Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan Fitur Default Email cPanel

 

ilustrasi email

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas satu fitur dari cPanel yang jarang digunakan bahkan dilirik oleh penggunanya. Apa itu..? Fitur Default Email..! Pernah denger..? Pernah make..? Jika belum baca artikel kali ini..

A. Cara Kerja

Default email berfungsi untuk menangkap semua email yang di kirimkan ke domain Anda, namun akun email tersebut pada kenyataanya tidak ada pada domain Anda. maksudnya gimana nih..?? jadi gini, misalnya ada seseorang yang iseng mengirimkan email ke [email protected] sedangkan akun atau alamat email [email protected] itu nggak ada pada domain saya, nah kemanakah larinya email yang dikirimkan tersebut..???

Secara default, setiap email yang tidak valid ini (disebabkan karena alamat email tujuan tidak eksis) akan dihapus dan server akan mengirimkan pesan eror :fail: No Such User Here kepada si pengirim, namun Anda bisa mengatur dan mengubah perilaku ini. Anda bisa mengubah pesan error-nya, memforward-nya ke alamat email lain atau malah memforwardnya ke alamat email yang juga tidak ada sehingga email yang tidak valid tersebut akan lenyap begitu saja (tanpa pesan error).


B. Pengaturan

Untuk melakukan pengaturan Default email ini silahkan Anda klik tombol Default Address yang terdapat pada panel Mail dan Anda pun akan dibawa ke halaman berikutnya.

 

Default address cpanel

Default address

  • Jika Anda ingin mengganti pesan error, silahkan Anda ganti kata-kata No Such User Here dengan kata-kata Anda sendiri. Nanti jika ada yang mengirimkan email namun alamat email tersebut tidak terdapat pada domain Anda maka pesan eror ini lah yang akan di kirimkan kembali kepada si pengirim.

Mengganti pesan error cpanel

Mengganti pesan error

  • Secara default email dengan alamat pengiriman yang tidak valid tersebut akan di hapus, namun jika Anda ingin menyimpan email tersebut maka Anda harus memforward email yang bersangkutan ke alamat email yang valid, caranya tandai pilihan Forward to email address lalu isikan alamat email yang valid untuk menampung email tersebut. Hati-hati pilihan akan membuat server email anda rawan dibanjiri email spam.

Memforward email

Memforward email

  • Jika Anda ingin menghapus email invalid tanpa mengirimkan pesan error kepada si pengirim maka Anda bisa memforward email tersebut ke alamat email yang juga tidak valid (alamat email yang tidak eksis), dengan demikian email invalid tersebut akan langsung di hapus tanpa harus mengirimkan pesan error kepada sipengirim.

Memforward email ke alamat invalid

Memforward email ke alamat invalid

  • Jika semua sudah OK klik tombol Save.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar