Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Tutorial Manajemen Database Menggunakan PhpMyAdmin

ilustrasi database

phpMyAdmin adalah sebuah tools yang berfungsi untuk melakukan manajemen data pada database Anda, Anda bisa memodifikasi database, membuat row & coloumn pada database, mengedit data, insert data, backup database, restore database, menginput query dlsb.

Tools ini sangat kompleks sehingga tidak mungkin untuk di bahas sepenuhnya pada buku ini, Anda juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang database MySQL, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang MySQL pada buku-buku yang lain, ataupun melalui sumber-sumber di internet Anda juga bisa mengunjungi dokumentasi resmi phpMyAdmin di http://docs.phpmyadmin.net/en/latest/. Yang akan dibahas dibuku ini hanya dasar-dasar dari phpMyadmin saja.

Peringatan :
  • Hati-Hati menggunakan tools yang satu ini jika Anda tidak tahu apa yang sedang Anda lakukan, karena kesalahan kecil bisa mengakibatkan kerusakan atau kehilangan data pada database.
  • Lakukan Backup database sebelum melakukan segala macam operasi pada phpMyAdmin


1. Mengakses phpMyAdmin

Untuk menjalankan phpMyadmin silahkan Anda akses cPanel lalu klik tombol phpMyAdmin

Tombol phpMyAdmin

Tombol phpMyAdmin

Sebuah jendela atau tab baru akan muncul, dan selamat datang di phpMyAdmin, untuk mulai melakukan manajemen atau modifikasi pada database klik pada database yang ingin Anda manage.

Penampakan phpMyAdmin

Penampakan phpMyAdmin


2. Menjalankan Query

Jika Anda mengerti bahasa pemrograman SQL maka Anda bisa menjalankan Query secara langsung dari phpMyAdmin ini, caranya klik pada database yang akan Anda jalankan Query-nya, lalu klik tab SQL, tuliskan SQL Query Anda pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah klik tombol GO.

Contoh berikut adalah SQL Query untuk mengetahui kapasitas database Anda :

SELECT table_schema, sum(data_length + index_length) FROM information_schema.TABLES GROUP BY table_schema;

 

Menjalankan query pada phpmyadmin

Menjalankan query pada phpmyadmin


3. Mengedit Table Database

Untuk mengedit table database Anda, pilih database yang akan Anda edit, lalu klik tab Structure dan klik pada table database yang ingin Anda edit.

Pilih table yang akan Anda edit

Pilih table yang akan Anda edit

Pada halaman berikutnya klik tombol Edit pada kolom yang akan Anda edit.

Mengedit kolom database

Mengedit kolom database


4. Menghapus table database

Untuk menghapus table database, akses phpMyAdmin lalu klik database yang akan hapus table-nya, kemudian klik tab Structure dan klik tombol Drop  untuk menghapus table yang ingin Anda hapus. Pada menu konfirmasi yang muncul klik tombol OK.

Tombol Drop

Tombol Drop


5. Menghapus semua Table pada database

Diatas  adalah cara menghapus table-table tertentu dari database Anda, sekarang bagaimana caranya untuk menghapus semua table yang terdapat pada database..?? caranya gampang, silahkan Anda tandai pilihan Check All yang terdapat dibawah table database, lalu klik menu dropdown yang ada disampingnya dan pilih Drop.

Menghapus semua table database

Menghapus semua table database


6. Backup Database via phpMyAdmin

Selain melalui tools Backup cPanel Anda juga bisa melakukan backup database menggunakan phpMyAdmin, kelebihan menggunakan backup pada phpMyAdmin ini adalah Anda bisa memilih table-table mana saja dari database Anda yang akan dibackup. Jadi Anda tidak harus membackup seluruh database. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki ukuran database yang sangat besar namun memiliki koneksi internet yang tidak memadai untuk mendownloadnya.

Tentu saja fitur ini juga sangat cocok bagi Anda yang sudah mahir, dan bagi kita-kita yang masih pemula sangat disarankan Anda menggunakan tools Backup pada cPanel jika ingin melakukan backup database, karena lebih aman, simpel dan mudah.

Oke, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan backup database menggunakan phpMyAdmin.

  1. Masuk ke phpMyAdmin, lalu klik pada Database yang akan Anda backup.

  2. database yang akan dibackup

    Klik pada database yang akan dibackup

  3. Selanjutnya pilih table-table mana saja dari database Anda yang akan Anda backup, jika Anda ingin membackup semua table yang ada pada database maka tandai pilihan Check All. 
  4. Lalu pada menu dropdown yang ada disampingnya pilih Export.

  5. Export/backup database

    Export/backup database

  6. Anda akan dibawa kehalaman selanjutnya, tandai dulu pilihan Custom - display all possible options agar kita bisa melakukan kompresi pada database supaya ukuran file yang dihasilkan tidak terlalu besar.

  7. pilihan custom

    Tandai pilihan custom

  8. Selanjutnya tandai pilihan Save output to a file lalu pada bagian Compression pilih metode kompresinya Zipped, Gzipped atau Bzipped terserah Anda, tapi sebagai contoh kita pilih Gzipped.

  9. Kompresi database

    Kompresi database

  10. Terakhir klik tombol Go yang terletak di paling bawah halaman. Dan tunggu database Anda selesai di download.


7. Restore Database via phpMyAdmin

Sekarang bagaimana caranya melakukan restore database dari backup database Anda..? ikuti langkah berikut ini :

  1. Masuk kedalam cPanel > phpMyAdmin lalu klik database yang akan Anda restore. 
  2. Jika sudah, pada panel sebelah kanannya klik tab Import

  3. Klik tab import pada phpMyAdmin

    Klik tab import pada phpMyAdmin

  4. Pada halaman berikutnya, klik tombol Choose File lalu cari file backup database Anda. Klik tombol Open lalu klik tombol Go 
  5. Tunggu proses upload dan restore backup Anda hingga selesai. Jika sudah muncul pesan seperti gambar dibawah ini, berarti proses restore database Anda berjalan dengan sukses.

Pesan konfirmasi

Pesan konfirmasi proses restore selesai

 

8. Repair Table Database

Jika server database Anda kurang mumpuni dan sering down (biasanya pada perusahaan hosting yang kurang profesional) seringkali database tiba-tiba tidak bisa diakses, rusak, error yang berakibat situs Anda tidak bisa di akses lagi, biasanya sih ada pesan unable to connect to the database gitu deh...

Nah, jika hal ini terjadi kepada Anda, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan repair table database menggunakan phpMyAdmin. Untuk itu silahkan Anda akses phpMyAdmin lalu pada halaman phpMyAdmin klik pada Database yang error atau rusak tersebut.

Jika sudah, pada panel sebelah kananya tandai pilihan Check All lalu klik menu dropdown yang ada disampingnya dan pilih Repair Table, klik tombol Go jika sudah.

Repair table

Repair table


9. Optimalisasi Database

Untuk menjaga performa database agar tetap optimal, ada baiknya Anda melakukan optimize table database Anda. yah paling tidak sebulan sekali. Untuk melakukannya silahkan Anda ulangi langkah pada bahasan Repair Database diatas, namun pada menu dropdown silahkan Anda pilih menu Optimize Table.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar