Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (14) - Cara Menggunakan Boot Flag Atau Boot Option

ilustrasi bootflag


Nah, setelah Anda mengetahui daftar boot flag baik yang umum maupun yang khusus utuk distro Niresh, sekarang bagaimana caranya menggunakan boot flag-boot flag tersebut..?? dan kapan kita harus menggunakan boot flag-boot flag tersebut..??


A. Cara Menggunakan Boot flag

Oke, pada saat Anda akan menginstall Hackintosh pada komputer real, untuk pertama kali booting jangan gunakan boot flag apapun. Khusus untuk distro Niresh, saat Anda berhadapan dengan boot menu, langsung saja Anda pilih Niresh-Mavericks dan tekan Enter.

Jika ternyata Mac OS X Anda mau booting pada komputer Anda, ya Alhamdulillah..berarti komputer Anda kompatibel dengan Mac OS X tanpa harus menggunakan boot flag apapun dan komputer anda termasuk yang support vanilla kernel (vanilla system compatible). Tapi jika ternyata Mac OS X Anda ngambek nggak mau booting, error atau malah nge-hang nah itu artinya Anda harus siap-siap bermain dengan boot flag!.

SECARA UMUM boot flag pertama yang harus Anda coba adalah -x –v untuk mengaktifkan verbose mode dan safe mode. Jika masih gagal maka anda bisa mencoba USBBusFix=Yes -x –v biasanya boot flag ini dapat menyelesaikan sebagian besar masalah. Baru jika ternyata boot flag tersebut tetap tidak bisa membuat Mac OS X booting maka Anda bisa menembahkan parameter boot flag lain yang sesuai dengan kasus dan kebutuhan komputer Anda.

Tapi untuk KOMPUTER-KOMPUTER yang MEMILIKI BOOT FLAG KHUSUS seperti komputer yang menggunakan prosesor AMD, komputer atau laptop merk HP, komputer yang menggunakan prosesor Intel Atom maka boot flag yang pertama kali yang harus Anda coba adalah boot flag khusus untuk komputer Anda seperti amd –v, amd64 –v, amdfx –v untuk komputer dengan prosesor amd. Lalu hp –v, hp –x –v untuk komputer, notebook atau laptop merk HP dlsb.

Jangan lupa untuk menambahkan boot flag –x bagi Anda yang menggunakan laptop atau notebook.

A.1 Cara memasukan boot flag

Lalu bagimana cara menggunakan/memasukan boot flag..? Jika Anda sudah membaca Teknik Instalasi Komputer Virtual bahasan Pengetesan Komputer Virtual maka Anda sudah punya bocoran tentang bagaimana menggunakan atau memasukan boot flag.

Cara memasukan boot flag mungkin saja bakal bervariasi, tergantung dari jenis distro dan boot loader yang digunakan. Dibawah ini adalah cara memasukan boot flag pada distro Niresh dengan boot loader chameleon.

  1. Jika saat melakukan instalasi Hackintosh komputer Anda hang, kernel panic, tampilan acak adut, loading boot screen Apple terlalu lama, Mac OS X ngambek nggak mau booting dan berbagai macam error lainnya itu artinya Anda harus memasukan parameter boot flag sesuai dengan kasus yang Anda alami.
  2. Untuk itu restart dulu komputer Anda lalu booting kembali melalui UFD instalasi Hackintosh yang telah Anda siapkan.
  3. Hingga sampai pada boot menu Niresh, langsung ketikan parameter boot flag yang sesuai dengan kebutuhan komputer Anda dan kasus error yang Anda alami.
  4. bootflag hackintosh
    Memasukan boot flag

  5. Tekan enter jika sudah.

A.2 Kombinasi Boot flag

Bagaimana jika ternyata kasus yang terjadi pada komputer Anda merupakan kasus kombinasi yang penyelesaiannya membutuhkan gabungan dari beberapa boot flag?.

Misalnya komputer Anda menggunakan prosesor AMD64 sehingga Anda membutuhkan boot flag amd –v , tapi Anda juga mengalami masalah dengan USB sehingga Anda membutuhkan boot flag USBBusFix=yes, selain itu Anda juga menggunakan laptop sehingga harus menggunakan boot flag –x.

Bisakah boot flag-boot flag tersebut di gabung/di kombinasikan..?.

Tentu saja bisa....!! jika Anda perhatikan boot flag khusus untuk Niresh diatas juga merupakan gabungan atau kombinasi dari beberapa boot flag. Misalnya nih boot flag USBBusFix=Yes –x –v merupakan kombinasi dari boot flag USBBusFix=Yes, boot flag –x dan boot flag –v. Atau boot flag ivy –x –v merupakan gabungan dari boot flag ivy , boot flag –x dan boot flag –v.

Nah untuk contoh kasus Laptop dengan prosesor AMD64 dan permasalahan USB diatas maka Anda bisa menggabungkan boot flag-boot flag tersebut menjadi USBBusFix=yes amd –v –x . Untuk masalah urutan tidak menjadi masalah, mau Anda bolak-balik juga oke misalnya jadi amd USBBusFix=yes –v –x atau –v –x USBBusFix=yes amd sama aja. Asal Anda memisahkan boot flag yang satu dengan yang lain dengan spasi.

Bagaimana jika terdapat parameter yang sama antara boot flag yang akan di kombinasikan..?? misalnya Anda ingin mengkombinasikan boot flag USBBusFix=Yes –x –v dengan boot flag ivy –x –v, kedua boot flag diatas sama-sama memiliki boot flag –x –v , haruskan boot flag –x –v ditulis kedua-duanya jadi ivy –x –v USBBusFix=Yes –x –v ...??

Nggak perlu..!! Mubazir itu namanya...Jika ada parameter yang sama diantara boot flag yang akan dikombinasikan maka Anda cukup menggunakan satu aja, sehingga boot flag USBBusFix=Yes –x –v dan ivy –x –v jika dkombinasikan akan menjadi ivy USBBusFix=Yes –x –v . Bukan ivy –x –v USBBusFix=Yes –x –v ya..

Bersambung Ke Tutorial Hackintosh (15) - Instalasi Niresh Hackintosh Single Boot

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar