Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Tutorial Fitur Software & Service cPanel ( Termasuk Fantastico & Softaculous )

apps cpanel ilustrasi

Pada bab ini kita akan membahas fitur software dan service yang disediakan oleh cPanel seperti CGI Center untuk mengaktifkan dan memodifikasi CGI Script, Softaculous untuk menginstall berbagai macam software website kedalam server, PHP configuration untuk melihat konfigurasi pada PHP Anda dslb. Memang sepertinya fitur cPanel yang terdapat pada panel Software & Service ini sepertinya diperuntukan bagi Anda pengguna level lanjut (advance).

Panel software/Services
Panel software/Services

11.1 CGI Center

CGI merupakan singkatan dari Common Gateway Interface, CGI memungkinkan web server dapat menjalankan aplikasi atau script, dengan tool CGI Center yang terdapat pada cPanel Anda dapat mengaktifkan dan memodifikasi CGI Script yang nantinya dapat digunakan pada website Anda. Berbagai macam “paket” CGI Script sudah tersedia disini seperti Counter (data jumlah pengunjung yang ditampilkan website), Guestbook (buku tamu), iklan banner, penunjuk waktu, hitungan mundur dlsb. Jadi untuk memasang aplikasi-aplikasi tersebut pada website, Anda tidak perlu mengetikan kode lagi secara manual.

Untuk mengakses fitur ini klik tombol CGI Center yang terdapat pada panel dan Anda akan dibawa kehalaman berikutnya, disini terdapat beberapa pilihan script CGI yang bisa Anda aktifkan dan modifikasi.

Kumpulan script CGI siap pakai
Kumpulan script CGI siap pakai

11.1.1 Simple CGI Wrapper

Ketika Anda mengaktifkan CGI Wrapper maka cPanel akan membuat direktori /scgi-bin pada direktori /public_html/ Anda. direktori ini berfungsi untuk “menampung” CGI Script Anda, jika Anda memiliki CGI Script yang ingin Anda aktifkan maka letakanlah pada direktori scgi-bin ini dan server Anda akan secara otomatis mengenali script tersebut sebagai CGI Script.

Ketika Anda meletakan CGI Script kedalam direktori scgi-bin maka secara otomatis pengunjung website Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikan URL www.domainanda.com/scgi-bin/cgiscriptanda.cgi dan jika Anda ingin menyisipkan cgi script pada file HTML Anda maka Anda bisa menggunakan tag <action>.


11.1.2 Random HTML Generator

Script ini berfungsi untuk menampilkan teks secara acak pada website Anda, misalnya teks tentang fakta unik, ucapan orang-orang terkenal (quote), atau teks apapun yang Anda inginkan.

Akses CGI Center > Random HTML Generator, lalu pada halaman berikutnya ketikan teks yang akan Anda tampilkan secara acak, satu baris untuk satu kalimat teks (quote). Jika sudah klik tombol Save.

Contoh quote atau comment
Contoh quote atau comment

Gunakan tag dibawah ini untuk meng-embed-nya kedalam file html Anda.

<!--#include virtual="/cgi-sys/randhtml.cgi?user"-->

Ganti user dengan username Anda ya...lalu simpan format file kedalam format shtml.


11.1.3 Simple Guest Book

Dengan CGI Script yang satu ini Anda bisa membuat Guest Book sederhana dengan sangat mudah dan cepat. Caranya pada halaman CGI Script Center klik Simple Guest Book, lalu copy kode HTML yang terdapat pada Box yang terletak dibagian paling bawah halaman kedalam file HTML website Anda. Jika Anda ingin mengubah tampilan guest book Anda bisa mengklik menu Edit Guestbook Template dan silahkan Anda buat kode HTML untuk guest book Anda (asal jangan mengubah atau menghabus tag CGI Script-nya ya..)


11.2 Site Software

Tools ini berfungsi untuk mengisntall berbagai macam software website seperti Wordpress, Bulletin Board, Chatting, Agora dlsb kedalam server Anda, sehingga Anda dapat membuat website menggunakan CMS dengan sangat mudah dan cepat. Namun kita tidak akan membahas tools ini karena ada tools yang lebih keren dan lengkap yaitu Softaculous dan Fantastico.

Site software
Site software


11.3 Perl Modules

Perl Modules adalah software yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Perl. Bagi Anda yang membutuhkan, cPanel telah menyediakan kumpulan modul-modul perl siap pakai.

Untuk melihat paket-paket modul yang tersedia dalam cPanel Anda klik tombol Perl Modules yang terdapat pada panel Software/Service.

Tombol Perl Modules
Tombol Perl Modules

Jika sudah pada halaman berikutnya, klik tombol Show Available Perl Module(s) untuk melihat daftar modul-modul yang tersedia. Selanjutnya klik tombol Install pada modul perl yang akan Anda install pada server.


11.4 PHP PEAR Packages

PHP PEAR Packages adalah kumpulan ekstensi dan aplikasi siap pakai untuk PHP. Jika Anda membutuhkannya Anda bisa langsung menginstallnya dari cPanel.

Caranya akses cPanel > PHP PEAR Packages dan Anda akan dibawa kehalaman berikutnya, jika Anda mengetahui nama ekstensi atau aplikasi yang ingin Anda install pada server maka Anda bisa mengetikannya pada kolom pencarian, tapi jika Anda ingin melihat aplikasi dan ekstensi PHP yang tersedia pada cPanel maka silahkan Anda klik tombol Show Available PHP Extension(s) and Application(s).

Anda akan dibawa kehalaman berikutnya, disini terdapat berbagai macam ekstensi dan aplikasi PHP siap pakai, tinggal klik tombol Install untuk menginstallnya kedalam server Anda.

Ekstensi dan aplikasi PHP siap pakai
 Ekstensi dan aplikasi PHP siap pakai


11.5 PHP Configuration

Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk melihat konfigurasi PHP yang terdapat pada server, sehingga ketika server Anda mengalami error ketika menangani PHP maka Anda dapat mengetahui konfigurasi mana yang menyebabkan terjadinya masalah pada server.

Untuk melihat konfigurasi PHP pada server Anda klik tombol PHP Configuration

Tombol konfigurasi PHP
Tombol konfigurasi PHP

Pada halaman selanjutnya akan ditampilkan konfigurasi PHP yang terdapat pada server Anda.


11.6 RubyGems

RubyGems adalah package manager dari bahasa pemrograman Ruby, sama halnya dengan PHP PEAR, cPanel juga menyediakan berbagai macam koleksi fungsi untuk Ruby. Jika Anda membutuhkannya Anda bisa menginstallnya dengan mudah pada server Anda.

Klik tombol RubyGems untuk menginstall fungsi ruby yang Anda butuhkan, lalu pada halaman berikutnya klik tombol Show Available Ruby Gem(s) untuk melihat fungsi-fungsi ruby siap install pada server Anda.

Tombol RubyGems
Tombol RubyGems

11.7 Ruby on Rails

Jika Anda menguasai bahasa pemrograman Ruby maka Anda bisa membuat dan membangun aplikasi menggunakan Ruby on Rails ini.


11.8 Optimize Website

Dengan fitur ini Anda bisa mengoptimalkan website Anda dengan cara melakukan kompresi secara otomatis pada konten-konten tertentu yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dengan melakukan kompresi maka kapasitas file yang harus di load oleh pengunjung website menjadi lebih ringan sehingga website Anda akan menjadi lebih cepat untuk diakses.

  1. Masuk cPanel dan akses Optimize Website.
  2. Gambar optimize website
    Gambar optimize website
  3. Lalu pada halaman selanjutnya tandai pilihan Compress all content untuk mengompress semua konten website Anda secara otomatis.
  4. Jika Anda ingin mengompress konten atau format tertentu saja dari website Anda maka tandai pilihan Compress the specified MIME types. Lalu pada kolom MIME Types isikan format-format file yang akan di kompress, jika Anda ingin memasukan lebih dari satu format file maka pisahkan dengan garis miring (slash) untuk setiap format filenya.
  5. Jika sudah klik tombol Update Setting.
  6. Gambar optimize website
    Gambar optimize website
  7. Jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini maka Anda tinggal menandai pilihan Disabled lalu klik tombol Update Settings.


11.9 Fantastico De Luxe

Fantastico atau Fantastico de luxe adalah sebuah script auto install. Dengan adanya fantastico maka Anda dapat menginstall berbagai macam software web seperti Joomla (CMS), Drupal (CMS), Wordpress (Blog/CMS), phpBB (Forum), SMF (Forum) dlsb dengan sangat mudah. Tanpa harus setting database dan upload file secara manual.

11.9.1 Install Software Web Via Fantastico

Sebagai contoh saya akan mempraktekan kepada Anda bagaimana menginstall Wordpress kedalam server hosting menggunakan Fantastico. Setelah Anda masuk kedalam cPanel, selanjutnya lihat pada bagian Software/Service lalu cari Fantastico atau Fantastico De Luxe.

Akses ke Fantastico de luxe
Akses ke Fantastico de luxe

Setelah Anda mengklik Fantastico De Luxe , Anda akan dibawa ke halaman instalasi Fantastico, klik menu Wordpress yang terdapat pada bagian blogs.

Mengakses instalasi Wordpress dari Fantastico
Mengakses instalasi Wordpress dari Fantastico

Jika sudah, lihat pada panel sebelah kanan, klik New Installation

New Installation untuk memulai instalasi
New Installation untuk memulai instalasi

Selanjutnya, pada bagian Install in directory biarkan kolom dalam keadaan kosong agar instalasi wordpess Anda terletak pada direktori utama.

Setting direktori instalasi
Setting direktori instalasi

Nah sekarang, langsung pindah ke bagian Admin Access data, disini Anda harus membuat username dan password admin Wordpress Anda. Anda bebas mau membuat username dan passwordnya apa, yang penting Anda bisa mengingatnya saja.

Membuat username dan password admin Wordpress
Membuat username dan password admin Wordpress

Jika sudah, terakhir klik tombol Install Wordpress yang terletak di bagian paling bawah halaman, dan selesailah sudah proses instalasi Wordpress Anda.

11.9.2 Uninstall Software Web

Jika Anda sudah tidak membutuhkan sebuah software web, ingin menginstall ulang software web karena terjadi error, atau Anda ingin berganti CMS misalnya, maka Anda bisa meng-uninstall software web dari server Anda. Tapi ingat Software web yang bisa Anda uninstall menggunakan fantastico adalah software web yang sebelumnya Anda install menggunakan fantastico juga.

CATATAN : Melakukan uninstall software web juga akan menghapus file dan database software web yang bersangkutan.

  1. Akses Fantastico De Luxe lalu pada halaman berikutnya klik jenis software web atau jensi CMS yang ingin Anda uninstall, karena dalam contoh ini yang akan kita uninstall adalah CMS/Blog Wordpress maka klik Wordpress.
  2. Lalu pada panel disebelah kanannya klik tombol Remove pada instalasi Wordpress Anda.
  3. Klik remove untuk meng-uninstall Wordpress
    Klik remove untuk meng-uninstall Wordpress

  4. Pada halaman selanjutnya klik tombol Remove Wordpress dan database serta file-file website Wordpress Anda akan dihapus.


11.10 Softaculous

Softaculous merupakan program auto install layaknya fantastico de luxe diatas, Softaculous akan mempermudah Anda melakukan instalasi CMS, forum, game berbasis web, aplikasi chatting, toko online dan software web lainnya dengan mudah. Tentu saja tanpa harus melalui proses upload, tinggal klik dan klik lalu beres.

Lalu apa bedanya dengan Fantastico..?? Softaculous lebih populer, lebih user friendly, lebih update serta memiliki dukungan software yang lebih lengkap dibandingkan dengan Fantastico de luxe.

11.10.1 Install Software Web via Softaculous

Sebagai contoh, saya akan mempraktekan bagaimana cara menginstall toko online Openchart menggunakan Softaculous, nantinya Anda akan menyadari bahwa membuat toko online sendiri ternyata sangat mudah tanpa butuh bantuan ahli sekalipun. Oke ikuti langkah berikut untuk menginstall toko online Opencart menggunakan Softaculous

  1. Masuk ke cPanel hosting Anda
  2. Cari pada bagian software atau service atau website (nama ini mungkin saja berbeda tergantung dari tempat Anda hosting) lalu klik Softaculous.
  3. Auto installer Fantastico de luxe dan Softaculous
    Auto installer Fantastico de luxe dan Softaculous

  4. Setelah Anda mengklik tombol Softaculous yang terdapat pada cPanel, pada halaman berikutnya Anda bisa langsung mengklik tombol Opencart pada top scripts , bila pada top scripts Anda tidak terdapat Opencart maka Opencart bisa Anda temukan melalui menu E-Commerse > Opencart.
  5. Mencari Opencart
     Mencari Opencart

  6. Jika Anda tidak menemukannya juga maka Anda bisa memanfaatkan fitur search untuk mencari script Opencart. Ketikan Opencart pada kolom search lalu tekan enter.
  7. Mencari Opencart
    Mencari Opencart

  8. Nah jika sudah ketemu, akan terdapat halaman keterangan Opencart pada panel Anda, selanjutnya klik tombol install.
  9. Klik tombol install Opencart
    Klik tombol install Opencart

  10. Pada halaman berikutnya, lihat pada bagian In Directory, jika Anda ingin menginstall Opencart ke domain utama Anda maka biarkan ini dalam keadaan kosong (jika ada isinya maka hapus teks tersebut).
  11. Biarkan kolom indirectory dalam keadaan kosong
    Biarkan kolom indirectory dalam keadaan kosong

  12. Selanjutnya pada bagian Store Setting isikan nama toko Anda, deskripsi, nama pemilik toko dan alamat toko. Jika Anda memang benar-benar berniat membuka toko online maka isilah data tersebut dengan serius agar mendapat kepercayaan dari konsumen.
  13. Isikan data toko Anda
    Isikan data toko Anda

  14. Selanjutnya pada bagian Admin Account, isikan Username dan Password Administrator Anda. Username dan password administrator ini nanti berguna untuk mengakses panel administrator toko online Opencart Anda. Panel Administrator berfungsi untuk melakukan segala macam pengaturan website toko online Opencart Anda nanti.
  15. Isikan data administrator Anda
     Isikan data administrator Anda

  16. Jika sudah klik tombol install, tunggu proses sampai selesai. Setelah proses selesai akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini
  17. Konfirmasi bahwa toko online Anda sudah berhasil dibuat
    Konfirmasi bahwa toko online Anda sudah berhasil dibuat

  18. Sekarang tinggal Anda akses url website Anda dan tadaaa...selamat Anda sudah memiliki toko online baru. Gimana gampang banget kan..?? lebih gampang dari ngupil malah..

ampilan depan toko online Anda.
Tampilan depan toko online Anda.

Nah jika Anda ingin pembahasan lebih lanjut tentang Opencart seperti bagaimana mengganti tampilan Opencart, menambahkan modul pembelian pada open cart, menambahkan barang atau produk, mengintegrasikan sistem pembayaran TIKI atau JNE kedalam toko online Anda dlsb maka Anda bisa membaca buku saya yang berjudul OPENCART - Membuat Toko Online Handal Dan Gratis, (Nantikan ebooknya yang akan saya bagikan secara gratis! makanya subcribe web ini dengan mengisi email Anda pada form yang terdapat diakhir artikel ini)

11.10.2 Uninstall Software Web via Softaculous

Software web yang sudah Anda install via Softaculous itu bisa Anda uninstall kembali loh...tapi ingat sama halnya dengan ketika Anda melakukan uninstall software web via fantastico maka ketika Anda melakukan uninstall software web maka itu artinya Anda juga akan menghapus database dan file website yang bersangkutan. Untuk itu pastikan Anda sudah tidak membutuhkan database dan file-file dari website yang akan Anda uninstall, jika Anda masih membutuhkannya maka lakukan backup terlebih dahulu dengan cara seperti yang telah kita bahas pada bahasan Backup & Restore website

  1. Akses Softaculous lalu klik jenis software web yang akan Anda uninstall, karena dalam contoh ini kita akan meng-uninstall Opencart maka klik Opencart
  2. Jika sudah, klik tombol All Installation yang terdapat di sebelah kanan atas halaman Softaculous.
  3. Tombol all installations
    Tombol all installations

  4. Pada halaman berikutnya klik tombol Remove pada instalasi software web yang akan Anda uninstall.
  5. Uninstall Opencart
    Uninstall Opencart

  6. Pada halaman selanjutnya tandai pilihan Remove Directory untuk menghapus semua file software web yang akan Anda uninstall, lalu tandai pilihan Remove Database jika Anda juga ingin menghapus database dari software web tersebut, serta tandai pilihan Remove Database User jika Anda ingin menghapus database user yang bersangkutan.
  7. Pilihan uninstall
    Pilihan uninstall

  8. Terakhir klik tombol Remove Installation

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar