Post Top Info

Post Top Info

linuxubuntu

Perintah-Perintah Dasar Ubuntu Bagian 2 - Navigasi Direktori

ilustrasi source:piqsels.com

Melanjutkan pembahasan kita tempo hari dimana kita baru berkenalan dengan terminal ubuntu, nah, sekarang kita akan mulai masuk ke command yang sesungguhnya. Command atau perintah dasar yang akan kita pelajari kali ini adalah perintah dasar untuk melakukan navigasi direktori seperti perintah untuk melihat daftar file, melakukan perpindahan direktori, serta copy file.


File dan Direktori

Berikut ini adalah perintah dasar untuk melakukan navigasi dan management file serta  direktori melalui command line interface. Setelah membaca bagian ini, diharapkan Anda bisa melakukan operasi copy, paste, pindah direktori, melihat isi direktori, menghapus file dan lain sebagainya menggunakan baris perintah khususnya melalui terminal.


1. cd ( pindah direktori)

Seperti yang telah sedikit kita bahas sebelumnya saat Anda membuka aplikasi terminal, secara otomatis Anda akan dibawa ke direktori /home/<username Anda> (~). Direktory ini bukanlah harga mati, karena Anda masih bisa berpindah ke direktori lainnya. Untuk melakukan perpindahan direktori (seperti yang saya lakukan pada 2 teka-teki untuk Anda diatas) gunakan perintah

cd (direktori yang Anda inginkan)

Misalkan dari direktori sekarang ini Anda ingin berpindah ke direktori /home//Documents (~/Documents), maka perintah yang harus Anda ketikkan adalah

Jika sudah tekan tombol [ENTER] keyboard Anda, dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Jika Anda ingin berpindah kedirektori lainnya di luar direktori ~ , gampang aja. Anda tinggal mengetikan cd kemudian path direktori yang ingin Anda tuju. Misalkan Anda ingin berpindah ke direktori media, maka path untuk direktori media adalah /media. Perintah yang Anda ketikkan adalah :

cd /media

Perhatikan hasilnya.


Kembali ke direktori ~

Gampang, ketikkan saja cd lalu tekan [ENTER]. Anda akan dibawa kembali ke direktori home Anda atau Anda juga bisa menggunakan perintah :

cd ~


pindah ke direktori satu level ke atas (up)

cd ..


kembali ke direktori sebelumnya (back)

cd –


pindah ke multiple direktori sekaligus

Jika Anda ingin pindah ke sebuah subdirektori, Anda tidak perlu melakukan cd berulang-ulang, cukup sekali saja. Anda tinggal mengetikan path direktori yang ingin Anda tuju. Misalnya Anda ingin masuk ke direktori Document > Kerja > Laporan, Anda tidak perlu menggunakan perintah cd Document, kemudian cd Kerja , lalu terakhir cd Laporan, capeek tau…Anda cukup mengetikan cd kemudian ketikkan path nya (contoh diatas pathnya adalah Documents/Kerja/Laporan)

Jika direktori yang Anda tuju diluar direktori ~ , Anda perlu menambahkan simbol / (root), diawal penulisan path. Misalnya Anda ingin pindah ke direktori usr > share. Maka path dan command yang harus Anda ketikkan adalah


Pindah ke Desktop

cd ~/Desktop

Penulisan command dan path bersifat case sensitive, jadi perhatikan penulisan huruf besar dan kecilnya


2. PWD (print working directory)

pwd adalah perintah untuk mengetahui path direktori dimana Anda sedang berada kini. misalnya Anda lupa Anda sedang aktif di direktori apa, ketik saja perintah pwd

Contoh lain:


3. ls (List File)

ls adalah perintah untuk mengetahui daftar file dan folder  yang terdapat pada sebuah direktori atau folder. Contoh :

gambar diatas adalah daftar file yang terdapat pada direktori ~. Jika Anda ingin melihat daftar file yang terdapat pada direktori lain, ada dua cara yang bisa Anda gunakan.

1. Pindah dulu ke direktori yang Anda maksud mengggunakan perintah cd. Setelah berada pada direktori tersebut, Anda tinggal mengetikan ls.

2. Anda tidak perlu pindah ke direktori yang Anda maksud, cukup dengan perintah ls disertai dengan path direktori yang Anda maksud.


4. CP (Copy bukan Curi Pandang….)

cp adalah perintah yang Anda gunakan untuk mengopy sebuah file dari direktori A (direktori asal) ke direktori B (direktori tujuan). Contoh:

cp <path direktori A> <path direktori B>

Anda ingin meng-copy file laporan.txt yang terletak di direktori ~/Documents ke direktori ~/Documents/Kerja. Perintah yang digunakan adalah :

Atau jika file tersebut terletak di direktori yang sedang aktif saat ini/direktori tempat Anda berada saat ini, Anda tinggal mengetikan :

cp <nama file> <path direktori tujuan>


oke , sampe disini dulu……ikuti terus tutorial berikutnya dengan mengisi form subcribe dibawah ini, bersambung………


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar