Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Apa Itu FTP Dan Tutorial Lengkap Cara Menggunakan FTP via cPanel

ilustrasi ftp

File Manager bukanlah satu-satunya cara untuk melakukan manajemen file cPanel, ada pilihan lain untuk itu. Anda bisa menggunakan apa yang di sebut dengan FTP, lalu apaan tuh FTP..? sinetron remaja di salah satu stasiun televisi..??

A. Apa Itu FTP ?

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, jadi dengan kata lain FTP merupakan protokol untuk melakukan pertukaran file antar perangkat dalam jaringan. Ada dua pemeran utama dalam FTP yaitu FTP server dan FTP Client. FTP server merupakan perangkat yang menjalankan software dan siap untuk menerima perintah dari FTP Client. Sedangkan FTP client adalah perangkat yang melakukan perintah atau request untuk melakukan koneksi ke FTP server agar memungkinkan terjadinya pertukaran file.

Gampangnya, Dengan adanya FTP Anda bisa melakukan transfer file dari komputer lokal ke server hosting, Anda bisa mengelola dan mengakses file yang ada di server hosting, Anda bisa menghapus, membuat file & folder, mengubah nama, mengganti permission file-file yang ada di server hosting melalui komputer lokal Anda.


B. Tools untuk menggunakan FTP

Ada 3 jenis tools yang dapat digunakan untuk mengakses FTP secara general :

  • Web Browser , walaupun tidak direkomendasikan tapi pada kenyataanya Anda dapat menggunakan FTP di sebagian besar web browser Anda.
  • HTML Editor, program html editor seperti adobe dreamweaver juga dapat melakukan koneksi menggunakan FTP, sehingga Anda dapat melakukan editing website pada web server secara live.
  • FTP Client , adalah program yang memang dirancang khusus untuk melakukan koneksi FTP sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran file dari komputer lokal ke server hosting. Contoh program FTP client adalah coreFTP (windows), cuteFTP (windows), File Zilla (windows), CyberDuck (Mac) dlsb. cara ini merupakan cara yang paling direkomendasikan untuk melangsungkan hubungan FTP.


    C. Melakukan koneksi ke server hosting menggunakan FTP Client

    Sekarang misalnya Anda ingin mengelola file-file yang ada di server hosting menggunakan FTP, yang perlu Anda persiapkan adalah sebuah FTP Client serta data akun FTP Anda.

    Untuk FTP client-nya sebagai contoh kita akan menggunakan Core FTP, sebuah program gratis yang bisa Anda download di www.coreftp.com/download.html , lalu untuk data akun FTP bisa Anda dapatkan pada email informasi saat pertama kali Anda mendaftarkan web hosting. Data akun FTP Anda biasanya meliputi :

    • FTP/Host Address untuk host address ini defaultnya menggunakan subdomain ftp.domainanda.com , jadi misalnya domain Anda adalah chemungudhea.org maka host address ftp Anda adalah ftp.chemungudhea.org. atau Anda juga bisa menggunakan IP Address website Anda untuk Host address ini.
    • FTP Username , umumnya username FTP sama dengan username cPanel Anda.
    • FTP Password, umumnya password FTP Anda sama dengan password cPanel Anda.

    Jika hal-hal diatas sudah Anda persiapkan maka Anda sudah siap untuk melakukan koneksi ke server hosting dari komputer Anda. Oh ya tentu saja komputer Anda harus terkoneksi internet ya...

    1. Jalankan CoreFTP yang sudah Anda download dan install
    2. Saat Anda pertama kali menjalankan Core FTP maka akan muncul jendela popup Site Manager. Disini Anda bisa memasukan informasi FTP server hosting Anda untuk membuat koneksi.
    3. Pada bagian Site Name, silahkan Anda beri nama koneksi Anda, yang ini bebas mau Anda beri nama apa aja terserah sebagai contoh kita beri nama eridesktop.com.
    4. Lalu pada bagian Host/IP/URL silahkan Anda isikan Host Address FTP Anda, biasanya sih ftp.domainanda.com (ganti domainanda.com dengan alamat domain / website Anda ya ) atau Anda bisa juga memasukan IP address website Anda disini.
    5. Pada bagian username dan password silahkan Anda isikan username dan password cPanel Anda.

    6. Site Manager ftp

      Site Manager

    7. Jika sudah, klik tombol Connect untuk mulai melakukan koneksi ke server hosting. 
    8. Jika Anda sukses melakukan koneksi ke server hosting maka pada panel sebelah kanan akan muncul direktori-direktori yang terdapat pada server hosting. Jika Anda gagal melakukan koneksi (ada tulisan merah di panel atas) mungkin Anda salah memasukan informasi akun FTP seperti salah password, username, host name atau bisa jadi server Anda sedang down.


    CoreFTP FTP Client

    CoreFTP FTP Client

    • Panel status, menginformasikan status koneksi Anda, jika ada tulisan disconected berarti koneksi ke server hosting Anda terputus.
    • Panel direktori server hosting, panel ini menampilkan file dan folder yang terdapat pada server hosting Anda yang nun jauh disana. Anda melihatnya secara remote.
    • Panel direktori komputer lokal, panel ini menampilkan file dan folder yang terdapat pada komputer lokal Anda.
    • Panel transfer, panel ini menampilkan status transfer file Anda (upload/downlad), apakah sedang dalam proses, gagal (failed), eror atau sukses (success).


      D. Operasi FTP

      Sama dengan file manager yang ada di cPanel, Anda bisa melakukan berbagai macam aktifitas manajemen file menggunakan FTP ini. Dari FTP Client ini Anda bisa menghapus, mengganti nama, membuat folder atau file baru, cut, copy, paste file-file yang ada diserver hosting Anda.

      Untuk berpindah antara direktori yang satu dan yang lain Anda cukup mendouble klik folder yang ingin Anda akses, dan klik tombol Up Directory  untuk berpindah ke direktori yang berada satu level diatasnya.

      Untuk melakukan management file, ingat 4 direktori yang aman untuk Anda utak-atik pada bahasan File Management cPanel - Struktur Direktori.

      Untuk melakukan management file standar seperti rename, copy, cut, delete, download dlsb silahkan Anda klik file (takan dan tahan tombol CTRL jika Anda ingin memilih lebih dari satu file, lalu klik kanan file atau folder tersebut dan silahkan Anda pilih apa yang akan Anda lakukan pada konteks menu yang muncul.

      Operasi FTP

      Operasi FTP


      1. Mengubah permission

      Untuk mengubah permission file menggunakan coreftp silahkan Anda klik kanan file atau folder lalu pilih properties, dan pada jendela popup yang muncul silahkan Anda pilih permission Anda.

      2. Membuat folder baru

      Untuk membuat folder atau direktori baru silahkan Anda klik tombol Make Directory  dan isikan nama folder yang Anda inginkan pada jendela popup yang muncul. Lalu klik tombol OK.

      3. Upload/Download File

      Untuk mendownload file yang ada di server hosting ke komputer lokal cukup klik kanan file atau folder yang ingin Anda download lalu pilih menu Download. File download-an Anda akan tersimpan pada direktori lokal tempat Anda berada saat ini. Atau Anda juga bisa melakukan download file dengan mendrag file atau folder yang terdapat pada direktori server ke direktori lokal. (klik kiri file lalu tahan, kemudian seret file tersebut ke panel sebelah kiri lalu lepaskan klik kiri Anda)

      drag and drop ftp

      Seret file atau folder yang ingin Anda download ke direktori lokal

      Untuk melakukan Upload File lakukan hal yang sebaliknya, drag file atau folder yang ada di panel direktori lokal ke panel direktori server hosting. atau bisa juga dengan mengklik kanan file yang terdapat pada direktori lokal lalu pilih Upload.

      Upload file ftp

      Upload file

      4. Berpindah direktori

      Jika Anda ingin berpindah direktori lokal caranya sangat gampang, misalnya saja Anda ingin mengupload file yang terdapat di drive C:/ maka klik tombol drive pada panel direktori lokal kemudian pilih drive komputer yang ingin Anda akses.

      Berpindah direktori ftp

      Berpindah direktori

      Klik OK lalu silahkan Anda cari file yang akan Anda upload pada panel direktori lokal

      5. Disconnect/Reconnect

      Jika Anda ingin memutuskan koneksi ke server hosting silahkan Anda klik tombol Disconnect  dan bila Anda ingin kembali melakukan koneksi ke server hosting (selama aplikasi coreFTP belum ditutup) klik tombol Reconnect

      Saya rasa itu saja penjelasan ringkas tentang cara menggunakan coreFTP,  karena masih banyak pembahasan cPanel yang belum kita bahas. kegunaan yang lain bisa Anda coba-coba sendiri ya...jangan takut salah.

      6. Membuat Akun FTP baru

      Jika Anda mau, Anda bisa membuat akun FTP baru diluar akun FTP yang sudah dibuatkan oleh perusahaan web hosting. misalnya saja Anda ingin membuat akun FTP untuk karyawan Anda sehingga password cPanel Anda tetap menjadi rahasia Anda pribadi.

      1. Akses cPanel lalu klik tombol FTP Accounts yang terdapat pada panel Files.
      2. Pada halaman berikutnya buat username dan password dari akun yang akan Anda buat tersebut, pada contoh gambar dibawa saya buat username staff

      3. Membuat username dan password FTP

        Membuat username dan password FTP

      4. Penting untuk Anda ingat, usernamenya memang staff, tapi nanti saat login menggunakan ftp client Anda harus menambahkan @domainanda.com, karena domain saya adalah eridesktop.com maka username yang harus dimasukan nanti adalah [email protected].
      5. Pada bagian Directory isikan direktori yang bisa diakses oleh si user, account user tambahan ini hanya bisa mengakses satu directory dibawah directory home saja. entah itu directory public_html, public_ftp ataupun www. Sebagai contoh kita isikan public_html ini artinya user ini nantinya hanya bisa mengakses direktori public_html saja. 
      6. Lalu pada bagian Quota isikan Quota bandwith file transfer dari akun FTP ini, jika Anda tidak ingin membatasi transfer-nya Anda bisa memilih Unlimited. 
      7. Terkahir klik tombol Create FTP Account.

      Mengatur akun ftp

      Mengatur akun

      Nah, setelah akun berhasil dibuat selanjutnya nanti staff Anda bisa menggunakan FTP Client untuk melakukan koneksi FTP ke server dengan username dan password ftp sebagai berikut :

      Username dan password ftp

      Username dan password ftp

      Jangan lupa untuk menambahkan @domainanda.com setelah username yang Anda buat tadi ya. Untuk passwordnya ya masih sama dengan password yang Anda buat tadi. Selanjutnya si staff dapat mengakses web server Anda tapi hanya sebatas direktori public_html atau direktori yang sudah Anda tentukan pada poin 4 tadi.

      7. Mengawasi penggunaan FTP oleh user

      Jika Anda memiliki akun FTP tambahan, maka Anda bisa mengawasi penggunaan FTP oleh user-user Anda tersebut. Anda bisa mengetahui kapan user-user tersebut melakukan log in, alamat IP mereka, dan Anda juga bisa memutus paksa koneksi yang mereka lakukan. Fitur ini berguna jika ternyata ada user yang memboroskan bandwith server atau ada user yang tidak Anda kenali yang mengakses FTP Anda, maka Anda bisa memutus koneksi mereka secara paksa.

      Untuk melihat user mana saja yang sedang login dan menggunakan koneksi FTP pada server, akses cPanel lalu klik tombol FTP Session Control. Pada halaman selanjutnya Anda akan mendapatkan informasi user yang sedang mengakses FTP Anda. untuk memutus paksa koneksinya Anda bisa mengklik tombol Disconnect

      Session control ftp

      Session control

      Klik tombol Reload jika Anda ingin mendapatkan data terbaru dari sesi FTP Anda.


      E. Anonymous FTP

      Anonymous FTP berfungsi untuk mengizinkan orang-orang tanpa akun FTP agar bisa menggunakan koneksi FTP Anda. Karena alasan keamanan maka tidak semua perusahaan hosting menyediakan fitur ini.

      Namun bagi Anda yang hostingnya tersedia fitur ini maka Anda bisa mengaktifkan Anonymous FTP jika dibutuhkan. Caranya masuk kedalam cPanel lalu klik tombol Anonymous FTP.

      Icon anonymous FTP

      Icon anonymous FTP

      Pada halaman selanjutnya tandai pilihan Allow anonymous access to... untuk mengaktifkan Anonymous ftp Anda.

      Tandai juga pilihan Allow anonymous uploads to... jika Anda ingin mengizinkan user anonym bisa mengupload file ke server Anda (not recomended). Jika sudah klik tombol Save Setting

      Pada Anonymous FTP Welcome Message Anda bisa menampilkan pesan selamat datang untuk pengunjung FTP Anda. jika sudah klik tombol Save Message.

      Related Posts

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar