Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (4) - Spesifikasi Minimum Dan Tips Memilih Hardware Untuk Hackintosh

pemilihan-hardware-hackintosh

Meskipun komputer Anda menggunakan chip prosesor dari Intel itu tidak menjamin komputer Anda bisa di-install Hackintosh. Karena tidak semua hardware seperti Motherboard, Wifi dan VGA/GPU kompatibel untuk Mac OS, untuk itu pada bab ini kita akan membahas khusus untuk persiapan hardware komputer Anda. Apakah hardware komputer Anda kompatible untuk Mac OS..?? atau bagi Anda yang ingin membeli PC baru hardware-hardware apa saja yang cocok dan bisa digunakan untuk menginstall Hackintosh...?. Namun Sebelumnya agar tidak bingung dengan istilah-istilah yang ada pada hackintosh ada baiknya Anda baca dulu tutorial sebelumnya Tutorial Hackintosh (3) - Kamus Istilah-Istilah Dalam Hackintosh & Penjelasannya

A. Spesifikasi Minimum Mavericks OS X

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang hardware-hardware yang kompatibel dengan Mac OS X, kita intip dulu yuk spesifikasi minimum Mac OS versi Mavericks sebenarnya seperti apa..? Kenapa Mavericks..?? karena versi Mac OS terbaru saat buku ini ditulis adalah Mavericks dan buku ini juga ditulis menggunakan versi Mavericks.

Sebenarnya mengintip spesifikasi minimum dari sebuah versi Mac OS harus kita intip dari spesifikasi komputer Mac terendah yang bisa diinstall versi Mac OS tersebut. Menurut website Apple, Mavericks OS X bisa diinstall pada komputer :

  • iMac (yang di rilis pada pertengahan tahun-2007 atau lebih baru)
  • MacBook (13-inch Aluminum, Akhir 2008), (13-inch, Awal 2009 atau lebih baru)
  • MacBook Pro (13-inch, pertengahan 2009 atau lebih baru),
  • MacBook Pro (15-inch atau 17-inch, akhir 2007 atau lebih baru)
  • MacBook Air (Akhir 2008 atau lebih baru)
  • Mac mini (Awal 2009 atau lebih baru)
  • Mac Pro (Awal 2008 atau lebih baru)
  • Xserve (Awal 2009)

Dari komputer-komputer diatas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa spesifikasi minimum untuk menjalankan Mavericks OS X adalah :

  • Prosesor Core 2 Duo 2,26Ghz atau yang setara dengan itu
  • RAM 2 GB
  • 8GB Hard Drive


B. Spesifikasi Minimum Mac OS 11 Big Sur

Untuk Mac OS Terbaru (Saat artikel ini dibuat) yaitu Big Sur, Spesifikasi minimumnya adalah :

  • MacBook (2015 keatas)
  • MacBook Air (2013 keatas)
  • MacBook Pro (Akhir 2013 keatas)
  • iMac Pro (2017 keatas)
  • iMac (2014 keatas)
  • Mac mini (2014 keatas)
  • Mac Pro (2013 keatas)

Ya kurang lebih Spesifikasi minimumnya seperti ini lah :

  • Prosesor Core 2 Duo 2,26Ghz atau yang setara dengan itu
  • RAM 4 GB
  • 80GB Hard Drive

Nah, terlepas dari spesifikasi minimum diatas, tidak semua hardware kompatibel penuh dengan Mac OS. Jika Anda berencana untuk membangun PC baru maka Anda harus pilih-pilih hardware.


C. Memilih Hardware

Kesuksesan Anda menginstall hacintosh sangat bergantung pada jenis, konfigurasi, tipe dan merk hardware yang Anda gunakan. Karena tidak semua komponen hardware kompatibel untuk Mac OS X.

Kompatibilitas Hackintosh sangat bervariasi tergantung jenis komputer yang Anda gunakan, apakah rakitan, branded atau laptop/notebook. Diantara ketiganya komputer rakitanlah yang memiliki peluang besar untuk berhasil diinstall Hackintosh dengan sempurna. Kenapa..?? karena Anda bebas meracik dan memilih hardware-hardware yang menyusun komputer. Anda bebas memilih hardware-hardware seperti Prosesor, Motherboard, Vga/GPU, yang benar-benar kompatibel dengan Mac OS X.

Nah, bahasan dibawah ini merupakan guidline dasar bagi Anda yang ingin merakit komputer baru dan ingin menggunakan Hackintosh sebagai sistem operasinya.

C.1 Motherboard

Contoh motherboard Gigabyte
Contoh motherboard Gigabyte

Motherboard merupakan hardware yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan Anda menginstall Hackintosh. Motherboard biasanya disebut juga dengan Mainboard, Motherboard merupakan hardware tempat terhubungnya semua komponen hardware komputer termasuk chip prosesor. Dalam sebuah motherboard terkadang sudah terdapat VGA onboard, LAN Card dan Sound Card.

Jika motherboard yang Anda gunakan adalah motherboard untuk prosesor Intel dan diproduksi pada tahun 2010 atau lebih baru maka peluang Anda berhasil menginstall Hackintosh sangat besar. Motherboard yang di produksi di bawah tahun 2010 memiliki peluang yang kecil untuk berhasil diinstall Hackintosh dan membutuhkan trik khusus itupun belum tentu berhasil.

Motherboard merk Gigabyte menambah besar peluang Anda untuk berhasil menginstall Hackintosh, apalagi untuk merk Gigabyte keluaran terbaru praktis Anda tidak membutuhkan trik khusus dan peluang Anda untuk dapat menginstall Hackintosh secara sempurna semakin besar lagi.

Lalu bagaimana dengan motherboard merk lain...?? saya tidak bilang motherboard merk lain tidak bisa diinstall Hackintosh, namun jika Anda memilih merk Gigabyte maka peluang berhasilnya lebih besar. Kenapa..?? karena motherboard Gigabyte adalah satu-satunya motherboard yang secara default mendukung CPU Power Management Service yang terdapat pada Mac OS X.

Dukungan terhadap motherboard Gigabyte untuk Hackintosh di internet juga sangat banyak, termasuk tersedianya file DSDT siap pakai untuk berbagai versi motherboard Gigabyte. Dengan file DSDT yang tepat maka komponen-komponen onboard pada motherboard seperti sound, vga dan beberapa komponen lainnya dapat berjalan sempurna tanpa masalah.

Namun untuk motherboard pabrikan baru ( apapun merknya ) yang sudah menggunakan UEFI peluang berhasil untuk menginstall Hackintosh juga besar, dan beruntungnya lagi Motherboard pabrikan baru yang sudah mendukung UEFI (baik Gigabyte ataupun bukan) bahkan tidak membutuhkan file DSDT lagi. Jadi Anda nggak harus mencari atau mengedit file DSDT untuk motherboard Anda.

Selain Gigabyte, motherboard merk Asus adalah yang paling populer kedua untuk Hackintosh. Karena banyak sekali panduan Hackintosh untuk motherboard merk Asus yang tersedia diinternet.

Contoh seri Motherboard Gigabyte Tahun 2014 yang full support Mac OS X : (untuk spesifikasi lebih lengkap silahkan kunjungi gigabyte.com )

SERI

SOCKET

SERI

SOCKET

GA-Z87X-UD7-TH

LGA 1150

GA-Z87N-WIFI

LGA 1150

GA-Z87X-UD5-TH

LGA 1150

GA-H87-D3H

LGA 1150

GA-Z87X-OC Force

LGA 1150

GA-H87N-WIFI

LGA 1150

GA-Z87X-OC

LGA 1150

GA-H87M-D3H

LGA 1150

GA-Z87X-UD5H

LGA 1150

GA-H87M-HD3

LGA 1150

GA-Z87X-UD4H

LGA 1150

GA-Z87-HD3

LGA 1150

GA-Z87X-UD3H

LGA 1150

GA-Z87MX-D3H

LGA 1150

GA-Z87X-D3H

LGA 1150

GA-Z87M-D3H

LGA 1150


C.2 Graphic Card

Contoh Kartu Grafis Radeon
Contoh Kartu Grafis Radeon

Jika Anda berencana menggunakan Hackintosh untuk pekerjaan yang membutuhkan proses rendering, editing foto, editing video, bermain game dan berbagai pekerjaan multimedia lainnya maka Anda wajib menggunakan graphic card atau kartu grafis mandiri.

Memang sebagian CPU sudah menyediakan graphic card terintegrasi seperti Intel HD dan Intel GMA. Namun kartu grafis onboard ini hanya mampu menjalankan pekerjaan grafis yang ringan. Sedangkan untuk bermain game, 3d modeling, dan berbagai macam pekerjaan grafis berat lainnya harus ditangani oleh kartu grafis mandiri.

Untuk urusan kartu grafis, kartu grafis dari NVIDIA adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk Hackintosh, karena setting dan konfigurasinya mudah. Hal ini bukan berarti kartu grafis AMD/ATI Radeon tidak bisa digunakan, namun kartu grafis AMD Radeon terutama versi-versi terbaru membutuhkan konfigurasi yang lebih rumit ketimbang NVIDIA.

Walaupun demikian, kartu grafis lawas seperti NVIDIA 8800GT dan AMD Radeon 5770, 6600 dan 6800 biasanya malah didukung dan bekerja dengan baik pada Mac OS X tanpa harus menginstall dan memodifikasi driver. Dalam dunia Hackintosh hardware yang dapat bekerja dengan baik tanpa harus menginstall atau memodifikasi driver dikenal dengan istilah “out of the box”.

Jika Anda berencana menggunakan Hackintosh sebagai sistem operasi utama untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Anda maka Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih kartu grafis, karena jika salah pilih performa yang dihasilkan tidak akan maksimal jika dibandingkan dengan harganya. Kan sayang udah beli mahal-mahal tapi performanya malah memble. Lain cerita jika Anda hanya menggunakan Hackintosh sebagai bahan coba-coba dan tetap menggunakan Windows sebagai sistem operasi utama Anda.

Untuk itu sebelum Anda membeli kartu grafis, Anda harus mencari informasi tentang kartu grafis yang ingin Anda beli terlebih dahulu. Galilah informasi sedalam-dalamnya, cari di internet apakah kartu grafis yang Anda pilih support untuk Hackintosh dan tersedia kext (driver)nya. Misalnya nih, jika Anda ingin membeli dan menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce GT 640 maka carilah di goolge info tentang GeForce GT 640 apakah support Hackintosh atau tidak, contohnya dengan menggunakan keyword GeForce GT 640 Hackintosh dlsb.

Karena konfigurasi untuk kartu grafis ber-chipset AMD/ATI Radeon (ATI Radeon, Sapphire Radeon, Asus Radeon dlsb) terkadang sangat rumit dan support kexts yang terbatas maka direkomendasikan Anda menggunakan kartu grafis berchipset NVIDIA. Kalaupun Anda bener-bener kepengen menggunakan AMD Radeon, adakan survei terlebih dahulu apakah kartu grafis AMD Radeon yang akan Anda gunakan support untuk Hackintosh atau tidak.

Dibawah ini beberapa contoh seri kartu grafis NVIDIA tahun 2014 yang sangat kompatibel dengan Hackintosh. Kartu grafis dibawah ini dikenal full support terhadap Hackintosh, mudah diinstall tanpa harus melalui proses konfigurasi yang rumit.

SERI

SPESIFIKASI

GeForce GT 640

2048MB GDDR5 128-Bit

Core Clock: 901 MHz

CUDA Cores: 384

GeForce GTX 650

2048MB GDDR5 128-Bit

Core Clock: 1058 MHz

Memory Clock: 5000 MHz

CUDA Cores: 384

GeForce GTX 650 Ti

1024MB GDDR5 128 Bit

Core Clock: 1071

Memory Clock: 5400 MHz

Cuda Cores: 768

GeForce GTX 650 Ti Boost

2048MB GDDR5 192-bit

Base Clock: 1072 MHz

Boost Clock: 1137 MHz

Memory Clock: 6008 MHz

CUDA Cores: 768

GeForce GTX 660

2048MB GDDR5 192-bit

Base Clock: 1046 MHz

Boost Clock: 1111

Memory Clock: 6008 MHz

CUDA Cores: 960

GeForce GTX 670

2048MB GDDR5 256bit

Base Clock: 915MHz

Boost Clock: 960MHz

Memory Clock: 6008MHz

CUDA Cores: 1344

GeForce GTX 680

2048MB GDDR5 256bit

Base Clock: 1058MHz

Boost Clock: 1113MHz

Memory Clock: 6208MHz

CUDA Cores: 1536

GeForce GTX 760

2048MB GDDR5 256bit

Base Clock: 1072 MHz

Boost Clock: 1137 MHz

Memory Clock: 6008 MHz

CUDA Cores: 1152

GeForce GTX 770 (2GB)

2048MB GDDR5 256bit

Base Clock: 1046 MHz

Boost Clock: 1085 MHz

Memory Clock: 7010 MHz

CUDA Cores: 1536

GeForce GTX 780 (3GB)

3072MB GDDR5 384bit

Base Clock: 863 MHz

Boost Clock: 902 MHz

CUDA Cores: 2304

GeForce GTX 780 Ti (3GB)

3072MB GDDR5 384bit

Base Clock: 875 MHz

Boost Clock: 928 MHz

CUDA Cores: 2880

GeForce GTX TITAN (6GB)

6144MB GDDR5 384bit

Base Clock: 876 MHz

Boost Clock: 928 MHz

Memory Clock: 6008 MHz

CUDA Cores: 2688

 

C.3 CPU (Prosesor)

Meskipun ada beberapa distribusi Hackintosh yang support dengan prosesor AMD namun untuk kemudahan konfigurasi, stabilitas, dan banyaknya dukungan dari komunitas maka sangat disarankan Anda menggunakan proses Intel. Memang sangat disayangkan sih, mengingat prosesor AMD unggul jika dilihat dari perbandingan harga, prosesor AMD juga powerfull untuk aplikasi-aplikasi multithreaded seperti Adobe Premiere CS6.

Dalam memilih prosesor Anda juga harus mencocokan dengan jenis socket dari motherboard Anda. Jika motherboard Anda memiliki socket AM3 misalnya maka Anda juga harus membeli prosesor dengan Socket AM3 (Socket untuk prosesor AMD), Jika motherboard Anda socket AM2 maka Anda harus menggunakan prosesor dengan Socket Am2 juga. Jika Mohterboard Anda memiliki socket LGA1150 maka Anda juga harus menggunakan prosesor dengan socket LGA1150 (Socket untuk prosesor Intel dikenal dengan nama lain H3), Motherboard dengan socket LGA 1155 maka prosesornya juga harus socket LGA1155, apapun Merknya.

Berikut contoh prosesor intel generasi ke 4 (2014) untuk motherboard dengan socket LGA 1150 prosesor dibawah ini tidak support untuk motherboard dengan socket selain LGA 1150.

SERI

SPESIFIKASI

Core i7-4770K 3.5Ghz

4 Cores / 8 Threads, Turbo

Unlocked for Overclocking

8MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i7-4771 3.5Ghz

4 Cores / 8 Threads, Turbo

8MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i7-4770 3.4Ghz

4 Cores / 8 Threads, Turbo

8MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i7-4770S 3.1Ghz

4 Cores / 8 Threads, Turbo

8MB L3 Cache

65W Max TDP

Core i5-4670K 3.4Ghz

4 Cores / 4 Threads, Turbo

Unlocked for Overclocking

6MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i5-4670 3.5Ghz

4 Cores / 4 Threads, Turbo

6MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i5-4570 3.3Ghz

4 Cores / 4 Threads, Turbo

6MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i5-4570S 2.9Ghz

4 Cores / 4 Threads, Turbo

6MB L3 Cache

65W Max TDP

Core i5-4440 3.1Ghz

4 Cores / 4 Threads, Turbo

6MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i5-4430 3.0Ghz

4 Cores / 4 Threads, Turbo

6MB L3 Cache

84W Max TDP

Core i3-4340 3.6Ghz

2 Cores / 4 Threads

4MB L3 Cache

54W Max TDP

Core i3-4330 3.5Ghz

2 Cores / 4 Threads

4MB L3 Cache

54W Max TDP

 

C.4 RAM

Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan komponen yang paling mudah untuk dipilih, tidak ada syarat khusus, selama memenuhi spesifikasi minimum dari Mac OS X yang akan Anda install. Untuk Mac OS X Mavericks syarat minimum RAM yang dibutuhkan adalah 2GB. Tentu saja akan lebih baik jika Anda bisa menyediakan kapasitas RAM lebih dari itu. Direkomendasikan Anda menggunakan RAM minimal yang sudah mengusung teknologi DDR3.

C.5 Hard Drive

Jika Anda memiliki dana berlebih disarankan Anda menggunakan 2 tipe hard drive sekaligus yaitu SSD (Solid State Drive) dan Hard Disk Drive (HDD) konvensional. Jadi nantinya SSD digunakan sebagai Boot Drive atau Drive System tempat menyimpan file-file system Mac OS X Anda, sedangkan Hard drive konvensional digunakan untuk menyimpan data-data Anda.

Kenapa Anda disarankan menggunakan SSD untuk file-file system Mac OS X? karena SSD memiliki kecepatan baca yang lebih tinggi dan lebih stabil ketimbang hard disk konvensional, sehingga menjadikannya sebagai boot drive atau drive system akan membuat performa Hacintosh Anda menjadi maksimal. Untuk tipe SSD yang direkomendasikan adalah Sandisk Extreme atau Samsung SSD.

Namun penggunaan SSD ini tidak diwajibkan kok, Anda tetap bisa menggunakan Hard Disk Drive (HDD) konvensional untuk Hackintosh. Dan jika Anda menggunakan Hard Disk Drive (HDD) konvensional untuk boot drive sebaiknya gunakan Hard Disk Drive (HDD) yang memiliki kapasitas dibawah 1 Terabyte. Sedangkan Hard Disk Drive (HDD) untuk menyimpan data bebas mau berapa terabyte juga..

Untuk merk hard disk konvensional, Anda bebas memilih merk apa saja yang sesuai dengan budget dan keinginan Anda. Mau Seagate atau Western Digital terserah Anda...

Hard Disk Drive (HDD) Konvensional
Hard Disk Drive (HDD) Konvensional



Solid State Drive
Solid State Drive

Berikut ini merupakan contoh Hard drive yang dapat berjalan dengan optimal pada Hackintosh tanpa masalah :

  • SATA 6Gb/s 500GB, 1TB HDD (Western Digital / Seagate)
  • SSD SanDisk SATA 6Gb/s 120GB, 240GB, 480GB
  • SSD Samsung 840 EVO 6Gb/s SATA 120GB, 250GB, 500GB, 750GB, 1TB
  • SSD Samsung 840 PRO 6Gb/s SATA 128GB, 256GB, 512GB
  • SSD Mushkin mSATA 6Gb/s 120GB, 240GB.
  • Dlsb


C.6 Wifi Dan Bluetooth

Wifi dan bluetooth berfungsi untuk melakukan koneksi nirkabel pada komputer Anda. Sayangnya tidak sembarangan Wifi dan Bluetooth adapter yang di support oleh Mac OS X. Hanya beberapa Wifi dan Bluetooth Adapter yang benar-benar bekerja dengan sempurna pada Hackintosh.

Untuk itu jika Anda ingin menggunakan Wifi ataupun bluetooth maka Anda harus menggali info lebih dalam tentang merk Wifi dan bluetooh adapter yang akan Anda gunakan. Entah itu yang berbentuk card ataupun USB. Berikut ini beberapa daftar Wifi dan Bluetooth yang disupport oleh Hackintosh (per Januari 2014).

Bluetooth :

  • IOGear Bluetooth 4.0 Adapter GBU521 (USB)
  • IOGear Bluetooth 2.1 Adapter GBU421 (USB)
  • Targus ACB10US (USB)
  • D-Link DBT-120 (USB)
  • Jabra A320S (USB)


Wifi :

MODEL PCI CARD

MODEL USB

DLINK DWA-556

Rosewill RNX-N180UBE

ASUS WL-138g V2

BELKIN F5D8053 N (v6)

TP-LINK TL-WDN4800

D-Link DWA-131

Rosewill N900PCE

ASUS USB-N13 (A1)

 

TRENDnet TEW-648UB

 

EDUP EP-N8508


Wifi Model USB D-Link DWA-131
Wifi Model USB D-Link DWA-131 


Wifi Model PCI Card DLINK DWA-556
Wifi Model PCI Card DLINK DWA-556


C.7 Power Supply dan Casing

Untuk Power Supply dan Casing tidak ada kriteria khusus bagi Hackintosh, silahkan Anda memilih Casing yang keren, unik, unyu yang sesuai dengan selera dan budget Anda. Biasanya ketika Anda membeli casing maka didalamnya sudah termasuk power supply. Tapi biasanya power supply bawaan casing kurang bagus (biasanya pada casing-casing dengan harga terjangkau). Power supply dengan kualitas buruk dapat merusak hardware-hardware komputer Anda.

Direkomendasikan Anda menggunakan power supply dengan daya minimal 500 Watt, berikut beberapa merk dan seri Power Supply yang direkomendasikan untuk Anda :

  • Corsair 500 Watt Modular
  • Corsair 600 Watt Modular
  • Corsair 650 Watt Modular
  • Corsair 750 Watt Modular


C.8 Komponen Lainnya

Untuk komponen lainnya seperti Keyboard, Mouse, Monitor, DVD ROM, Blueray ROM, dlsb praktis tidak ada kriteria khusus. Anda bebas memilih merk, seri, bentuk, model apa saja yang Anda inginkan dan sesuai dengan budget Anda.

BERSAMBUNG KE : TUTORIAL HACKINTOSH (5) - Mana Yang Paling Cocok Untuk Hackintosh? PC Branded, Laptop, Atau Merakit Komputer ?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar