Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Jangan Sampai Kepenuhan! Berikut Cara Melihat Penggunaan Disk Space Hosting via cPanel

ilustrasi disk space

Jangan sampai keasyikan upload file pada server hosting tau-tau jatah space hosting Anda sudah habis, bagi Anda yang membeli paket hosting unlimited sih nggak masalah, tapi bagaimana dengan Anda yang membeli paket hosting dengan kuota space ?.

Cara Melihat Kapasitas Disk Space Hosting

Untuk itu Anda harus berhati-hati dan sering memonitor penggunaan space server hosting Anda. Jangan sampai keasyikan upload eh space hosting Anda sudah habis, dan Anda tidak punya ruang lagi untuk mengupload file-file yang ternyata sangat penting.

Oke, cPanel dilengkapi dengan tools untuk melihat dan memonitor penggunaan space hardisk server Anda. Cukup akses cPanel kemudian klik tombol Disk Space Usage.

tombol disk space usage

Tombol disk space usage

Pada halaman berikutnya akan tampak indikator dan statistik penggunaan kapasitas disk server hosting Anda.

Penggunaan disk space cpanel

Penggunaan disk space

Di bawahnya terdapat statistik penggunaan disk server hosting Anda yang ditampilkan secara lebih detail :

Disk space usage

Disk space usage

Klik tombol [+] untuk melihat secara lebih detail kapasitas yang digunakan dalam sebuah sub directory/sub folder.

Dengan adanya tools ini Anda bisa mengira-ngira dan melakukan analisa file mana yang memakan space server Anda terlalu besar, dan Anda pun bisa menghapus beberapa file yang tidak begitu penting untuk menghemat kapasitas server.

Selain itu dengan adanya tools ini Anda bisa mendeteksi adanya keganjilan pada server. Jika server Anda tiba-tiba penuh spacenya, maka Anda bisa mengeceknya melalui Disk Usage ini, file apa yang menjadi biang keroknya (biasanya sih file-file yang ada di folder tmp), jika Anda tidak menemukan file yang di curigai silahkan Anda minta penjelasan kepada pihak hosting Anda mengapa space hosting Anda tiba-tiba penuh padahal Anda tidak menemukan file yang mencurigakan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar