Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (13) - Daftar Lengkap Bootflag/Boot Option

ilustrasi flag


Setelah Anda mengetahui apa itu boot flag/boot option sekarang saatnya kita mengenal lebih jauh tentang boot flag. Boot flag ini memegang peranan vital dalam kesuksesan instalasi hackintosh Anda. Berikut telah saya rangkum daftar boot flag/boot option yang paling sering digunakan dalam dunia Hackintosh.


A. Daftar Boot Flag / Boot Option

Berikut daftar parameter boot flag / boot option yang bisa Anda coba masukan agar instalasi Mac OS X dapat berjalan pada komputer Anda.

Saya membaginya kedalam 2 daftar. Daftar yang pertama adalah daftar boot flag umum yang paling sering digunakan oleh berbagai macam boot loader seperti Chimera, Clover, Chameleon, Darwin, Hackboot dlsb.

Sedangkan daftar yang kedua adalah daftar boot flag khusus distro Niresh yang saya kelompokan berdasarkan kasus dan kebutuhan komputer Anda. Jika Anda mengalami gagal booting saat akan melakukan instalasi atau setelah melakukan instalasi maka Anda perlu memasukan boot flag-boot flag dibawah ini (pilih berdasarkan kasus/error/masalah komputer Anda).


A.1 Daftar Boot Flag Yang Paling Sering Digunakan

Oke, berikut daftar parameter boot flag yang paling sering digunakan pada saat proses instalasi Hackintosh, walaupun sering digunakan bukan berarti boot flag dibawah ini harus Anda gunakan ya. Boot flag-boot flag dibawah ini digunakan jika Mac OS X Anda nggak bisa booting karena masalah tertentu.

Boot flag dibawah ini adalah boot flag yang lazim digunakan oleh berbagai macam boot loader seperti Chimera, Clover, Chameleon, Darwin, Hackboot dlsb. Boot flag ini umumnya banyak digunakan oleh hacintosher yang melakukan instalasi Hackintosh secara manual via retail.

-v

Parameter –v untuk mengaktifkan mode verbose saat booting. Dengan mode verbose Anda bisa mengetahui error yang terjadi pada komputer Anda. Jadi jika instalasi Hackintosh Anda ngambek nggak mau booting maka Anda bisa merestart komputer Anda lalu gunakan parameter –v untuk booting.

Saat mode verbose aktif maka komputer Anda tidak akan menampilkan boot screen melainkan sekumpulan teks yang berisi informasi tentang status sistem komputer Anda. Nah pada saat komputer Anda ngehang/error/berhenti bekerja maka Anda bisa mencatat pesan error yang muncul pada layar dan mengetahui penyebab terjadinya error. Penyebab error bervariasi mulai dari masalah VGA, USB sampai dengan kernel panic.

-x

Parameter –x akan mengaktifkan safe mode. Safe mode pada Hackintosh akan melakukan booting ke Mac OS X atau Instalasi Mac OS X dengan mengabaikan semua kext dan boot setting kecuali yang benar-benar dibutuhkan saja.

Gunakan parameter ini jika Anda menggunakan Notebook atau laptop, karena biasanya notebook atau laptop nggak full kompatibel dengan Hackintosh.

-F

Parameter yang digunakan untuk mengabaikan boot flag yang pernah Anda input kedalam file org.Chameleon.boot.plist

UseKernelCache=Yes

Boot flag ini biasanya digunakan untuk mengaktifkan fitur kernelCache, dengan mengaktifkan kernelcache maka proses instalasi kext dan DSDT dapat berjalan dengan cepat. Defaultnya kernel cache dalam kondisi non aktif tapi jika Anda menggunakan tool untuk menginstall kext dan dsdt seperti tool Easybeast, UserDSDT, DSDT Free Installation dan Multibeast maka boot flag ini akan di aktifkan secara otomatis.

Bagi Anda pengguna notebook atau laptop, fitur kernel cache umumnya tidak berfungsi dengan baik, untuk menonaktifkannya Anda bisa menggunakan boot flag UseKernelCache=no

PCIRootUID=1/ PCIRootUID=0

Jika Anda menggunakan Graphic Card atau VGA dari AMD/ATI RADEON dan Hackintosh Anda nggak mau booting coba gunakan boot flag PCIRootUID=1 , jika masih gagal coba gunakan boot flag PCIRootUID=0 umumnya boot flag tersebut mampu memaksa Hackintosh untuk melakukan booting.

GraphicsEnabler=No / GrahicsEnabler=Yes

Boot flag ini berfungsi untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur graphics enabler. Dengan fitur graphic enabler maka Mac OS X dapat bekerja lebih optimal terhadap graphic card yang Anda gunakan. Tapi sayangnya tidak semua graphic card support terhadap Mac OS X terutama NVIDIA seri 600 dan 700, jika ternyata graphic card Anda nggak support Anda bisa menonaktifkan fitur graphics enabler dengan boot flag GraphicsEnabler=No

IGPEnabler=Yes / IGPEnabler=No

Boot flag ini memiliki fitur yang sangat mirip dengan GraphicsEnabler dan umumnya digunakan untuk mengaktifkan graphic card berbasis INTEL HD. Boot flag ini berfungsi untuk membuat graphic card agar tetap bekerja meskipun Graphic Enabler sedang dalam kondisi nonaktif.

Jadi, misalnya Graphic Card Anda ternyata tidak support Mac OS X, Anda bisa menonaktifkan fitur graphic enabler tetapi dapat membuat graphic card tetap bekerja dengan memasukan parameter boot flag IGPEnabler=Yes .Untuk menonaktifkan fitur ini Anda bisa menggunakan parameter IGPEnabler=No

npci=0x2000 , npci=0x3000

Jika Hackintosh Anda ngehang saat booting dengan mode verbose dan menampilkan pesan error PCI Configuration Begin.. maka gunakan boot flag npci=0x2000 atau npci=0x3000 untuk mengatasinya.

dart=0

Boot flag ini akan menonaktifkan fitur VT-d pada prosesor Anda. VT-d merupakan teknologi virtualisasi dari prosesor Intel. VT-d merupakan teknologi virtualisasi alternatif dari VT-x. Membiarkan fitur VT-d dalam keadaan aktif terkadang dapat membuat proses instalasi Hackintosh mengalami crash dan error. Untuk itu, jika prosesor Anda memiliki fitur VT-d sebaiknya Anda matikan saja fitur ini dengan menggunakan boot flag dart=0 . Lagipula dalam Mac OS X tidak ada satupun aplikasi yang membutuhkan fitur VT-d. Bahkan Virtualbox yang merupakan aplikasi komputer virtual menggunakan teknologi VT-x BUKAN VT-d.

cpus=1

Boot flag cpus=1 akan membuat Mac OS X booting menggunakan 1 prosesor. Boot flag ini umumnya digunakan pada prosesor AMD. Jika Anda menggunakan prosesor AMD yang memiliki core prosesor lebih dari satu dan Mac OS X ngambek nggak mau booting, coba gunakan boot flag ini untuk menyelesaikan masalah.

busratio=20

Boot flag ini umumnya digunakan jika Anda menginstall Hackintosh pada komputer yang menggunakan prosesor AMD. Angka 20 bisa diganti dengan angka bus ratio model prosesor AMD Anda. Anda bisa mencari nilai bus rasio yang cocok dengan model prosesor AMD Anda di google

arch=i386

Boot flag ini digunakan untuk memaksa Mac OS X agar booting menggunkan mode 32Bit. Terkadang CPU atau graphic card Anda tidak mendukung penuh Mac OS X kecuali Anda melakukan booting Mac OS X kedalam mode 32Bit. Nah, untuk melakukan booting Mac OS X kedalam mode 32Bit Anda bisa menggunakan boot flag ini.

Namun tidak seperti di Sistem Operasi Windows, Booting Mac OS X kedalam mode 32Bit tidak akan membatasi kapastias RAM Anda menjadi maksimal 4GB, Anda bisa menggunakan RAM lebih dari itu dan Anda juga tetap bisa menjalankan aplikasi 64Bit.

arch=x86_64

Boot flag ini akan membuat Mac OS X agar booting menggunakan mode 64Bit. Memang mulai Mac OS X Snow Leopard hingga ke versi yang tebaru Mac OS X secara default booting menggunakan mode 64Bit.

Jadi boot flag diatas umumnya digunakan bagi hackintoser yang menggunakan prosesor AMD. Dimana pada prosesor AMD memilih mode 32Bit atau 64Bit menjadi sangat penting untuk kesuksesan Hackintosh Anda.

-legacy

Boot flag ini fungsinya mirip dengan boot flag arch=i386 yaitu memaksa Mac OS X untuk booting menggunakan mode 32Bit, meskipun versi Mac OS X yang sedang Anda gunakan adalah versi 64Bit.

-force64

Boot flag ini fungsinya mirip dengan boot flag arch=x86_64 yaitu memaksa Mac OS X untuk melakukan booting menggunakan mode 64Bit pada prosesor AMD64.

-nossse3bit

Boot flag yang digunakan untuk prosesor AMD model lawas seperti seri Athlon dan Phenom. Jika Anda menggunakan prosesor AMD model lawas, dan Hackintosh nggak mau booting maka Anda bisa mencoba menggunakan boot flag ini.

mach_kernel

Terkadang Mac OS X kebingungan mencari letak kernel yang akan dimuat, umumnya kasus ini terjadi karena Anda memindahkan letak kernel, mengubah nama kernel atau terdapat kernel lain dalam Hackintosh.

Jika terdapat kernel lain pada Hackintosh maka Anda bisa menggunakan boot flag ini untuk memberi tahu si Hackintosh kernel mana yang seharusnya mereka muat pada saat booting.

Jika pada saat booting Mac OS X menggunakan mode Verbose dan Anda menemukan pesan error can't find mach_kernel maka Anda bisa menggunakan boot flag mach_kernel untuk memberi tahu si Hackintosh dimana letak kernel yang harus di muat. Misalkan kernel yang harus di muat terletak pada direktori /Extra maka boot flag yang harus Anda ketikan adalah /Extra/mach_kernel.

Tapi jika Anda mengubah nama kernel-nya menjadi ericakep maka boot flag yang harus Anda ketikan adalah ericakep bukan mach_kernel . Bootflag mach_kernel ini umumnya digunakan oleh hackintosher yang menggunakan metode retail.

Nah, itu tadi daftar boot flag yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh berbagai boot loader. Boot flag diatas umumnya digunakan jika Anda membangun Hackintosh Anda sendiri secara manual menggunakan retail atau instalasi murni dari Apple. TAPI boot flag diatas juga berguna jika instalasi distro Niresh Anda mengalami masalah.


A.2 Daftar Boot Flag Khusus Distro Niresh Berdasarkan Kasus Dan Kebutuhan.

Jika Anda menggunakan Distro Niresh Mavericks OS X daftar boot flag dibawah ini harus Anda perhatikan dengan baik, jika ingin proses instalasi Hackintosh menggunakan distro Niresh berjalan dengan lancar.

Boot flag yang ada dibawah ini hanya berlaku untuk distro Niresh saja ya, yaitu distro yang dibahas pada buku ini. Jika Anda menggunakan distro lain silahkan Anda pelajari dari forum Hackintosh yang bersangkutan.

Meskipun si Niresh sudah melakukan hacking dan modifikasi sedemikian rupa pada Mac OS X agar mudah untuk diinstall pada komputer standar non Apple namun tetap saja terkadang Mac OS X dari distro Niresh masih ngambek dan nggak mau booting pada komputer Anda. Penyebabnya sama, karena beda spesifikasi komputer beda pula cara memaksa Mac OS X agar mau booting.

Beda spesifikasi komputer beda pula kernel yang harus digunakan. Kernel yang dapat bekerja pada prosesor Intel Haswell belum tentu dapat berjalan pada prosesor Intel Atom. Begitu pula kernel untuk prosesor Intel Atom belum tentu bisa digunakan untuk prosesor AMD. Kalau begitu apa yang harus di lakukan...??? yah mencari kernel yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda.

Untungnya, Niresh sudah menyediakan berbagai macam kernel. Mulai kernel khusus untuk prosesor Intel, AMD, AMD64, Intel Atom, Intel Ivy Bridge, Intel Haswell, sampai dengan Komputer HP. Jadi jika Mac OS X Anda nggak mau booting mungkin salah satu penyebabnya adalah kernel yang digunakan tidak cocok untuk hardware Anda. Untuk menggunakan kernel yang sesuai Anda harus memasukan boot flag yang sesuai dengan hardware komputer Anda.

Misalnya, bagi Anda pengguna prosesor AMD maka Niresh sudah menyediakan kernel khusus untuk prosesor AMD, kernel ini bisa dipanggil menggunakan boot flag amd, amd64 atau amdfx. Begitu juga bagi Anda pengguna prosesor Intel Atom, Niresh juga sudah menyediakan kernel khusus untuk Intel Atom yang bisa dipanggil menggunakan boot flag atom.

Bagi Anda pengguna komputer merk HP (baik itu notebook ataupun PC) Anda bisa menggunakan kernel khusus HP dengan menggunakan boot flag hp. Kernel-kernel ini sudah disediakan oleh Niresh sehingga Anda nggak perlu mencari dan menginstall kernel secara manual pada instalasi Hackintosh Anda. Itu makanya instalasi menggunakan Distro ini sangat memudahkan bagi pemula

Nah, jika ternyata Mavericks OSX distro Niresh Anda ngambek nggak mau booting pada komputer Anda maka Anda bisa menggunakan daftar boot flag yang ada dibawah ini, pilih boot flag yang sesuai dengan kasus dan kebutuhan komputer Anda ya...

A.2.1 USB Tidak Berfungsi / Tidak Terdeteksi

Ini bahaya besar, karena media instalasi yang kita gunakan menggunakan port USB, selain itu Mouse yang kita gunakan juga menggunakan port USB. Pengguna Laptop mungkin bisa menggunakan touchpad/trackpad (walaupun kadang nggak terdeteksi pada saat instalasi Hackintosh) tapi gimana dengan pengguna PC, kalau mouse nggak bekerja mau ngendaliin kursor pakai apa..?? telepati..?? terus kalau media instalasinya juga nggak terdeteksi gimana kita bisa install Hackintosh..???

Untuk menyelesaikan masalah ini Anda bisa menggunakan boot flag USBBusFix=Yes -x –v .Untuk itu jika Niresh Mavericks Anda ngadat nggak mau booting, secara umum boot flag inilah yang pertama Anda coba saat Mac OSX gagal booting.

A.2.2 Boot flag Wajib Pengguna Prosesor AMD

Bagi Anda pengguna prosesor AMD boot flag dibawah ini wajib untuk Anda gunakan, kalau nggak dijamin sampai ubanan pun Niresh Mavericks OS X Anda nggak akan mau booting. Ingat boot flag ini khusus untuk Anda yang menggunakan prosesor AMD!

amd –v

gunakan boot flag ini jika komputer Anda menggunakan prosesor AMD dan ingin booting kedalam Mac OS X menggunakan mode 32 bit. Dengan parameter –v berarti Anda juga mengaktifkan verbose mode agar Anda bisa mengetahui penyebab error jika Mac OS X Anda gagal booting lagi.

amd –x –v

gunakan boot flag ini untuk laptop atau notebook yang menggunakan prosesor AMD dan Anda ingin booting kedalam Mac OS X mode 32bit

amd64 –v

gunakan boot flag ini jika komputer Anda menggunakan prosesor AMD 64 Bit seperti seri AMD Opteron, Athlon 64, Athlon 64 X2, Athlon II, Turion 64, Turion 64 X2, Sempron, Phenom, Phenom II, Fusion dlsb. Boot flag ini juga akan membuat Mac OS X booting menggunakan mode 64Bit dan mode verbose aktif.

amd64 –x –v

gunakan boot flag ini untuk notebook atau laptop yang menggunakan proseor AMD64 Bit

amdfx –v

Boot flag ini khusus untuk Anda pengguna prosesor AMD seri FX seperti AMD Athlon FX, AMD FX-4100, FX-4300, FX-6300, FX-8300 dlsb. Boot flag ini juga menggunakan mode verbose.

amdfx –x –v

gunakan boot flag ini khusus untuk Anda pengguna notebook atau laptop dengan prosesor AMD seri FX.

A.2.3 Boot flag Wajib Bagi Pengguna Prosesor Intel ATOM

Bagi Anda yang menggunakan prosesor Intel Atom (biasanya pengguna netbook nih) Anda harus menggunakan boot flag dibawah ini, kalau nggak, sampai jamuran pun Hackintosh Anda nggak akan mau booting.

atom –v

boot flag khusus untuk pengguna komputer dengan prosesor Intel Atom dan variannya. Parameter –v untuk mengaktifkan verbose mode.

atom –x –v

Jika boot flag atom –v gagal, dan Mac OS X masih nggak mau booting, maka gunakan boot flag ini. Tambahan parameter –x untuk mengaktifkan safe mode.

A.2.4 Boot flag Untuk Pengguna Komputer Merk HP

Bagi Anda pengguna komputer merk HP (Hewlett-Packard) baik itu PC, Notebook, Netbook, Laptop dlsb. Jika Anda mengalami gagal booting maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan boot flag khusus komputer merk HP dibawah ini :

hp –v

Gunakan boot flag diatas bagi Anda pengguna PC, Notebook dan Laptop merk HP. Parameter –v untuk mengaktifkan Verbose mode.

hp –x –v

Khusus bagi Anda pengguna Notebook atau Laptop merk HP, jika boot flag hp –v gagal, dan Mac OS X Anda masih tetap nggak mau booting, silahkan Anda gunakan boot flag hp –x –v . Tambahan parameter –x akan mengaktifkan safe mode.

A.2.5 Khusus Bagi Anda Pengguna Laptop/Notebook

Bagi Anda pengguna Laptop atau Notebook merk lainnya, jika Mac OS X Anda gagal booting coba Anda restart komputer Anda lalu gunakan boot flag –x untuk mengaktifkan safe mode.

A.2.6 Boot flag Untuk pengguna Intel Ivy Bridge

Bagi Anda yang menggunakan prosesor Intel dengan nama kode (code name) Ivy Bridge dan mengalami kegagalan dalam cinta eh..? maksudnya kegagalan dalam proses booting maka Anda bisa mencoba menggunakan boot flag

ivy –v

untuk pengguna komputer, notebook atau laptop dengan mode verbose aktif

ivy –x –v

khusus untuk pengguna notebook atau laptop jika boot flag ivy -v masih gagal Anda dapat mencoba boot flag ivy –x –v

Untuk mengetahui apakah seri prosesor Anda termasuk dalam keluarga Ivy Bridge Anda bisa menggunakan tool speccy seperti yang telah kita bahas pada Mengetahui Detail Spesifikasi Komputer Anda

Anda tidak perlu menggunakan boot flag diatas jika ternyata Mac OS X Anda berhasil booting pada komputer Anda.

A.2.7 Fitur Instant Reboot (khusus Intel Haswell)

Bagi Anda pengguna Intel Hasswell dan ingin menggunakan fitur instant reboot Anda dapat menggunakan boot flag xpcm-free –v . Dengan instant reboot proses restart atau reboot komputer Anda jadi lebih cepat.

Namun fitur ini khusus untuk Anda pengguna Intel dengan nama kode (code name) Haswell. Untuk mengetahui apakah seri prosesor Anda termasuk kedalam keluarga Intel Haswell maka anda bisa menggunakan tool speccy seperti yang pernah kita bahas pada bahasan Mengetahui Detail Spesifikasi Komputer Anda

Anda tidak perlu menggunakan boot flag diatas jika ternyata Mac OS X Anda berhasil booting pada komputer Anda

A.2.8 Tampilan Instalasi Kacau

Mac OS X mau booting tapi kok tampilannya kacau, acak adut, nggak berbentuk, bentuknya cuma warna-warni aneh, nah itu artinya graphic card Anda nggak cocok sama kexts yang ada di Niresh Mavericks solusinya adalah restart/reset komputer Anda lalu booting menggunakan boot flag –x

A.2.9 still waiting for root device...

Jika pada saat booting menggunakan verbose mode terdapat pesan error still waiting for root device dan Anda terjebak disana, komputer Anda ngehang nggak gerak-gerak lagi maka restart komputer Anda dan booting menggunakan boot flag USBBusFix=Yes.

Bersambung Ke Tutorial Hackintosh (14) - Panduan Menggunakan Boot Flag

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar