Post Top Info

Post Top Info

cpanelinternet

Tutorial Domain Management cPanel (1) - Addon Domain & Sub Domain

 

ilustrasi management

Pada bab ini kita akan membahas tentang bagaimana mengelola domain, bagaimana membuat sub domain, menambahkan domain baru, membelokan trafik dari satu domain ke domain lain, mengatur DNS secara manual, membelokan DNS default dlsb.

A. Add on Domain

Dengan fitur Add on Domain Anda bisa mengarahkan domain-domain Anda yang lain ke sub direktori server hosting Anda. Ini artinya jika Anda ingin membuat website baru dengan nama domain yang baru Anda tidak perlu lagi memebeli paket hosting. Cukup gunakan server hosting yang sudah ada.

Contoh nih ya, Anda membeli sebuah paket hosting, kemudian membuat website dengan alamat www.anakalay.org di hosting tersebut. Nah, beberapa bulan kemudian Anda pengen bikin website baru nih, dengan alamat misalnya www.tokosendal.com, nah Anda nggak perlu beli paket hosting lagi, cukup beli nama domainnya saja dan untuk hostingnya Anda bisa menggunakan hosting Anda yang sudah ada.

TAPI tidak semua paket hosting menyediakan fitur Add on Domain ini, jika Anda menginginkan fitur Add on Domain maka Anda harus membeli paket hosting yang memang menawarkan fitur Add on Domain.

Maka dari itu Anda harus jeli membaca dan mengetahui fitur paket hosting yang akan Anda beli. Jika dalam sebuah info paket hosting terdapat kata-kata Add on Domain = No , Add on Domain = Tidak, atau Add on Domain = X berarti paket hosting tersebut tidak mendukung fitur add on domian. Namun jika terdapat kata-kata misalnya Add on Domain = 5 maka Anda dapat menambahkan domain hingga 5 buah. Lebih bagus lagi jika ada kata-kata Add on Domain =  Unlimited maka artinya Anda bisa menambahkan domain baru pada hosting berapapun Anda mau. jika tidak ada info tentang Add on Domain ? ya jangan ragu-ragu untuk bertanya ke costumer service-nya.

Paket hosting yang mendukung Add on Domain memang relatif lebih mahal ketimbang paket yang tidak mendukung add on domain. Tapi kedepannya jika Anda memang berencana untuk membuat lebih dari satu buah website, maka jika dihitung-hitung paket dengan add on domain akan jauh lebih murah. Karena untuk membuat website baru Anda tidak perlu membeli paket hosting lagi. Jika paket hosting Anda tidak mendukung add on domain, kelak jika Anda akan membuat website baru Anda harus membeli paket hosting lagi dan ini akan lebih boros, apalagi jika Anda membuat 3, 4, 5 website wahh....bisa tambah boros lagi jatuhnya.

Sebagai contoh kasus, saya sudah memiliki website eridesktop.com, eripanel.tk dan saya akan membuat website baru lagi dengan domain eribowo.tk karena hosting yang saya gunakan mendukung penggunaan add on domain unlimited, maka saya bisa menggunakan hosting lama saya saja untuk membuat website baru eribowo.tk tanpa harus membeli paket hosting lagi.

  1. Sebelum Anda menambahkan domain ke domain addons, Anda harus mengupdate Name Server hosting Anda pada domain manager terlebih dahulu. silahkan Anda buka tab baru pada browser dan akses domain manager Anda. (baca bahasan  Domain Manager dan DOT TK Domain Manager jika Anda menggunakan domain .tk)
  2. Karena dalam contoh kasus ini saya menggunakan domain gratis .tk maka saya akan mengakses domain manager .tk, jika Anda bingung bagaimana caranya mengakses domain manager milik Anda silahkan tanyakan ke CS tempat Anda mendaftarkan nama domain, bagaimana caranya mengakses domain manager. Karena tiap-tiap perusahaan memiliki domain manager yang berbeda 
  3. Jika sudah silahkan isikan Name Server / Host Name / NS hosting Anda pada domain manager yang akan tambahkan pada Addon, karena sebagai contoh saya akan menambahkan domain eribowo.tk pada Addon maka saya akan mengupdate name server pada domain manager eribowo.tk
  4. Biasanya info tentang Name Server akan diberitahukan kepada Anda via email saat pertama kali membeli paket hosting. Jika Anda tidak tahu, silahkan Anda tanyakan kepada Customer Service perusahaan hosting Anda apa Name Server / Host Name / NS dari hosting Anda.
  5. name server pada domain manager

    Isikan name server pada domain manager 

  6. Jika Anda sudah mengupadate Name Server pada domain yang akan Anda tambahkan pada Addon selanjutnya Akses cPanel lalu lihat pada panel Domain, klik tombol AddOn Domain.
  7. Addon domain

    Addon domain 

  8. Pada halaman selanjutnya isikan nama domain yang ingin Anda tambahkan, dalam contoh kasus kita adalah eribowo.tk . Lalu pada bagian Subdomain/FTP Username: isikan username FTP Anda untuk domain ini, dan jangan lupa tentukan passwordnya juga pada bagian Password.
  9. Pada bagian Document Root: itu merupakan direktori utama domain addon Anda, document root ini biasanya dibuat secara otomatis. jika saya ingin menginstall website pada domain eribowo.tk maka saya akan menaruh file-file website saya di direktori ini.
  10. Addon domain

    Addon domain 

  11. Jika sudah klik tombol Add Domain, dan Anda sukses menambahkan domain ke server hosting Anda.

  12. Addon domain sukses ditambahkan

    Addon domain sukses ditambahkan 

  13. Untuk memastikan lagi, coba Anda akses file manager, lalu lihat direktori public_html jika disana sudah terdapat direktori/folder baru dengan nama sesuai dengan Document Root Anda (Lihat gambar dibawah ini) itu artinya Anda sudah bener-bener berhasil. Di folder inilah Anda bisa menempatkan file-file website untuk domain eribowo.tk (atau domain addon Anda)
  14. Direktori baru sudah terbentuk

    Direktori baru sudah terbentuk 

  15. Mungkin saja domain baru yang Anda tambahkan tersebut tidak bisa langsung diakses dari browser karena DNS membutuhkan waktu propagasi, beri waktu sekitar 2 x 24 Jam.


A.1. Redirect Addon Domain

Jika Anda mau Anda bisa membelokan trafik / redirect add on domain Anda ke domain lain. Misalnya nih, domain eribowo.tk yang sudah saya tambahkan tadi ingin saya belokan ke domain eripanel.tk, jadi ketika user ingin mengakses eribowo.tk maka secara otomatis user akan diarahkan ke eripanel.tk.

  1. Akses cPanel > Addon Domain
  2. Pada halaman selanjutnya klik tombol Manage Redirection pada Domain add on yang akan Anda redirect.

  3. manage redirection

    Klik tombol manage redirection 

  4. Pada halaman selanjutnya, isikan alamat website yang akan di jadikan tujuan redirect, karena kita akan membelokan trafik dari eribowo.tk ke eripanel.tk maka pada kolom redirect to kita isikan http://eripanel.tk/ (ingat jangan lupa untuk menuliskan tanda / di akhir nama domain ataupun url ).
  5. alamat redirect

    Menentukan alamat redirect 

  6. Apakah redirects ini hanya berlaku untuk top level domain..?? tentu saja tidak, Anda bisa membelokan trafik website kemanapun Anda mau, bisa ke sub domain seperti http://store.eripanel.tk/, bisa ke url seperti http://eridesktop.com/contact-us/ dlsb. yang penting alamat tujuan redirect Anda harus valid. Jika sudah klik tombol Save.


A.2. Mengubah/Menghapus Redirect Addon Domain

Jika Anda ingin mengubah alamat tujuan redirect atau Anda sudah tidak ingin membelokan trafik (redirect) sebuah add on domain, maka Anda bisa mengubah atau malah menonaktifkan redirect Anda. caranya :

  1. Akses cPanel > Addon Domain > Manage redirection
  2. Pada halaman berikutnya Anda bisa mengubah alamat tujuan redirect, atau jika Anda ingin menonaktifkan redirect addon domain Anda tinggal mengklik tombol Disable Redirection

Menonaktifkan redirection

Menonaktifkan redirection


A.3. Menghapus Addon Domain

Jika Anda tidak ingin menggunakan server hosting Anda lagi pada domain addon maka Anda bisa menghapus addon domain tersebut. Misalnya saja nih, saya ingin membelikan paket hosting baru saja untuk domain eribowo.tk dan tidak lagi menumpang pada hosting eripanel.tk, maka Anda bisa menghapus addon domain eribowo.tk dari server hosting.

Ingat menghapus addon domain tidak berarti menghapus domain Anda, domain masih menjadi milik Anda hanya penggunaan hostingnya saja yang dicabut.

  1. Akses cPanel > Addon Domain
  2. Pada halaman selanjutnya klik tombol Remove pada addon domain yang akan Anda hapus.
  3. Menghapus addon domain

    Menghapus addon domain

  4. Pada halaman selanjutnya klik tombol Remove.

 

B. Membuat subdomain

Anda tentu sudah tahu dong ya apa itu subdomain, baca kembali deh bahasan 1.6 Apa itu sub domain , oke sekarang kita langsung praktek aja deh, misalnya Anda ingin membuat toko online pada blog Anda, tapi Anda males untuk membeli nama domain baru, karena domain Anda yang sekarang udah terlanjur terkenal. Nah, salah satu solusinya adalah dengan membuat subdomain, dengan subdomain maka Anda bisa membuat website baru tanpa harus kehilangan ketenaran website Anda.

  1. Masuk cPanel lalu klik tombol Subdomains yang terdapat pada panel Domains

  2. subdomain

    subdomain 

  3. Pada halaman berikutnya isikan nama sub domain Anda, dalam contoh ini saya akan membuat sub domain store.eridesktop.com maka saya akan menuliskan store pada bagian subdomain. Lalu pilih domain induknya pada menu dropdown disampingnya (itu jika Anda memiliki domain addon). Jika sudah klik tombol Create.

  4. Membuat subdomain

    Membuat subdomain 

  5. Setelah Anda mengklik tombol Create, maka secara otomatis pada server Anda akan terbentuk direktori store yang terletak pada public_html. Kalo nggak percaya coba cek menggunakan file manager Anda, nanti Anda akan mendapati folder store didalam direktori public_html.
  6. Nah folder store inilah document root dari subdomain store.eridesktop.com, artinya file-file website untuk subdomain store.eridesktop.com harus saya letakan pada direktori ini. Sedangkan file-file website untuk domain utama saya eridesktop.com tetap terletak di public_html.


Subdomain ini akan bertindak layaknya domain biasa, untuk itu Anda harus memberikan waktu kepada DNS untuk mengenali subdomain yang baru saja Anda buat, jadi setelah Anda membuat subdomain Anda tidak bisa secara langsung mengaksesnya lewat browser. Biasanya butuh waktu beberapa jam agar subdomain Anda bisa diakses.


B.1. Redirect Subdomain.

Pada dasarnya redirect subdomain sama prosesnya dengan redirect addon domain, dimana Anda bisa mengalihkan trafik dari sebuah subdomain ke domain, subdomain atau url lain.

Caranya akses cPanel > Subdomains > lalu klik link Manage Redirection pada subdomain yang ingin Anda redirect. Pada halaman berikutnya isikan domain, subdomain atau url tujuan. Jangan lupa untuk mengakhirinya dengan tanda /. Pokoknya prosesnya sama dengan bahasan A.1. Redirect Addon Domain .


Redirect subdomain

Redirect subdomain


B.2. Mengubah / Menghapus Redirect Subdomains

Untuk mengubah atau menghapus redirect pada subdomain akses cPanel > Subdomains lalu klik Manage Redirection pada subdomain yang ingin akan ubah/hapus redirectnya. Lalu pada halaman selanjutnya silahkan Anda ubah URL tujuan redirect Anda. jika Anda ingin mengonaktifkan redirectnya Anda tinggal mengklik tombol Disable Redirection.

B.3. Menghapus Subdomain

Jika Anda sudah tidak membutuhkan sebuah subdomain, maka Anda bisa menghapusnya. namun menghapus subdomain tidak lantas menghapus direktori document rootnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena di kemudian hari Anda masih bisa menggunakan subdomain yang sama.

Akses cPanel > Subdomains lalu pada halaman berikutnya klik menu Remove pada subdomain yang akan Anda hapus.

Menghapus subdomain

Menghapus subdomain

Nah pada halaman berikutnya klik tombol Delete Subdomain, dan subdomain Anda pun resmi terhapus.

Baca Lanjutannya : Tutorial Domain Management cPanel (2)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar