Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (19) - Hal-Hal Yang Harus Anda Lakukan Pasca Instalasi Hackintosh

ilustrasi to do

Dengan menggunakan Distro Niresh maka sebagian besar fungsi komputer Anda sudah bekerja. Komputer Anda bisa di restart, shutdown, login, logout. Komputer Anda sudah ada suaranya, koneksi ethernet Anda sudah langsung bisa dipakai, dan malah sebagian dari Anda mungkin sudah mendapatkan graphic card yang bekerja secara sempurna.

Kemudahan ini tidak akan Anda dapatkan jika Anda menginstall Hackintosh menggunakan retail version, karena Anda harus mencari dan menginstall patch serta kexts secara manual. Setelah instalasi komputer Anda belum tentu mau di restart karena Anda harus menggunakan kexts khusus agar komputer Anda mau di restart.

Tapi walaupun demikian Distro Niresh nggak lah sempurna, mesti ada aja komponen hardware Anda yang tidak bekerja dengan semestinya seperti Wifi atau bluetooth yang tidak bekerja, kexts graphic card yang ternyata tidak cocok dengan graphic card Anda, kecerahan layar monitor tidak bisa diatur dlsb.

Nah, untuk masalah-masalah yang tersisa ini maka Anda harus menyelesaikannya secara manual. Anda harus mencari, mendownload dan menginstall kexts atau patch agar hardware-hardware pada komputer Anda dapat bekerja sepenuhnya.

Kabar buruk untuk Anda bahwa tahapan ini merupakan tahapan yang paling sulit dari proses Hackintosh. Kenapa..?? karena ketersediaan kexts sangat terbatas dibandingkan dengan banyaknya varian hardware yang bertebaran dimuka bumi ini.

Agar komputer Hackintosh Anda dapat bekerja secara penuh serta mendekati performa aslinya maka Anda harus berdoa bahwa diluar sana tersedia kexts atau patch yang memang diperuntukan bagi hardware komputer Anda.

Bagi Anda yang membeli PC baru dan mengikuti panduan Persiapan Hardware yang ada di BAB 3 serta mengikuti perkembangan hardware terbaru yang support Hackintosh maka Anda tidak perlu khawatir karena kemungkinan besar PC Hackintosh Anda bakal berjalan mulus mendekati performa aslinya.

Tapi bagi Anda yang sudah punya PC atau Laptop lawas, dan ingin menginstall Hackintosh maka disinilah perjuangan dan kesabaran Anda akan diuji...karena belum tentu PC atau laptop Anda terdapat kexts atau patch-nya. Jika sudah demikian maka Anda harus berpuas diri dengan Hackintosh Anda yang ada saat ini.

Secara ringkas hal-hal yang perlu anda lakukan setelah proses instalasi hackintosh selesai adalah :

  1. Kenali spesifikasi komputer Anda
  2. Catat hardware yang tidak bekerja
  3. Cari dan download Kext
  4. Instalasi Kext

8.1. Kenali Spesifikasi Komputer Anda

Nah, Sebelum Anda mencari kexts dan patch yang dibutuhkan oleh komputer Anda maka Anda harus mengetahui dulu dong spesifikasi hardware-hardware penyusun komputer Anda seperti apa..? logikanya, gimana Anda bisa mencari kexts dan patch yang tepat jika Anda sendiri nggak tau spesifikasi hardware penyusun komputer Anda..

Nah, jika Anda membaca buku ini secara berurut maka Anda sekarang sudah mempunyai catatan atau file yang berisi tentang informasi spesifikasi komputer Anda. Karena kita sudah membahasnya pada bahasan Mengetahui Detail Spesifikasi Komputer Anda.


8.2 Catat Hardware Apa Yang Tidak Bekerja..??

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, meskipun distro Niresh dibekali oleh banyak sekali kexts namun itu tidak menjamin seluruh hardware Anda bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan banyaknya variasi hardware yang ada di dunia ini sehingga tidak bisa ditangani sepenuhnya oleh Niresh.

Nah, tugas Anda selanjutnya adalah mempelajari Hackintosh yang baru saja Anda install, buat sebuah catatan hardware-hardware apa saja yang nggak bekerja dengan baik. Misalnya nggak muncul suaranya, wifi nggak bisa digunakan, bluetooth macet, ethernet nggak nyambung, graphic card nggak support, nggak bisa direstart dlsb. Hardware-hardware yang nggak bekerja ini nanti akan kita cari dan install kexts-nya secara manual.

Bagi Anda yang tadi saat proses instalasi mengalami graphic error dan Anda sudah menjalankan Troubleshot 9.3.3 Tampilan kacau/Graphic Error maka Anda harus memasukan Graphic Card kedalam daftar hardware yang tidak bekerja. Karena kexts yang Anda gunakan sekarang adalah kexts vesa graphics. Dimana kexts ini tidak akan mengeluarkan kemampuan penuh dari graphic card yang Anda miliki.

Nah, pada kasus salah satu laptop yang saya install Hackintosh ternyata cukup banyak yang belum bekerja secara optimal diantaranya :

  • Graphic Card masih menggunakan kexts vesa graphics karena saat instalasi mengalami graphic error.
  • Wifi tidak bekerja
  • Tidak bisa mengatur brighness atau kecerahan layar.
  • Sound belum kedengaran
  • Mouse terlalu berat

8.3 Cari dan Download Kexts

Setelah Anda mencatat hardware–hardware apa saja yang tidak dapat bekerja dengan baik atau malah nggak berfungsi sama sekali, langkah selanjutnya adalah mencari dan mendownload kexts-kexts untuk hardware-hardware Anda tersebut.

Agar mendapatkan kexts yang tepat untuk hardware Anda maka Anda harus mengetahui merk dan seri dari hardware Anda tersebut. Masalah ini sudah pernah kita bahas pada Mengetahui Detail Spesifikasi Komputer Anda.

Okeh, untuk kasus komputer saya maka kexts yang harus dicari adalah :

  • Kexts untuk graphic card Intel HD Arrandale (1st Generation)
  • Kexts untuk wifi Qualcomm Atheros AR9285

8.3.1 Dimana Tempat Mencari Kexts..?

Sekarang pertanyaannya dimana kita bisa mendapatkan Kexts..? berikut daftar website yang menyediakan berbagai macam kexts. Pilihlah kexts yang sesuai dengan spesifikasi hardware dan versi OSX yang Anda gunakan.

osx86.net

Disini Anda bisa mendownload berbagai macam kexts dari berbagai macam jenis hardware. Anda tinggal mencari kexts yang cocok untuk hardware Anda dengan mengklik kategori-kategori yang ada disana. Anda juga bisa memanfaatkan kolom search untuk mempermudah pencarian.

insanelymac.com

Disini juga Anda bisa mencari dan mendapatkan kexts untuk hardware Anda. Mulai dari kexts untuk Graphic card, Jaringan, Audio dlsb.

olarila.com

Disini juga tersedia banyak sekali kexts dari berbagai macam hardware yang mungkin saja cocok untuk hardware Anda. Kexts-kexts yang ada disini dibagi kedalam berbagai kategori (audio, video, network, chipset, others). Silahkan Anda melakukan pencarian berdasarkan kategori hardware dan versi OSX Anda.

niresh12495.com

Karena kita menggunakan Distro Niresh maka nggak ada salahnya kita juga mencari kexts di website resminya. Kext-kext yang ada disana juga dikelompokan berdasarkan kategorinya masing-masing.

Google.com

Yup! Anda tentu nggak boleh melupakan situs sejuta umat ini, Anda bisa mencari kexts yang tepat untuk hardware Anda menggunakan bantuan mesin pencari seperti Google. Kata kunci atau keyword yang harus Anda ketikan adalah :

Seri hardware Anda kexts download

Misalnya nih, Anda ingin mencari kexts untuk wifi adapter Qualcomm Atheros AR9285 maka Anda boleh menggunakan keyword :

Qualcomm Atheros AR9285 kext download


8.4 Instalasi Kext

Karena proses instalasi kext cukup panjang dan menyita waktu maka pembahasan tentang cara instalasi kext akan dibahas dalam artikel tersediri berdasarkan hardware terkait :


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar