujuk proses format drive.

 

F

Fakesmc.kext

Fakesmc merupakan file yang digunakan sebagai “kunci” untuk membuka file Dont Steal Mac OS.kext (baca DSMOS)

Finder

“Windows Explorer” atau “File Explorer” nya Mac OS yang berfungsi untuk melakukan eksplorasi dan manjemen file pada Mac OS Anda.

File Permission

Sistem yang mengatur aksesibilitas user terhadap sebuah file. Apakah diizinkan untuk melakukan aktivitas baca (read), tulis (write) atau modifikasi (modify) terhadap sebuah file.

FAT / FAT32

FAT merupakan singkatan dari File Allocation Table sebuah format file system atau format drive yang dikenali dan didukung di berbagai sistem operasi termasuk Windows, Mac OS dan Linux.

Sedangkan FAT32 adalah format FAT versi 32Bit yang memiliki berbagai macam kelebihan ketimbang format FAT standar seperti kapasitas maksimum yang di izinkan, panjang maksimal nama file, kapasitas maksimum sebuah file yang dizinkan dlsb.

Format FAT/FAT32 dikenali dan didukung oleh Mac OS X namun hanya sebatas untuk menyimpan data. Format FAT/FAT32 tidak bisa digunakan sebagai tempat instalasi Mac OS X. Untuk tempat instalasi Mac OS X Anda harus menggunakan format Mac OS Extended Journaled.

Frame Buffer

Sebuah perangkat output video yang befungsi untuk menterjemahkan data yang ada pada memori (dalam hal ini RAM) menjadi sebuah tampilan grafis atau tampilan video. Data atau informasi yang berasal dari memori ini biasanya terdiri dari nilai warna dari setiap piksel pada layar.

Force EDID

Terkadang data EDID (lihat EDID) yang disediakan oleh Mac OSX tidak cocok dengan data EDID yang sesungguhnya, sehingga graphic card Anda tidak bisa mengolah data EDID dengan benar. Akibatnya, monitor Anda tidak bisa menampilkan data grafis dari graphic card sehingga monitor hanya menampilkan layar blank berwarna hitam.

Aktifitas Force EDID akan memaksa Mac OSX untuk menyajikan data EDID yang benar sehingga graphic card dapat mengolah data tersebut dengan benar dan mengirimkannya ke monitor sehingga monitor dapat menampilakan tampilan grafis yang seharusnya.

 

G

GPT/GUID

GPT merupakan singkatan dari GUID (Globally Unique Identifier) Partition Table sebuah standar tata letak partisi pada sebuah hard drive. GPT ini biasa digunakan oleh komputer yang sudah menggunakan UEFI walaupun beberapa komputer yang masih menggunakan BIOS ada yang menggunakan standar GPT ini.

Graphic Card/GPU/VGA

Graphic Card atau kartu grafis adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data grafis (gambar, video, program, animasi, 3D dlsb)

 

H

Haswell

Adalah nama kode   (code name) untuk prosesor Intel. Haswell merupakan generasi ke 4 dari keluarga Intel Core i (i3, i5, i7) dan merupakan penerus prosesor Ivy Bridge.

HDD

Singkatan dari Hard Disk Drive, hard disk fisik yang menggunakan media cakram magnetis untuk menyimpan data.

HFS

HFS adalah singkatan dari Hierarchy File System, sebuah format file system / format drive utama yang dirancang oleh Apple dan digunakan khusus untuk Mac OS. Yah seperti NTFS yang dibuat khusus untuk OS Windows. HFS juga dikenal dengan nama lain Mac OS Standard atau Apple HFS Standard.

HFS Journaled

Format HFS dengan fitur Journaled (lihat Journaled) aktif

HFS +

Dikenal dengan nama lain HFS Extended , Apple HFS Extended atau Mac OS Extended, merupakan format pengembangan dari format HFS.

HFS + Journaled

Adalah format HFS + dengan fitur Journaled aktif, nama lain dari format ini adalah HFS Extended Journaled, Apple HFS Extended Journaled atau Mac OS Extended Journaled.

 

I

IDE/ATA/PATA

Singkatan dari Integrated Drive Electronics merupakan model koneksi data yang menghubungkan hard disk drive atau optical drive dengan motherboard. IDE terdiri dari 40 buah pin konektor dan kabel yang menghubungkannya ke motherboard.

ISO

File arsip untuk optical disk seperti CD/DVD. File dengan ekstensi .iso ini akan menyimpan semua data konten termasuk data sector pada sebuah disk. Jadi dengan kata lain file .ISO merupakan versi digital dari CD/DVD fisik. File ini lazim digunakan pada sistem operasi Windows dan Linux

INTEL

Perusahaan semi konduktor yang berbasis di Amerika Serikat. Salah satu produk utamanya adalah prosesor komputer (X86). Jadi jika Anda menemukan istilah prosesor Intel atau Intel saja maka itu mengacu pada prosesor komputer yang di produksi oleh perusahaan ini.

INTEL GMA, INTEL HD

Seri kartu grafis dari Intel.

Ivy Bridge

Adalah nama kode   (code name) untuk prosesor Intel. Ivy Bridge merupakan generasi ke 3 dari keluarga Intel Core i (i3, i5, i7) dan merupakan penerus prosesor Sandy Bridge.

 

J

Journaled

Journaled merupakan fitur yang membantu melindungi file sistem dan mencegah file sistem dari kehilangan daya secara tiba-tiba. Ketika fitur Journaled ini aktif maka setiap perubahan data yang terdapat pada disk akan dicatat secara terus menerus sehingga bila terjadi error atau disk mengalami kehilangan daya secara tiba-tiba maka Journal akan digunakan untuk memperbaiki disk dan mengembalikannya ke kondisi semula (kondisi sebelum terjadinya error) berdasarkan catatan yang telah dibuat.

Fitur Journaled mutlak dibutuhkan untuk menginstall Mac OS X, namun Anda nggak perlu mengaktifkannya secara manual karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis dengan memilih format Apple Journaled / Mac OS Journaled / Mac OS Extended Journaled.

 

K

Kernel

Kernel merupakan inti dari sebuah sistem operasi yang bertanggung jawab sebagai jembatan komunikasi  antara hardware dan software. Kernel menangani fungsi dasar dari sebuah sistem operasi seperti alokasi memori, kontrol akses komputer, menejemen sistem file, menangani input dan output service seperti printer, portable storage (ufd, external harddisk dan lain sebagainya), menangani sistem error, menangani alokasi  resource komputer seperti CPU dan storage device, dan lain-lain. Kernel juga melayani program atau aplikasi pada sebuah sistem operasi agar bisa mengakses hardware secara aman.

Kernel Panic

Ya dari nama istilahnya aja udah ketahuan dong maksudnya apa. Kernel Panic..!! ya bener banget...si kernel lagi panik..!! istilah ini mengacu pada kondisi dimana kernel yang merupakan inti dari sistem operasi mengalami kesalahan atau error yang sangat fatal dan tidak bisa di recovery/diperbaiki.

Jika Anda mengalami hal ini saat proses instalasi Hackintosh maka satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah merestart/reset komputer Anda dan mengulangi proses instalasi dari awal.

Kexts

Pada sistem operasi Windows, Kexts ini kita kenal dengan istilah Driver. Kext merupakan akronim dari Kernel Extensions. Kext merupakan file sistem yang berfungsi untuk mendukung penuh keberadaan sebuah hardware. Tanpa adanya kexts, hardware seperti VGA/GPU, wifi, sound card, LAN card dlsb tidak akan dikenali atau tidak dapat berjalan dengan baik pada Mac OS . Namun ada beberapa hardware yang dapat berjalan dengan baik tanpa kexts, hardware seperti ini dikenal dengan istilah out of the box.

Seperti halnya driver, masing-masing hardware memiliki Kext-nya sendiri-sendiri. Dalam dunia Hackintosh ada beberapa hardware yang tidak bisa menggunakan kexts dari Apple namun ada juga hardware yang bisa menggunakan kext yang telah disediakan oleh Mac OS X. Untuk hardware yang tidak bisa menggunakan kext dari Apple siapa yang menyediakan kext-nya..? jawabannya adalah dari komunitas Hackintosh, karena berbasis komunitas maka tidak semua hardware tersedia kexts-nya.

Kext Wizard

Aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan Anda menginstall kext pada Mac OSX.


L

LVDS

Low Voltage Differential Signaling adalah teknologi konektor pendahulu eDP (lihat eDP) yang digunakan pada Mac Book Pro 2010. Memiliki bandwith dan resolusi yang terbatas jika dibandingkan dengan suksesornya eDP.

 

M

Mac OS Extended

Nama lainnya adalah HFS+ atau Apple HFS Extended. Format ini dirancang oleh Apple dan merupakan format file system (format drive) standard untuk Mac OS. Format ini merupakan penerus dari format HFS.

format ini hanya digunakan dan disupport oleh Mac OS. Untuk membaca format HFS+ dari Windows Anda membutuhkan tools khusus seperti Transmac, HFSexplorer, Paragon HFS+ dlsb.

Mac OS Extended Journaled

Nama lainnya adalah Apple HFS Extended Journaled atau HFS+ Journaled, format yang sama dengan HFS+ namun dengan fitur Journaled dalam keadaan aktif. Instalasi Mac OS X harus dilakukan dalam drive ber-format Mac OS Extended Journaled.

MBR

Singkatan dari Master Boot Record merupakan sektor pertama dari hard drive yang dapat di boot (bootable drive). MBR berisi kode-kode yang berfungsi untuk memuat sistem operasi kedalam memori atau boot loader serta informasi tabel partisi dari drive.

MBR biasanya digunakan pada PC standar yang menggunakan BIOS, sedangkan komputer Mac yang asli menggunakan format GPT karena komputer Mac menggunakan EFI bukan BIOS.

Mount/Mounted

Komputer Anda terdiri dari berbagai macam media penyimpanan seperti hard drive, CD drive, maupun media penyimpanan portabel seperti HDD portable dan UFD.  Nah komputer Anda akan menyimpan data kedalam media-media tersebut dalam format file yang spesifik dan terstruktur. Komputer membaca format untuk memastikan beberapa hal tentang media penyimpanan tersebut seperti dimana data dimulai dan diakhiri, dimana data akan ditulis dan disimpan, dan bagaimana membaca serta mengenali data yang telah ditulis.

Jika komputer Anda ternyata tidak mengenali format file yang ditulis, komputer Anda akan mengalami error, dan jika Anda tetap memaksakan komputer Anda untuk bekerja pada format file yang tidak dikenali maka komputer Anda akan menulis data secara salah, dan kemungkinan terburuk yang terjadi adalah seluruh data yang terdapat dalam media tersebut akan ikut rusak.

Mounting drive memastikan komputer Anda mengenali format file dari suatu media, dan memerintahkan komputer untuk menggabungkan sistem file yang terdapat pada media dengan sistem file lokal. Jika komputer Anda tidak dapat mengenali format dari suatu media, maka media tersebut tidak akan bisa di mount. Namun jika sistem berhasil me-mount media tersebut maka komputer akan membuat sebuah mount point.

Pada Microsoft Windows mount point ini berupa icon-icon device (icon hard drive, icon cd drive, usb drive dan lain sebagainya) yang dapat Anda lihat pada saat mengakses My Computer. Pada Linux, mount point ini terletak pada sebuah direktori, yaitu pada direktori /Media, sedangkan pada Mac OS X mount point ini terletak pada direktori /Volume .

MFS

Singkatan dari Macintosh File System merupakan format file sistem standar di awal-awal kehadiran komputer Mac. Namun kini format MFS mulai ditinggalkan diganti oleh penerusnya HFS+

MPKG/PKG

MPKG adalah singkatan dari Meta Package atau dikenal dengan nama lain Macintosh Package Installer, sesuai dengan namanya file dengan format .mpkg atau .pkg ini berisi file-file instalasi sebuah software atau aplikasi. Yah seperti halnya file .Exe pada Windows.

Mkext

Kumpulan kext-kext yang dibundel menjadi satu agar dapat di load lebih cepat.

Multibeast

Tool yang berfungsi untuk memudahkan instalasi Mac OSX karena didalamnya berisi berbagai macam kext, patch, fix dan utilities.

Motherboard

Salah satu komponen dari komputer tempat bermuaranya semua hardware seperti Prosesor, RAM, Graphic Card, LAN Card, Sound Card dlsb.

 

N

NTFS

Merupakan singkatan dari New Technology File System sesuai dengan namanya, NTFS merupakan teknologi baru dalam format file sistem. NTFS dirancang oleh Microsoft dan digunakan khusus untuk sistem operasi Windows untuk menggantikan format FAT32.

Mac OS X tidak mendukung penuh format ini, Mac OS X memang bisa membaca dan mengenali format NTFS namun Mac OS X tidak dapat menulis pada format NTFS, sehingga Anda tidak bisa membuat file, menambah file, menyimpan file atau mengedit file pada format NTFS dari Mac OS X.

 

O

Out Of The Box

Istilah yang digunakan untuk merujuk pada Hardware yang tidak membutuhkan Kexts agar dapat berjalan dengan baik.

OSX86

Merupakan gabungan dari singkatan kata Mac OS X  dan X86 . Istilah yang merujuk untuk aktivitas atau project instalasi Mac OSX kedalam mesin berasitektur X86 dan X86-64. Dengan kata lain OSX86 adalah nama lain dari Hackintosh itu sendiri.

 

P

Port

Port adalah ruang virtual untuk menampung komunikasi dari sebuah proses atau aplikasi secara khusus. Port merupakan ujung dari proses komunikasi dari sebuah proses atau aplikasi. Port berfungsi untuk mengidentifikasikan aplikasi-aplikasi atau proses-proses secara unik. Port biasanya digunakan dalam jaringan komputer dan internet.

Post Screen

Adalah layar yang tampil saat komputer Anda melakukan Power On Self Test (POST). Saat komputer Anda pertama kali dinyalakan, BIOS akan melakukan pengecekan terhadap hardware-hardware yang terhubung ke komputer. Proses pengecekan inilah yang di kenal dengan istilah POST, dan layar yang tampil pada saat proses POST sedang berlangsung itulah yang disebut dengan POST Screen.

Partisi / Drive

Partisi adalah pembagian Hard Disk Drive kedalam beberapa logical storage. Jika sebuah hard disk kita ibaratkan sebagai lemari maka partisi dapat kita ibaratkan sebagai lacinya.

Patch to Patch

File yang mengandung perbaikan, fitur baru, dan perubahan-perubahan lain pada sebuah program.

Path

Path adalah alamat dari sebuah direktori. Penulisan alamat dipisahkan dengan karakter / dari tiap-tiap direktori yang dilaluinya. Misalnya file laporan.txt terletak di drive D: didalam folder Data didalam sub folder Laporan didalam subsub folder Laporan Kerja maka penulisan Path dari laporan.txt adalah D:/Data/Laporan/Laporan Kerja/Laporan.txt

Plist

Plist atau .plist merupakan ekstensi yang dikenal di sistem operasi Mac OS. Plist merupakan kepanjangan dari Apple Property List . File dengan format .plist berfungsi untuk menyimpan system property dengan format xml.


Q

Quartz Extreme (QE)

Merupakan teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan window manager dan lingkungan desktop secara keseluruhan dengan bantuan GPU (graphic Processing Unit). Teknologi ini menggunakan engine Open GL yang merupakan saingan DirectX di Windows.

QECI, QE/CI

Quartz Extreme dan Core Image

 

R

Retail DVD

DVD Instalasi Mac OSX yang dibeli dari Apple atau distributor resmi Apple

RTC

Singkatan dari Real Time Clock berfungsi untuk melakukan pengecekan dan mengatur format tanggal dan waktu. Jika Hackintosh tidak mau booting terkadang dapat diselesaikan dengan melakukan reset RTC ini.

Root

Root adalah user dengan hak akses tertinggi dalam sebuah sistem  (super administrator). User Root bisa melakukan apa saja termasuk menghapus sebuah file sistem. Untuk itu sangat tidak direkomendasikan menggunakan user ini untuk aktifitas komputer sehari-hari.

Root Directory

Root directory adalah direktori induk dalam sebuah sistem, semua direktori yang ada pada komputer akan bermuara pada Root Directory. root directory lazim digunakan pada OS Linux dan Mac OS.

 

S

Sandy Bridge

Adalah nama kode  (code name) untuk prosesor Intel. Sandy Bridge merupakan generasi ke 2 dari keluarga Intel Core i (i3, i5, i7) dan merupakan penerus prosesor Arrandale/Clarckdale.

Socket

CPU Socket atau dikenal juga dengan istilah CPU slot adalah komponen mekanis yang menyediakan ruang atau wadah bagi CPU agar dapat menempel dan terhubung dengan motherboard tanpa harus di solder.

SSD

Singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk adalah media penyimpan data seperti HDD hanya saja SSD tidak menggunakan media cakram magnetis.

SSDT

SpeedStep & Power Management Stuff merupakan file konfigurasi seperti DSDT namun SSDT khusus untuk mengatur masalah power seperti shutdown, sleep, restart.

SATA

Singkatan dari Serial ATA yaitu model koneksi data yang menghubungkan HDD atau Optical Drive (CD/DVD/Bllueray ROM) ke motherboard. Model SATA merupakan penerus dari model IDE/ATA/PATA yang sudah mulai ditinggalkan.

SATA memiliki beberapa kelebihan seperti jumlah kabel yang lebih irit (SATA memiliki 7 buah pin konektor dibandingkan dengan IDE yang memiliki 40 buah pin konektor), lebih stabil, memiliki kecepatan transfer yang lebih baik dlsb.

SMBIOS

Singkatan dari Sistem Management BIOS, berfungsi untuk melakukan manipulasi pada BIOS agar mirip dengan hardware Apple yang sebenarnya. Tujuannya sudah jelas agar Mac OS mendukung komputer yang Anda gunakan dan agar Anda dapat melakukan update resmi dari Apple.

Ketika SMBIOS sudah terinstall pada komputer Anda maka System Profiler akan mendeteksi komputer Anda sebagai Mac Mini, Macbook, Macbook pro, Mac Pro atau Macbook Air.

SMC

System Management Controller yaitu sistem kontrol yang diciptakan oleh Apple untuk mengatur sirkulasi power/tenaga dan kecepatan kipas. Jika Hackintosh mengalami masalah seperti tidak dapat di jalankan, masalah dengan video, suara kipas terlalu bising, tidak bisa di-sleep dlsb biasanya dapat di selesaikan dengan melakukan reset SMC ini.

 

T

TextEdit

Aplikasi pengolah kata seperti notepad pada WIndows

 

U

UFD

Singkatan dari USB Flash Drive atau USB Flash Disk, salah satu jenis media penyimpanan portable berbasis flash memory yang menggunakan port USB. Masyarakat umum biasanya menyebut UFD dengan Flash Disk atau USB saja.

Unibeast

Unibeast adalah tools yang berfungsi untuk membuat Installer Mac OSX Anda bootable di komputer non Apple.

 

V

Vanilla Kernel

Vanilla kernel adalah kernel asli dari Mac OS. Umumnya distro-distro Hackintosh sudah memodifikasi kernel asli dari Mac OS agar dapat di install pada komputer standar dengan lebih mudah.

Vanilla System Compatible

Sebagian komputer membutuhkan modifikasi kernel agar Mac OS dapat di install, namun sebagian lagi dapat di install Mac OS tanpa harus melakukan patch ataupun modifikasi pada kernel. Komputer berbasis prosesor INTEL dengan 2 core umumnya kompatibel dengan vanilla kernel sedangkan komputer berbasis prosesor AMD atau INTEL Pentium harus menggunakan kernel modifikasi.

Verbose

Verbose adalah salah satu mode booting yang akan menampilkan informasi-informasi yang sedang terjadi pada komputer saat booting. Biasanya pada saat komputer booting yang ditampilkan adalah boot screen yang berupa logo sistem operasi (logo Apple, Linux atau Windows ). Nah, pada saat boot screen tersebut ditampilkan sebenarnya sistem Anda sedang bekerja, tapi Anda nggak tau apa yang sedang dikerjakan sistem Anda karena yang ditampilkan hanyalah boot screen.

Dengan mengaktifkan mode Verbose maka tampilan boot screen Anda akan diganti dengan sekumpulan teks yang berisi informasi tentang apa yang sedang dilakukan oleh sistem Anda dan status sistem Anda saat ini.

Dengan mengaktifkan mode Verbose maka Anda bisa mengetahui masalah yang dialami oleh sistem jika sistem Anda mengalami gagal booting, karena mode verbose akan menampilkan pesan error yang dialaminya kepada Anda.

VT-X

Merupakan teknologi virtualisasi dari prosesor Intel, dengan mengakifkan fitur virtualisasi ini maka performa komputer virtual Anda akan jauh lebih baik. Beberapa OS malah mengharuskan Anda mengaktifkan fitur virtualisasi ini jika Anda ingin menginstallnya pada komputer virtual.

Jika Anda ingin menginstall Hackintosh pada komputer virtual maka Anda harus mengaktifkan fitur ini.

Virtual Machine. Virtual Komputer.

komputer virtual itu pada dasarnya adalah sebuah software yang akan bertingkah laku layaknya sebuah komputer, dan layaknya sebuah komputer pada umumnya kita bisa menentukan hardware pendukung seperti RAM , HDD, CPU, CD/DVD drive, dlsb sehingga kita bisa menginstall OS di dalam komputer virtual tersebut. Tapi semuanya dilakukan secara imaginer atau virtual.

VirtualBox

Salah satu merek/jenis komputer virtual besutan Oracle yang bisa Anda unduh secara gratis di virtualbox.org

VMWare Workstation

Salah satu merk/jenis komputer virtual yang kaya fitur. Tapi VMWare sayangnya nggak gratis seperti Virtualbox.

 

Itu aja dulu deh istilah-istilah yang harus Anda ketahui, nggak usah kebanyakan dan nggak usah terlalu detail ya karena nanti kita malah pusing sendiri jadinya. Istilah-istilah diatas cukup Anda baca-baca saja sebagai bekal untuk melanjutkan pembahasan pada buku ini dan sebagai pengetahuan tambahan siapa tau Anda menemukan istilah-istilah diatas di luar buku ini. Tapi nggak usah terlalu di fikirkan dengan serius ya...woles aja brow..

BERSAMBUNG KE : Tutorial Hackintosh (4) - Spesifikasi Minimum Dan Tips Memilih Hardware Untuk Hackintosh 

sumber gambar ilustrasi:wallpapersafari.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar