Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (6) - Teknik-Teknik Instalasi Hackintosh Dan Cara Mendapatkan Hackintosh

ilustrasi download

Pada tutorial sebelumnya Anda telah menentukan mana yang paling cocok untuk hackintosh Anda apakah PC, Laptop, atau Notebook, Nah pada bab ini kita akan membahas pra instalasi Hackintosh, mulai dari bagaimana mendapatkan MacOS untuk Hackintosh, berbagai macam teknik instalasi Mac OS, persiapan apa saja yang musti anda lakukan sebelum memulai proses instalasi, dan bagaimana cara mendapatkan Mac OS untuk Hackintosh dlsb.

A. Teknik Instalasi

Ada puluhan tutorial cara instalasi Hackintosh yang tersebar diinternet, dan repotnya dari puluhan tutorial tersebut memiliki cara yang berbeda-beda sehingga bagi kita yang masih awam jadi bingung deh mau ngikuti yang mana.

Namun secara garis besar, teknik instalasi Hackintosh dapat di bagi kedalam dua kelompok utama yaitu Instalasi via Retail dan Instalasi Via Distro.

A.1 Instalasi Via Retail

Yang dimaksud dengan instalasi via retail adalah Anda melakukan instalasi Hackintosh menggunakan DVD instalasi yang dijual secara retail oleh reseller atau distributor resmi Apple. Atau khusus untuk Mavericks yang tidak dijual versi fisiknya maka Anda melakukan instalasi Hackintosh menggunakan file instalasi Mavericks yang Anda download langsung dari Mac App Store.

Teknik instalasi seperti ini bisa dikatakan sebagai teknik instalasi manual karena Anda harus memodifikasi instalasi aslinya agar dapat digunakan pada komputer standard non Apple. Anda harus memasukan boot loader, menginstall patch, memasukan modifikasi kernel, menginstall kexts dan berbagai macam modifikasi lainnya agar Mac OS X tersebut mau booting pada komputer Anda.

Cara ini tidak direkomendasikan bagi kita-kita yang masih pemula dan baru belajar Hackintosh, apalagi yang baru pertama kali mengenal Hackintosh. Karena selain rumit dan membutuhkan pengetahuan yang cukup tentang Hackintosh, instalasi via retail pada versi Mavericks harus memiliki komputer Mac atau Hackintosh yang sudah jadi untuk melakukan modifikasi instalasi Mavericks OSX.

Salah satu cara instalasi via retail yang paling populer dan paling mudah untuk dilakukan adalah menggunakan tool Unibeast.

Tool Unibeast akan membantu Anda untuk mengconvert file instalasi Mac OS X yang Anda download dari Mac App Store kedalam bootable UFD atau DVD, memasukan kexts, boot loader, DSDT dlsb dengan mudah sehingga Anda bisa melakukan instalasi Mac OS X pada komputer non Apple.

Kelebihan dari teknik instalasi via retail adalah Anda akan mendapatkan Mac OS X yang lebih “bersih”, karena kita menggunakan file instalasi Mac OS X asli yang kita unduh dari server Apple sehingga file instalasi Mac OS X yang Anda dapatkan belum di modifikasi sama sekali.

Hal ini berbeda dengan teknik instalasi dengan distro, dimana file instalasi Mac OS X sudah di modifikasi dan ditambahkan aplikasi-aplikasi sedemikian rupa untuk memudahkan Anda menginstall Hackintosh. Namun sayangnya Instalasi Hackintosh dengan tool Unibeast ini hanya bisa digunakan untuk komputer yang menggunakan prosesor dari Intel. Anda juga musti memiliki akses ke komputer Mac atau Hackintosh yang sudah jadi untuk dapat menggunakan Unibeast karena Unibeast adalah tools yang berjalan di sistem operasi Mac OS X.

A.2 Instalasi Via Distro

Pada dasarnya Mac OS X itu nggak bisa di install pada komputer standar non Apple. Pada tahap awal perkembangan Hackintosh, hanya orang-orang yang memiliki pengetahuan komputer yang mumpuni-lah yang bisa menginstall Mac OS X pada komputer standar non Apple, sedangkan pengguna komputer awam seperti kita-kita ini hanya bisa gigit jari sambil ngeces.

Nah karena kasian ngeliat kita yang awam ini cuma bisa gigit jari sambil ngeces maka para hacker kemudian berlomba-lomba memodifikasi file instalasi Mac OS X agar dapat di install pada komputer non Apple dengan lebih mudah. Sehingga kita-kita yang awam komputer-pun bisa ikutan untuk menginstall Hackintosh sendiri.

Beberapa komunitas Hackintosh yang terkenal seperti Niresh, Oralira, Vanilla, iAtkos, Hazard dlsb kemudian mendistribusikan Mac OS X hasil modifikasi mereka di internet. Jadi jika Anda menemukan Niresh Mavericks OS X itu artinya file instalasi Mavericks OS X sudah dimodifikasi oleh Niresh sehingga bisa juga disebut dengan istilah Distro (DISTRibutiOn) Niresh, begitu pula jika Anda menemukan Mavericks OS X Oralira, itu artinya Mavericks OS X yang sudah di modifikasi dan didistribusikan oleh Oralira.

Cara instalasi dari masing-masing distro tersebut juga berbeda, karena cara mereka melakukan modifikasi juga berbeda. Dari segi boot loader yang digunakan saja masing-masing distro sangat bervariasi, ada yang menggunakan boot loader Clover, ada yang menggunakan Chameleon, ada yang menggunakan Hackbot, Darwin dlsb. Maka dari itu Anda musti membaca petunjuk cara instalasi yang diberikan oleh masing-masing distro.

Walaupun demikian, menggunakan Distro OS X yang sudah jadi jauh lebih mudah ketimbang Anda membuat Instalasi Hackintosh Anda sendiri. Yah, walaupun hingga sekarang menginstall Hackintosh belum bisa dikatakan mudah untuk pengguna awam, namun atas jasa para hacker ini lah proses instalasi Hackintosh jadi jauh lebih mudah dari sebelumnya.

A.3 Retail Vs Distro

Nah sekarang pertanyaannya teknik mana yang harus Anda gunakan..?? retail atau distro..? Jadi begini, menginstall Hackintosh sama seperti memasak rendang, bagi Anda yang belum pernah memasak rendang apalagi yang nggak bisa masak sama sekali maka menggunakan bumbu instant rendang siap pakai adalah pilihan yang terbaik dan sangat minim resiko dari pada rendang yang Anda masak malah gosong dan pait, ya kan..?

Tapi bagi Anda yang sudah pernah memasak rendang, memiliki resep, serta memiliki kemampuan memasak yang mumpuni maka meracik bumbu-bumbu secara manual adalah pilihan yang terbaik sehingga rendang yang Anda masak memiliki cita rasa yang khas dan sesuai dengan selera Anda.

Begitu juga dengan Hackintosh, untuk Anda yang sudah terbiasa dan sudah mengenal dasar-dasar Hackintosh maka menggunakan versi retail adalah pilihan yang tepat karena Anda bisa meracik Hackintosh Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan komputer Anda. Walaupun tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan versi Distro.

Tapi bagi Anda yang masih baru dalam dunia Hackintosh maka instalasi menggunakan versi Distro adalah pilihan yang terbaik, karena mudah untuk digunakan dan kemungkinan berhasilnya lebih besar. Baru nanti jika Anda sudah memiliki pengalaman dan dasar-dasar Hackintosh Anda bisa mencoba menginstall Hackintosh versi retail.


B. Buku Ini Menggunakan Teknik Yang Mana ?

Buku ini ditujukan untuk para pemula yang baru mengenal dunia Hackintosh. Jadi teknik yang cocok untuk digunakan adalah teknik instalasi menggunakan distro karena jauh lebih mudah. Jika Anda sudah berhasil menginstall Hackintosh menggunakan distro maka saya yakin sedikit banyak Anda akan paham tentang prinsip-prinsip dasar Hackintosh. Dengan demikian diharapkan dikemudian hari Anda dapat menggunakan teknik instalasi retail karena Anda sudah punya modal dasar.

Menginstall Hackintosh menggunakan Distro jauh lebih mudah dan kemungkinan suksesnya besar jika dibandingkan dengan membuat instalasi sendiri, namun distro mana yang akan digunakan pada buku ini..??

Diantara distro-distro yang berserakan di dunia maya dan pernah saya coba, saya menjatuhkan pilihan pada Distro Niresh. Kenapa saya pilih Niresh..? karena distro ini support untuk komputer dengan prosesor Intel ataupun AMD. Jadi bagi Anda yang menggunakan prosesor AMD pada komputernya dapat menggunakan distro ini dengan mudah. Distro Niresh juga memiliki kemudahan dalam proses pasca instalasi, driver-driver atau kext, patch serta tools untuk hardware Anda juga sudah disediakan, jadi bisa langsung install saja.

Mengingat dan menimbang berbagai alasan dan kemudahan diatas, dengan ini saya putuskan distro yang akan digunakan pada buku ini adalah Distro Niresh. Tok..Tok..Tok..!


C. Cara Mendapatkan Mac OS X

Kenapa saya merasa perlu untuk membahas bagaimana cara mendapatkan Mac OS X..?? Karena mendapatkan Mac OS X tidak semudah mendapatkan OS Windows bahkan linux. OS X adalah sistem operasi ekslusif yang hanya diperuntukan bagi komputer Mac, jadi distribusinya ya melalui komputer Mac itu sendiri.

Dulu Mac OS X memang pernah di distribusikan menggunakan DVD, tapi versi terakhir Mac OS X yang bisa Anda beli DVD fisiknya adalah Snow Leopard. Hingga buku ini ditulis DVD fisik Snow Leopard OS X masih di jual di App Store.

Sedangkan versi-versi yang lainnya hanya bisa Anda unduh melalui Mac App Store, dengan kata lain Anda harus menggunakan komputer Mac yang asli atau komputer Hackintosh yang sudah jadi untuk mendapatkan versi-versi terbaru dari Mac OS X. Karena sepertinya Apple sudah menutup jalur distribusi melalui DVD, mungkin Apple kapok dan merasa dirugikan dengan maraknya aktivitas Hackintosh yang berkembang sangat pesat. Tapi hey...itu bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan Mac OS X....!!

C.1 Membeli Mac OS X Dari Mac App Store

Cara pertama adalah dengan membeli DVD Instalasi Mac OS X langsung dari App Store. Sayangnya versi yang bisa Anda beli DVD fisiknya adalah maksimal versi OS X Snow Leopard.

Mac OS X Snow Leopard DVD
Mac OS X Snow Leopard DVD

Sedangkan versi-versi Mac OS X yang lebih baru hingga OS X Mavericks hanya bisa Anda beli dan download lewat Mac App Store (tidak dijual versi DVD fisiknya). Dan tentu saja berbelanja lewat Mac App Store harus menggunakan komputer Mac yang sesungguhnya atau komputer Hackintosh yang sudah ready. Dengan kata lain Anda TIDAK bisa mendownload Mac OS X dari Mac App Store dari Microsoft Windows Anda !

DVD OS X Snow Leopard dijual hanya seharga $19.99 atau sekitar 200ribuan rupiah, jauh lebih murah ketimbang OS Windows versi manapun.

C.2 Mendownload Mavericks Dari Mac App Store

Nah untuk versi yang paling baru yaitu OS X Mavericks Anda bisa mendapatkannya secara gratis dari Mac App Store, karena versi OS X Mavericks merupakan update dari versi sebelumnya (Mountain Lion).

Jika Anda atau teman Anda memiliki komputer Mac, Macbook atau Hackintosh yang sudah ready maka Anda bisa mendownload OS X Mavericks dari Mac App Store kemudian membuat DVD/UFD instalasinya menggunakan teknik Unibeast atau teknik instalasi retail lainnya.

C.3 Download Dari Situs Torrent dan File Sharing

Jika Anda nggak punya temen yang punya komputer Mac, macbook atau Hackintosh yang sudah ready maka itu bukan berarti Anda sudah menemui jalan buntu. Karena diluar sana banyak sekali yang mengupload Mac OS X dari berbagai versi terutama versi yang terbaru Mavericks OS X.

Komunitas-komunitas Hackintosh juga nggak mau kalah untuk mendistribusikan Distro Hackintosh kreasi mereka. Termasuk distro Niresh yang akan kita gunakan pada buku ini..

Yang Anda butuhkan adalah internet kecepatan tinggi dan stabil, karena file instalasi Mavericks OS X cukup besar yaitu sekitar 5GB maka saya sarankan Anda mendownloadnya menggunakan Torrent atau direct link yang bisa di-resume. Karena jika koneksi internet Anda terputus ditengah jalan maka Anda bisa melanjutkan proses download tanpa harus mengulangnya dari awal.

Jika Anda tidak memiliki koneksi broadband dirumah maka Anda bisa nebeng di wifi kampus, kantor, sekolah, mall, cafe yang kenceng dan stabil atau bisa juga membeli paket internet dari provider GSM atau CDMA. Usahakan membeli paket yang Volume Based karena jauh lebih cepat dan stabil ketimbang yang “katanya” Unlimited karena jika udah kena FUP maka tamatlah riwayat Anda.... Jika mau murah lagi maka beli paket internet Tengah Malam / Begadang, pilih provider yang di daerah Anda paling kenceng dan stabil.

C.3.1 Download Distro Niresh


UPDATE: 

WEBSITE NIRESH12495.COM SUDAH TUTUP! ANDA TIDAK BISA DOWNLOAD MAC OSX VIA WEBSITENYA LAGI

Anda dapat mengunjungi website resmi komunitas Hackintosh Niresh di www.niresh12495.com untuk dapat mendownload Distro Mavericks OSX bikinan Niresh Anda harus daftar menjadi anggota komunitas dulu dengan mengklik menu Create Account kemudian silahkan daftarkan diri Anda.

Jika Anda memiliki akun Facebook , Google ataupun Twitter maka Anda juga bisa menggunakan akun sosial media tersebut untuk membuat akun Niresh.

Jika Anda sudah mendaftarkan diri, dan sudah login kedalam website Niresh selanjutnya Anda bisa mendownload Distro Niresh Mavericks melalui link www.niresh12495.com/files/file/75-Niresh-Mavericks-for-intel-and-amd/ klik tombol Download dan Anda-pun akan dibawa kehalaman berikutnya.

Klik tombol download
Klik tombol download

Agar Anda dapat membuat Instalasi Hackintosh pada UFD maka Anda harus mendownload Hackintosh yang versi .dmg . DMG merupakan standar format file Disk Image yang biasa digunakan oleh Apple, yah kalo di Windows semacam .ISO gitu deh..

Untuk itu silahkan Anda klik tombol Download pada bagian OSX-Mavericks.dmg . Ingat klik yang .dmg ya, jangan salah klik loh...

Download versi DMG
 Download versi DMG

C.3.2 Download Distro Niresh Via Torrent

Selain menggunakan direct link seperti diatas, Anda juga bisa mendownload Niresh Mavericks via Torrent.

Untuk dapat mendownload Niresh Mavericks via Torrent Anda harus menggunakan software Torrent Client. Torrent Client ini semacam downloader-nya gitu deh, seperti IDM-nya torrent gitu.

Salah satu software torrent yang paling populer dan oke punya adalah μTorrent yang bisa Anda download di www.utorrent.com , sangat ringan, cuma sekitar 1,2 MB. Setelah Anda download langsung install μTorrent pada komputer Anda atau komputer tempat Anda akan mendownload Niresh Mavericks.

Jika sudah, jalankan browser Anda kemudian akses torrentmirror.net/proxy/kickass-torrents. Lalu pilih salah satu link yang ada disana yang ada tulisannya Online-nya. JANGAN klik yang NordVPN itu iklan bro..

link mirror kickass torrent
mirror kicasstorrent

kemudian pada kolom Search ketikan Niresh Mavericks For AMD and Intel kemudian tekan Enter.

Mencari Instalasi Niresh Mavericks OSX
Mencari instalasi Niresh Mavericks OS X

Klik pada hasil pencarian dan Anda akan dibawa kehalaman berikutnya.

Klik pada hasil pencarian
 Klik pada hasil pencarian

Pada halaman berikutnya, klik kanan tombol download kemudian pilih Copy link address (untuk browser chrome) atau Copy link location (untuk browser firefox).

Meng-copy link download
Meng-copy link download

Jika sudah jalankan μTorrent yang tadi sudah Anda install di komputer kemudian tekan tombol CTRL + U keyboard Anda. Akan muncul jendela pop up beserta link download yang tadi sudah Anda copy. Jika link downloadnya nggak nongol pada jendela popup silahkan Anda tekan tombol CTRL + V untuk mempastekan link download yang sudah Anda copy tadi.

Menu popup download from url
Menu popup download from url

Klik tombol OK.

Selanjutnya akan muncul jendela pop up, pada bagian Save in pilih lokasi tempat Anda akan menyimpan Mavericks.dmg Anda. Sebagai contoh saya simpan saja di D:\ (Drive D), Jika Anda ingin memilih lokasi lain Anda bisa mengklik tombol [...], lalu silahkan Anda pilih lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan hasil download Mavericks.dmg.

Pilih lokasi penyimpanan
Pilih lokasi penyimpanan

Pastikan file yang Anda download adalah format .dmg BUKAN .iso

pastikan format file .dmg bukan .iso
pastikan format file .dmg bukan .iso

Jika sudah, klik tombol OK dan tunggu proses download hingga selesai. Lamanya proses download sangat bergantung pada kecepatan internet Anda.

Magnet Link Niresh Mavericks OSX

Atau jika anda merasa kesulitan mencari Niresh Mavericks OSX (Karena juga banyak yang palsu berupa virus) Anda bisa mendownloadnya melalui magnet link berikut. INGAT INSTALL DULU uTORRENT ANDA!

Niresh Mavericks Magnet Link

Tinggal klik aja link diatas, nanti utorrent atau torrent client lain yang anda gunakan akan otomatis kebuka dan proses download bisa Anda lanjutkan.

Keunggulan download via Torrent adalah Anda bisa memberhentikan sementara proses download (pause), dan bisa diresume kapan saja Anda suka. Cukup tekan tombol Pause untuk memberhentikan proses download dan tekan tombol Start untuk menjalankan kembali proses download.

Jika Anda menggunakan koneksi internet yang putus nyambung, Anda nggak perlu khawatir jika koneksi internet terputus ditengah jalan, karena proses download bisa dilanjutkan kapan saja tanpa harus download ulang dari awal. Cukup klik tombol Start untuk melanjutkan proses download yang sempat terputus.

C.3 Beli DVD Hackintosh

Jika Anda nggak punya temen atau nggak punya koneksi internet (sedih banget sih) buat mendownload Mavericks OS X nggak usah galau, karena ada cara terakhir yaitu dengan membeli DVD Hackintosh yang di jual di internet. Silahkan Anda googling sendiri dengan keyword jual dvd Hackintosh atau beli dvd Hackintosh.

Banyak yang jual DVD Hackintosh di forum-forum seperti kaskus.co.id, forum detik, atau situs jual beli online lainnya, hati-hati dan pilih-pilih dalam jual beli online. Usahakan beli dengan sistem COD (Cash on Delivery) atau ketemuan langsung. Saya tidak bisa memberikan rekomendasi apapun karena jujur saya tidak memiliki pengalaman beli DVD Hackintosh online.

BERSAMBUNG KE :  TUTORIAL HACKINTOSH (7) - SETTING BIOS UNTUK HACKINTOSH

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar