Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Memerangi SPAM Part 3 : Mencegah Email Spam Menggunakan Box Traper via cPanel

ilustrasi box traper

Setelah kita menggunakan spam assassin sebagai lapis pertahanan pertama dan email filter sebagai lapis pertahanan kedua, sekarang saatnya kita membangun benteng perhanan lapis ketiga dalam rangka mencegah dan memerangi spam yang menyerbu inbox kita!

A. Apa Itu Box Trapper ?

Box Traper adalah benteng lapis ke 3 dari sistem pertahanan cPanel terhadap email. Cara kerjanya, Box Traper ini berfungsi sebagai verifikator terhadap email yang masuk. Jika Anda mengaktifkan Box Traper maka pada setiap email yang masuk Box Traper akan mengirimkan kembali semacam email verifikasi. Email verifikasi ini harus dibalas secara langsung oleh si pengirim email ataupun dengan cara mengklik link verifikasi yang diberikan (mirip dengan cara kerja verifikasi email ketika Anda mendaftar forum, email, sosial media dlsb).

Tujuannya jelas, untuk memblokir pengirim email yang tidak membalas atau mengklik link yang terdapat pada email verfifikasi. Biasanya pengirim email Spam tidak akan membalas email verifikasi ini, karena email spam yang mereka kirim memang berasal dari pengirim email masal yang di lakukan secara otomatis (robot).

Untuk mengaktifkan Box Traper akses cPanel Anda lalu pada panel Mail klik tombol Box Traper (jika cPanel Anda tidak terdapat tombol Box Traper berarti pihak hosting Anda memang tidak menyediakan fitur ini)

Tombol box trapper

Tombol box trapper

Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, untuk mengaktifkan Box Trapper silahkan Anda klik tombol Manage pada akun email yang akan Anda pasangi Box Trapper. Lalu klik tombol Enable pada halaman berikutnya.

Untuk mengurangi beban server Anda bisa menyandingkan fitur Box Trapper dengan Fitur Spam Assasssin (sama-sama men-setting keduanya dalam kondisi enable)


B. Konfigurasi Box Trapper

Jika Anda memiliki email forwarder (baca bahasan Email Forwarder) yang mengarah ke alamat email yang sedang Anda aktifkan Box trapper-nya ini, maka Anda bisa sekalian memasukan email forwarder tersebut kedalam perlindungan Box Trapper, caranya melanjutkan bahasan diatas, setelah Anda menglik tombol Enbale silahkan Anda klik menu Configure Setting.

Selanjutnya, pada bagian Email addresses going to this account silahkan Anda masukan email-email yang menjadi email forwarder terhadap akun email Anda. Dalam contoh saya sedang mengatur konfigurasi box trapper pada email [email protected] dan email forwarder ke akun tersebut adalah [email protected], [email protected] dan [email protected] (daftar email pisahkan dengan koma), klik tombol Save jika sudah.

Memasukan email forwarder kedalam list

Memasukan email forwarder kedalam list


C. Mengedit pesan konfirmasi

Anda bisa mengedit isi pesan konfirmasi yang akan di kirimkan oleh box trapper kepada terdakwa email spam, caranya akses cPanel > box trapper > manage > edit confirmation message

Edit confirmation message

Edit confirmation message

Pada halaman selanjutnya silahkan Anda klik tombol Edit pada pesan konfirmasi yang akan Anda edit, apakah pesan konfirmasi verifikasi (verify), pesan konfirmasi blacklist dlsb. Anda boleh mengedit kata-kata yang ada disana, namun jangan mengedit kata-kata yang mengandung karakter %.

Tapi tenang aja, jika Anda mengalami kesalahan Anda bisa mengembalikan confirmation message ke text defaultnya dengan mengklik tombol Reset to default.

Reset to default

Reset to default


D. Menambahkan whitelist, blacklist dan ignorelist

Sama halnya dengan Spam Assassin, pada Box Trapper Anda bisa menambahkan whitelist (daftar email yang secara otomatis bisa melewati Box Trapper), ignore list (daftar email yang tidak akan bisa melewati filter Box trapper) dan black list (daftar email yang tidak akan bisa melewati filter Box trapper plus mengirimkan pesan peringatan kepada si pengirim).

Untuk menambahkan whitelist, blaclist dan ignorelist akses cPanel > Box Trapper > Manage (pada akun email yang akan Anda atur) > edit white/black/ignore list.

Pada halaman selanjutnya silahkan Anda pilih akan menambahkan whitelist, blacklist atau ignore list, sebagai contoh kita akan menambahkan blacklist, untuk itu klik edit blacklist

Edit blacklist

Edit blacklist

Pada halaman berikutnya, silahkan Anda tambahkan daftar email yang akan Anda blacklist, buat daftar satu akun email per baris.

Cara penulisannya :

  • Jika Anda ingin memblokir alamat email tertentu misalnya [email protected] maka cara penulisannya adalah spam\@yahoo\.com
  • Jika ingin memblokir domain, misalnya Anda ingin memblokir semua email yang berasal dari yahoo.com maka cara penulisannya .+\@yahoo\.com
  • Jangan lupa untuk satu baris untuk satu entri, jadi setiap memasukan entri tekan Enter, kemudian tuliskan entri yang lainnya lagi, tekan enter lagi begitu seterusnya.

Membuat blacklist

Membuat blacklist

Terakhir jangan lupa klik tombol Save, untuk whitelist dan ignore list cara penulisannya sama dengan diatas.


E. Melihat aktifitas box trapper

Jika Anda ingin melihat aktifitas box trapper, apa saja yang sudah dilakukannya, siapa saja yang sudah di blokir, siapa saja yang masuk antrian verifikasi Anda bisa melihatnya melalui menu Review Log dan Review Queue

Review log dan review queue

Review log dan review queue

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar