Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Cara Melakukan Management Database MySQL via cPanel

ilustrasi database management

Jika Anda memiliki website self hosting maka penting bagi Anda untuk setidaknya mengetahui dasar-dasar management database seperti bagaimana menambahkan user, memeriksa kerusakan, hingga menghapus database dari server. Untungnya cPanel sudah menyediakan itu semua, sehingga Anda bisa melakukan management database dengan sangat mudah.

A. Apa itu Database Website?

Database adalah tempat tersimpannya data website Anda. Jika data kita ibaratkan buku, maka database dapat kita ibaratkan rak atau lemari buku. Jika Anda ingin menginstall website pada server hosting maka Anda pasti akan berurusan dengan yang namanya database ini. Sebuah website dinamis pasti akan sangat bergantung kepada database untuk menyimpan data-datanya. Konten, Artikel, setting website, setting plugin, metadata dlsb semuanya tersimpan dalam database Anda.

Karena besarnya peranan database ini maka Anda harus menjaganya baik-baik, sering melakukan maintenance, sering melakukan backup, karena kerusakan pada database akan berdampak fatal pada website dinamis Anda.


B. Beda Database dan Files

Mungkin ini menimbulkan kerancuan tersendiri, Apalagi ketika membaca bahasan tentang Backup Database dan Backup Files (Backup & Restore Website), kenapa database harus dibedakan dengan files. Ya karena kenyataannya memang beda, Database berbeda dengan file, ketika Anda menulis konten pada website misalnya artikel tentang olah raga, tips memasak, tips kesehatan dlsb maka tulisan Anda itu akan disimpan di database.

Misalnya Anda menyisipkan gambar pendukung dalam artikel Anda, nah gambar tersebut adalah files, namun meta data dari gambar tersebut seperti tag, nama gambar, alt tag, link ketika gambar di klik, deskripsi gambar, posisi gambar terhadap artikel dlsb akan disimpan kedalam database.

Website dan plugin-plugin yang terdapat didalamnya terdiri dari file-file seperti .html, .php, .css, .js dan itu semua adalah files namun settinganya yang bersifat dinamis, seperti meta data , tanggal dibuatnya artikel, komentar, setting plugin, setting menu, data author (penulis) dlsb itu disimpan didalam database.

Secara umum, Database merupakan tempat untuk menyimpan informasi atau data yang bersifat dinamis dan mudah untuk diubah-ubah atau di modifikasi.


C. Tipe Database

Ada beberapa tipe umum web database yang dikenal luas seperti MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL (MS SQL), Oracle, MS Access, SQL Lite dlsb. namun yang paling umum digunakan dan disupport oleh cPanel adalah MySQL.


D. Bekerja dengan MySQL Database

cPanel memudahkan Anda untuk bekerja dengan database khususnya MySQL Database. Anda dapat membuat database, memodifikasi database, menghapus database dengan mudah, dengan dukungan program berbasis grafis tentunya.

Untuk memulai bekerja dengan MySQL Database silahkan Anda akses cPanel Anda lalu klik tombol MySQL Databases.

MySQL Databases

MySQL Databases


1. Membuat Database Baru

  1. Untuk membuat database baru, masuk ke cPanel > MySQL Databases 
  2. Anda akan dibawa kehalaman selanjutnya, pada bagian Create New Database isikan nama database Anda. Sebagai contoh kita isikan saja Databasequ. Anda boleh mengikuti contoh yang saya berikan ini. Jika sudah klik Create Database lalu klik tombol Go Back pada halaman berikutnya.

  3. Membuat database baru

    Membuat database baru

  4. Database Anda sudah resmi dibuat, hanya saja untuk kolom users-nya masih kosong karena kita belum membuatnya. Agar database Anda bisa digunakan maka kita harus membuat user atau menerapkannya pada user yang sudah ada sebelumnya.

Database sudah terbentuk

Database sudah terbentuk


2. Membuat User Baru

Seperti yang telah saya utarakan diatas, agar sebuah database bisa digunakan maka kita harus membuat user-nya terlebih dahulu. untuk membuat user database ikuti langkah-langkah berikut ini : 
  1. Akses cPanel > MySQL Databases
  2. Selanjutnya lihat pada bagian MySQL User. sebagai contoh kita akan membuat username database-nya sebagai dbuser dan untuk password-nya silahkan Anda tentukan sendiri. Untuk itu isikan dbuser pada kolom Username dan isikan password Anda pada kolom Password. Jika sudah klik tombol Create User lalu klik tombol Go Back pada halaman berikutnya.

Membuat user database

Membuat user database

 

3. Menugaskan User Kedalam Database

Selanjutnya kita akan menugaskan username dbuser yang telah kita buat tadi sebagai user dari database databasequ, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk kedalam cPanel > MySQL Databases 
  2. Lihat pada bagian Add User To Database, klik menu dropdown user dan pilih _dbuser yang baru saja Anda buat tadi. Selanjutnya pada bagian Database pilih database _databasequ yang juga sudah Anda buat tadi. Jika sudah klik tombol Add

  3. Menambahkan user kedalam database

    Menambahkan user kedalam database

  4. Lalu pada halaman berikutnya tandai pilihan ALL PRIVILEGES lalu klik Make Changes dan klik Go back.

  5. ALL PRIVILEGES

    tandai pilihan ALL PRIVILEGES

  6. Sekarang database Anda sudah ada user-nya. selamat ya...


user database mysql

Database Anda sudah ada usernya

 

4. Menambahkan user dengan hak previllage yang berbeda

Lalu apakah dalam satu database bisa ditempatkan 2 user atau lebih..?? jawabannya bisa, malah Anda bisa mengatur hak akses (privileges) yang berbeda dari masing-masing user terhadap database tersebut.

Misalnya nih, Anda ingin menambahkan user pada database eridecom_databasequ, namun user yang baru ini tidak memiliki hak akses untuk menghapus tabel (drop), membuat table (create) dan menghapus baris pada database (delete).

Oke, langsung aja deh Anda buat user baru dengan cara seperti yang telah saya jelaskan diatas, sebagai contoh buat saja username-nya user2 lalu silahkan tugaskan user2 kedalam database eridecom_database (atau database yang sudah Anda miliki sebelumnya)..

Menambahkan user  mysql

Menambahkan user kedalam database

Setelah Anda mengklik tombol Add  dan masuk kehalaman Privileges, silahkan Anda beri tanda centang semua pilihan yang ada disana KECUALI pada bagian Drop, Create dan Delete.

Mengatur privileges

Mengatur privileges

Jika sudah klik tombol make changes, dan sekarang database eridecom_databasequ memiliki lebih dari 1 user dengan previleges yang berbeda.

multiuser database

Database yang memiliki 3 user


5. Memodifikasi User Privilege dalam sebuah database

Anda bisa mengubah atau memodifikasi user privilege dalam sebuah tabel cara nya , akses cPanel > MySQL Databses lalu lihat pada bagian Curent Databases . Selanjutnya klik user yang terdapat pada database yang ingin Anda modif privilegenya.

Contohnya, jika Anda ingin memodifikasi user privilege user eridecom_dbuser pada database eridecom_databasequ maka Anda tinggal mengklik eridecom_dbuser yang terdapat pada eridecom_databasequ.

Memodifikasi user privilege

Memodifikasi user privilege

Pada halaman selanjutnya, silahkan Anda edit user privilege-nya lalu klik tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan Anda.


6. Menghapus user dari database

Untuk menghapus user dari sebuah database, lihat pada kolom Curent Databases lalu klik tombol  pada user database yang ingin Anda hapus. Lalu pada halaman selanjutnya klik tombol Delete User From Database.

Menghapus user dari databases

Menghapus user dari databases


7. Menghapus User Secara Permanen

Untuk menghapus user dari sistem yang juga secara tidak langsung akan menghapus user dari database klik tombol  pada user yang akan Anda hapus pada bagian Current Users

Menghapus user

Menghapus user secara permanen dari sistem


8. Mengecek database dari kerusakan

Anda bisa mengecek database untuk mengetahui apakah ada yang error atau rusak. caranya masuk ke MySQL Databases, lalu lihat pada bagian Modify Databases. Klik menu dropdown dan pilih database yang akan Anda cek lalu kllik tombol Check DB.

Mengecek database

Mengecek database

Database Anda akan di scan dan Anda akan diberitahu jika terjadi error atau kerusakan pada database Anda.


9. Memperbaiki Database

Jika ternyata terjadi kerusakan pada database Anda maka Anda bisa melakukan perbaikan pada database secara otomatis, caranya masuk ke MySQL Databases lalu lihat pada bagian Modify Databases. Selanjutnya klik menu dropdown dan pilih database yang akan perbaiki (Repair) jika sudah klik tombol Repair DB.

Memperbaiki database

Memperbaiki database

Database Anda akan diperbaiki dari kerusakan dan error secara otomatis.


10. Menghapus Database

Jika Anda sudah tidak membutuhkan sebuah database, misalnya database Anda rusak dan sudah tidak bisa diperbaiki lagi, maka Anda bisa menghapus database tersebut dari sistem. Masuk ke MySQL Databases , lihat pada bagian Current Databases lalu klik menu Delete Database pada database yang akan Anda hapus.

Menghapus database

Menghapus database

Pada halaman berikutnya klik tombol Delete Database untuk menghapus database Anda.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar