Post Top Info

Post Top Info

desktophackintosh

Tutorial Hackintosh (12) - Apa Itu Boot Loader, Boot Flag dan Boot Option

niresh boot menu

Setelah kita belajar bagaimana menginstall hackintosh pada virtualbox, sekarang saatnya kita mulai menginstall hackintosh pada komputer real. Instalasi Hackintosh pada komputer real tidaklah semulus, semanis dan semudah instalasi Hackintosh pada VirtualBox. Karena alasan kompatibilitas hardware, terkadang instalasi Mac OS X ngambek dan nggak mau booting pada komputer real Anda dan untuk memaksa si Mac OS X agar mau booting pada komputer real kita membutuhkan apa yang disebut dengan Boot loader dan Boot flag.

Untuk itu saya merasa perlu membahas tentang Boot Loader dan Boot Flag ini kedalam sebuah BAB khusus, karena keberadaan boot loader dan boot flag sangat penting untuk kesuksesan instalasi Hackintosh pada komputer real Anda. Boot loader dan Boot Flag merupakan gerbang awal menuju kesuksesan instalasi Hackintosh Anda..!! Hidup Boot Loader..!! Hidup Boot Flag...!!!!

Pada sebagian komputer, tanpa adanya keduanya, proses instalasi Hackintosh Anda diambang kemustahilan. Tapi, ngomong-ngomong boot loader dan boot flag itu apaan sih..??


A. Apa Itu Boot Loader ?

Mac OS X merupakan sistem operasi (OS) ekslusif yang memang di rancang khusus hanya untuk komputer pabrikan Apple. Nah, karena memang Mac OS ini khusus untuk komputer Apple maka ketika OS ini dimasukan atau di install ke komputer standar non Apple maka OS ini ngambek dan nggak mau jalan (nggak mau booting). Yah, sama halnya dengan Anda yang cowok tentu nggak bakal mau make baju hamil kan..? karena baju hamil memang khusus di rancang bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Kecuali itu memang udah menjadi hobi anda ya lain cerita....

Nah, agar Mac OS ini mau booting pada komputer standar maka dibutuhkan program yang mampu untuk “memaksa” si Mac OS. Program ini disebut Boot Loader. Ada banyak program Boot Loader dalam dunia Hackintosh diantaranya adalah Chimera, Clover, Chameleon, Hackboot, Darwin dlsb.

Jadi kesimpulannya Boot Loader adalah program yang dapat “memaksa” Mac OS X untuk booting pada komputer standar non Apple.

Karena sangat vital maka Anda harus menginstall program boot loader ini pada instalasi Hackintosh yang Anda gunakan. Tapi bagi Anda yang melakukan instalasi menggunakan distro khususnya distro Niresh maka Anda cukup beruntung karena Anda tidak perlu melakukannya lagi secara manual. Kenapa..? karena distro Niresh sudah dilengkapi dengan boot loader chameleon dan clover...

Defaultnya distro Niresh menggunakan chameleon sebagai boot loadernya, jadi Anda tinggal pakai aja dah..., nggak usah pusing-pusing memilih dan menginstall boot loader lagi. itu makanya instalasi menggunakan Distro sangat direkomendasikan untuk kita-kita yang masih baru dan pemula dalam dunia Hackintosh.


B. Apa Itu  Boot Flag / Boot Options

Meskipun sudah dipaksa, Anda yang cowo belum tentu mau begitu saja mengenakan baju hamil kan..? tapi lain cerita jika diiming-imingi dengan duit 5 juta di depan mata...Nah, iming-iming duit 5 juta ini adalah salah satu CARA untuk “memaksa” Anda agar mau mengenakan baju hamil.

Begitu juga dalam dunia Hackintosh, menggunakan program boot loader tidak lantas dapat memaksa si Mac OS X untuk booting pada komputer standar non Apple. Memang pada sebagian komputer si Mac OS X ini langsung mau booting menggunakan program boot loader. Tapi terkadang juga si Mac OS X ini masih ngambek nggak mau booting meskipun Anda sudah menggunakan boot loader.

Kenapa Mac OS X mau booting pada sebagian komputer dan menolak booting pada sebagian komputer yang lain..? yah, itu karena hardware yang digunakan pada masing-masing komputer kan berbeda-beda, baik itu seri, pabrikan, tahun pembuatan atau spesifikasinya.

Karena hardware yang digunakan berbeda-beda maka CARA yang digunakan untuk memaksa si Mac OS X agar mau booting juga beda-beda. Mungkin saja Anda harus merogoh kocek 5 juta untuk memaksa si A agar mau mengenakan baju hamil, tapi Anda cukup memberikan gorengan 10 biji untuk memaksa si B, atau cukup membelikan es krim rasa durian montong untuk membujuk si C. Karena si A, B dan C memiliki kebutuhan dan sifat yang berbeda maka CARA memaksa atau membujuknya juga berbeda pula.

Itu juga yang terjadi dalam Hackintosh, jika ternyata Mac OS X nggak mau booting pada komputer Anda, mungkin Anda membutuhkan CARA yang berbeda untuk dapat memaksa Mac OS X booting pada komputer Anda. Beruntungnya CARA-CARA ini sudah dipaket dalam program boot loader dan kita kenal dengan nama Boot Flag / Boot Option.

Boot Flag terdiri dari berbagai paramater, parameter-parameter ini berupa kode yang digunakan untuk menentukan CARA mana yang akan digunakan untuk memaksa si Mac OS X agar mau booting. Misalnya untuk distro Niresh dengan boot loader chameleon Anda harus memasukan parameter boot flag hp –x –v untuk membuat Mac OS X mau booting pada Laptop dengan merk HP. Boot flag diatas akan menggunakan kernel khusus HP dengan mode verbose dan safe mode dalam proses booting-nya.

Boot Flag dan Boot Loader ini sangat vital peranannya dalam keberhasilan Anda menginstall Hackintosh.

Bersambung Ke Tutorial Hackintosh (13) - Daftar Lengkap Bootflag/Boot Option

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar