Post Top Info

Post Top Info

hackintosh

Tutorial Hackintosh (23) - Cara Install Kext Nvidia Graphic Card

source:BBC News

Pada prinsipnya menginstall kext untuk graphic card tim ijo alias Nvidia sama saja prosesnya dengan menginstall kext untuk graphic card AMD. Untuk itu alangkah lebih baiknya Anda baca dulu artikel yang itu ya agar dapat mengikuti proses pada artikel dibawah ini dengan lebih baik.

Sebenarnya Mac OS sudah menyediakan kext lengkap untuk graphic card Intel, ATI/AMD dan juga Nvidia. Nah loh...?? kalo memang sudah disediakan kext untuk graphic card-graphic card tersebut kenapa Mac OS nggak bisa mengenali graphic card komputer kita..?

Jawabannya adalah karena Mac OS nggak bisa mengenali graphic card yang Anda gunakan secara otomatis. Sehingga kext-kext yang sebenarnya sudah terdapat pada Mac OS X tidak dapat di load.

Maka dari itu kita harus membantu Mac OS agar mengenali graphic card yang Anda gunakan, dan itu sudah kita lakukan pada graphic card Intel dan ATI/AMD diatas. Nah, sekarang giliran Anda yang menggunakan graphic card Nvidia.

Berikut panduan dasar untuk mengaktifkan graphic card Nvidia, Jika Anda mengalami kesulitan, Anda harus mencari referensi lain yang lebih spesifik berdasarkan seri graphic card Nvidia Anda. Anda bisa mencari referensi yang tersedia d iinternet. Karena tidak mungkin saya bahas satu persatu seri graphic card Nvidia pada buku ini, bisa abis 10 jilid buku..:D.

Tapi mudah-mudahan dengan menggunakan panduan dasar ini graphic card Nvidia Anda bisa aktif QECI-nya, karena pada dasarnya mengaktifkan graphic card Nvidia nggak sesusah mengaktifkan graphic card ATI/AMD.


1. Install Semua Kext Nvidia

Jika pada saat proses instalasi Hackintosh Anda melakukan backup graphic kext, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall kembali semua kext graphic card Nvidia Anda.

Kext-kext tersebut dapat Anda temukan pada direktori /Backup/Graphics-Kexts/nVidia (Anda bisa menggunakan fitur Go > Go to folder  yang ada pada menu bar Mac OS untuk mengakses direktori ini secara cepat). Install semua kext-kext yang ada disana menggunakan cara yang sama seperti yang pernah kita bahas pada bahasan InstallKext Jangan lupa untuk melakukan Repair Permission dan Rebuild Cache.


2. Setting org.chameleon.boot.plist

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menerapkan beberapa setting untuk org.chameleon.boot.plist. Jika biasanya kita mengedit file org.chameleon.boot.plist secara manual (baca 7.2.4 Kostumasi Boot Menu Chameleon ) maka kali ini saya perkenalkan kepada Anda sebuah tool yang dapat membantu Anda untuk mengedit file org.chameleon.boot.plist secara mudah dan cepat.

Nama tool tersebut adalah chameleon wizard yang bisa Anda download melalui link ini

  1. Copy file Chameleon Wizard.zip ke desktop lalu double klik untuk mengekstrak isinya.
  2. Akses folder /Extra kemudian klik kanan file org.chameleon.boot.plist > Open With > Chameleon Wizard
  3. Pada jendela Chameleon Wizard yang muncul klik menu org.chameleon.boot.plist lalu beri tanda centang pada Graphics Enabler
  4. Gambar 8.45 Beri tanda centang pada Graphics Enabler

  5. Tugas kita selanjutnya adalah mencari setting PCIRootUID yang tepat untuk graphic card Anda. Caranya gampang, cukup dengan mengklik tombol yang terdapat pada PCIRoot=1 nanti Chameleon Wizard akan menerapkan settingan yang tepat untuk graphic card Anda secara otomatis. Pada jendela popup yang muncul klik OK.
  6. Gambar 8.46 Mencari setting PCIRoot yang tepat

  7. Jika sudah, klik tombol Save. Tutup jendela Chameleon Wizard dan restart komputer Anda. Jika QECI Anda belum aktif maka Anda harus lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Inject Device Properties

Jika langkah diatas belum dapat mengaktifkan QECI graphic card Nvidia Anda maka langkah selanjutnya adalah melakukan inject device properties kedalam kext. Untuk itu silahkan Anda restart komputer Anda dengan menggunakan boot flag PCIRootUID=1 –x atau PCIRootUID=0 –x atau –x (coba satu persatu boot flag mana yang bekerja untuk komputer Anda.)

Jika Anda sudah bisa login ke Mac OS X langkah selanjutnya adalah melakukan injet device properties dengan cara yang sama seperti yang telah saya bahas pada bahasan InjectDevice Properties pada graphic card Intel . Dengan melakukan inject device properties ini Mac OS X akan mengenali graphic card yang Anda gunakan.

Yang berbeda adalah cara mendapatkan kode hex dari device properties Anda. Untuk mendapatkan kode hex dari graphic card nVidia Anda kita akan menggunakan tools EFI Studio.

Tool EFI Studio bisa Anda download melalui link www.Niresh.co/files/file/33-efistudio atau saya juga sudah menyediakannya pada CD pendamping. Jika sudah ekstrak file EFI_Studio.zip kemudian jalankan aplikasi Efi_Studio 1.0.

  1. Pada aplikasi EFI Studio klik menu dropdown dan pilih Display, lalu pada menu dropdown di bawahnya pilih seri graphic card Anda. Sayangnya tidak semua seri graphic card didukung oleh aplikasi ini.
  2. Jika sudah klik tombol Add Device
  3. Gambar 8.47 Pilih device dan add device
  4. Jika sudah akan muncul jendela popup yang berisi kode XML di panel atas dan kode hex dipanel bawah. Nah, copy semua kode hex yang terdapat di panel bawah.
  5. Gambar 8.48 Copy semua code hex yang terdapat di panel bawah

  6. Jika sudah akses file org.chameleon.boot.plist lalu tambahkan kode dibawah ini :
  7. <key>device-properties</key>
    <string>pastekan kode hex disini</string>
  8. Didalam tag <string> pastekan kode heks yang Anda dapatkan dari tools EFI Studio tadi.
  9. Gambar 8.49 Copy kan kode hex Anda pada file org.chameleon.boot.plist

  10. Jika sudah jangan lupa untuk menyimpan file org.chameleon.boot.plist Anda, lalu restart komputer.


4. Lakukan Force EDID

Jika QECI Anda masih belum aktif, maka Anda bisa mencoba melakukan force EDID. Caranya sama dengan melakukan force EDID pada graphic card ATI/AMD. Untuk itu Anda bisa membaca langkah-langkah yang terdapat pada bahasan Lakukan Force EDID.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar