Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Apa Itu Fitur Auto Responder Pada cPanel ? Berikut Penjelasan Dan Cara Menggunakannya

ilustrasi email

Dengan fitur Auto Responder pada cPanel maka cPanel akan mengirimkan balasan email secara otomatis jika ada pesan yang masuk ke alamat email tertentu. Jadi misalnya Anda mengaktifkan fitur Auto Responder pada akun email [email protected] maka begitu ada email yang masuk ke [email protected] maka server akan membalas email tersebut secara otomatis.

A. Manfaat Fitur Auto Responder

Fitur ini dapat digunakan ketika perusahaan Anda sedang libur, sehingga ketika ada email yang masuk maka secara otomatis si pengirim email akan mendapatkan balasan yang menyatakan bahwa perusahaan Anda sedang libur dan akan buka kembali pada tanggal yang telah ditentukan.

Kegunaan lainnya adalah sebagai fitur promosi dan support bagi perusahaan Anda, misalnya saja nih, jika calon klien ingin mendapatkan info lebih lanjut tentang produk Anda mereka dapat mengirimkan email ke [email protected], email [email protected] sudah Anda aktifkan Auto Responder-nya dan emailnya berisi tentang info produk lebih detail, bila calon klien menginginkan bantuan lebih lanjut Anda bisa mengarahkan mereka untuk mengirimkan email ke alamat email yang lain yang tidak aktif autorespondernya misalnya [email protected]


B. Cara Menggunakan Auto Responder

Untuk mengaktifkan fitur ini klik tombol Auto Responder

Auto responder

Auto responder

  • Pada halaman selanjutnya klik tombol Add Auto Responder dan anda-pun akan dibawa ke halaman Modify/Add Auto Responder.
  • Pada bagian interval silahkan Anda isikan waktu tunggu (dalam satuan jam) antara respon email yang pertama dan berikutnya pada email yang sama. Jika Anda mengisikan angka 24 (24 jam) maka begitu ada email masuk - misalnya dari [email protected] - maka auto responder akan mengirimkan balasan email secara langsung kepada [email protected], namun auto responder tidak akan mengirimkan respon email kembali ke [email protected] dalam waktu 24 jam meskipun [email protected] kembali mengirimkan email request. Jika [email protected] mengirimkan kembali email request setelah waktu 24 jam habis maka [email protected] akan kembali langsung mendapatkan email balasan secara otomatis.
  • Pada bagian email isikan email yang akan Anda aktifkan autoresponder-nya.
  • Pada bagian From isikan nama yang akan ditampilkan pada email respon, misalnya saja customer service, support, dlsb.
  • Pada bagian subject isikan judul email auto respon Anda
  • Beri tanda centang pada HTML jika Anda ingin menambahkan kode HTML pada email Anda.
  • Pada bagian body isikan isi email Anda
  • Anda dapat menggunakan tag %subject%, %from%, %email% jika ingin menggunakan data-data judul (%subject%), nama (%from%) dan alamat email (%email%) dari si pengirim secara otomatis.

Membuat auto responder

Membuat auto responder


Perhatikan :

Mengatur subject

Mengatur subject

Ketika saya memasukan tag %subject% pada kolom subject maka nanti %subject% akan berubah secara otomatis menjadi subject atau judul dari email si pengirim, jika judul email si pengirim adalah “minta informasi” maka nanti tag %subject% akan berubah menjadi Minta Informasi sehingga subject auto responder secara keseluruhan adalah Balasan : Minta Informasi.

Hal yang sama juga berlaku untuk tag %from% dan %email% yang terdapat pada body/isi email.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar