Post Top Info

Post Top Info

hackintosh

Tutorial Hackintosh (22) - Cara Install Kext ATI/AMD Graphic Card Hackintosh

Nah sekarang giliran Anda yang menggunakan graphic card berbasis AMD atau ATI (semua seri ). Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti tapi hanya sekedar memberikan informasi kepada Anda bahwa Graphic card berbasis ATI/AMD adalah yang paling susah dan ribet untuk diaktifkan QECI-nya. Gimana..?? menantang kan..? untuk yang menggunakan graphic card intel, bisa menginstal kext dengan membaca artikel install kext intel graphic card hackintosh

Tapi tenang aja, selama Anda mengikuti dan memahami langkah-langkah dibawah ini, dan nggak malas melakukan googling untuk mendapatkan informasi tambahan tentang graphic card Anda maka mengaktifkan QECI pada ATI graphic card bukan sesuatu yang mustahil.

Langkah-langkah yang saya berikan dibawah ini berlaku universal untuk semua graphic card berbasis AMD. Jadi jika Anda gagal mengaktifkan QECI untuk graphic card AMD menggunakan langkah-langkah dibawah ini maka jangan malas untuk mencarinya via Google dengan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik berdasarkan seri graphic card Anda.


1. Ketahui Device ID Graphic Card Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui Device ID Graphic Card Anda. Anda bisa menggunakan tool speccy seperti yang telah kita bahas pada bahasan 3.7 Mengetahui Detail Spesifikasi Komputer Anda – Graphic Card. Atau jika Anda lebih familiar dengan tool lain ya nggak masalah, yang penting Anda bisa mendapatkan informasi tentang Device ID (dan juga vendor ID) dari graphic card Anda.

Gambar 8.22 Device ID

Pada contoh gambar diatas diketahui Device ID-nya adalah 1002-68E0. Sebenarnya cara bacanya adalah Device ID-nya 68E0 .Sedangkan angka 1002 adalah Vendor ID dari Graphic card yang saya gunakan.

Jadi makna dari angka-angka yang tertera pada Device ID yang di tampilkan oleh tool speccy seperti gambar diatas adalah : Vendor ID – Device ID.

Jika angka yang tertera pada device id menggunakan tool speccy adalah 1002-6898 maka itu artinya Vendor ID = 1002 dan Device ID = 6898. Begitu juga dengan yang lainnya.


2. Kext Yang Dibutuhkan Untuk Mengaktifkan QECI ATI Graphic Card.

Untuk mengaktifkan QECI dari graphic card ATI atau graphic card berbasis AMD kext-kext dibawah ini harus di load oleh Mac OSX Anda :

  • AMDSupport.kext
  • AMDFramebuffer.kext
  • AMDRadeonX****.kext (AMDRadeonX4000, AMDRadeonX3000, AMDRAdeonX2000 dlsb tergantung seri graphic card Anda)
  • AMD****Controler.kext (AMD2400Controller, AMD2600Controller, AMD3000Controller dlsb tergantung seri graphic card Anda ).

Seperti halnya untuk graphic card Intel HD, kext-kext yang dibutuhkan untuk graphic card AMD/ATI juga sudah disediakan oleh Mac OS X. Kext-kext tersebut terletak di direktori /System/Library/Extensions . Tapi jika pada saat instalasi Hackintosh Anda melakukan backup graphic kext maka kext-kext tersebut disimpan pada /Backup/Graphics-Kexts/ATI/

Untuk mengakses direktori /Backup/Graphics-Kexts/ATI/ silahkan Anda klik desktop lalu klik menu Go > Go to Folder yang terdapat pada menu bar. Pada jendela popup Go to Folder yang muncul ketikan /Backup/Graphics-Kexts/ATI/ lalu tekan Enter.

Direktori /Backup/Graphics-Kexts/ATI/  akan muncul kehadapan Anda. Sekarang kita install semua kext-kext yang ada disana menggunakan tool Kext Wizard. Anda cukup mendrag semua kext yang ada disana kedalam kolom Instalation kext wizard kemudian lakukan instalasi kext seperti yang pernah kita bahas pada bahasan Install Kext .

Setelah Anda menginstall semua kext yang dibutuhkan untuk ATI Graphic Card selanjutnya restart komputer Anda. Jika komputer Anda nggak mau login kedalam Mac OS X maka Anda bisa menggunakan boot flag PCIRootUID=1 atau PCIRootUID=0 (pilih mana yang bisa membuat komputer Anda bisa login kedalam Mac OSX).

Untuk sementara ini selalu gunakan boot flag PCIRootUID=1 atau PCIRootUID=0 untuk login kedalam Mac OSX sebelum Anda berhasil menginstall/mengaktifkan QECI graphic card ATI Anda.


3. Ketahui apakah kext mendukung graphic card Anda

Langkah selanjutnya adalah mengetahui apakah kext mendukung graphic card Anda. Cara mengetahuinya adalah dengan memeriksa apakah device ID Anda tercantum dalam file info.plist kext AMD Controller Anda. Jika ternyata tidak tercantum maka Anda bisa menambahkannya secara manual. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Ketahui device id Anda menggunakan cara seperti yang telah kita bahas diatas, device ID saya adalah 68E0
  2. Download aplikasi PlisteditPro melalui link PlistEdit Pro for Mac: Free Download + Review [Latest Version] (macupdate.com)
  3. Jika sudah double klik file PlistEditPro.zip untuk mengekstrak isinya dan copy aplikasi PlistEdit Pro ke Desktop.
    1. Gambar 8.23 Copy aplikasi plistEdit Pro ke Desktop
  4. Sekarang kita akan memeriksa apakah Device ID graphic card Anda sudah disupport oleh kext. Kext yang menyimpan informasi tentang device ID Anda adalah AMD****Controller.kext , ada 8 jenis kext AMD controller yaitu AMD2400Controller, AMD2600Controller, AMD3800Controller, AMD4600Controller, AMD4800Controller, AMD5000Controller, AMD6000Controller, AMD7000Controller.
  5. Controller-controller ini menangani seri graphic card-nya masing-masing. Misal AMD2400Controller.kext menangani graphic card yang memiliki seri dengan angka awal 24 (misalnya ATI Radeon 2400, ATI 2450, ATI 2460 dan semua seri yang berawalan 24).
  6. Begitu pula dengan AMD3800Controller.kext menangani graphic card yang memiliki seri dengan angka awal 38 (misalnya ATI Radeon HD 3850, Radeon HD 3800, Radeon HD 3890 dan semua seri yang berawalan 38).
  7. Begitu pula dengan AMD5000Controller.kext menangani AMD/ATI graphic card yang memiliki seri dengan angka awal 5 seperti Radeon HD 5000, Radeon HD 5450, Radeon HD 5650 pokoknya yang seri awalnya angka 5 deh. Hal yang sama juga berlaku untuk AMD6000controller.kext yang menangani graphic card yang memiliki seri dengan angka awal 6 dan AMD7000Controller.kext yang menangani graphic card dyang memiliki seri dengan angka awal 7. Jadi jika saya tanya graphic card ATI Radeon HD 7850 siapa yang menanganinya..?? bener banget ! jawabannya AMD7000Controller.kext
  8. Karena graphic card saya adalah ATI Mobility Radeon HD 5470 maka kext yang bertanggung jawab adalah AMD5000Controller.kext punya Anda silahkan Anda sesuaikan dengan seri graphic card Anda ya.
  9. Kext AMD controller bisa Anda temukan di /System/Library/Extensions/. Copy kext AMD controller Anda ke desktop. Karena kext AMD controller yang bertanggung jawab terhadap graphic card saya adalah AMD5000Controller.kext maka saya akan meng-copy kext ini ke Desktop.
  10. Jika sudah klik kanan AMD5000Controller.kext (atau kext AMD Controller milik Anda) yang sudah Anda copy ke desktop lalu pilih Show Package Content.
    1. gambar 8.24 Show package content
  11. Pada jendela Finder yang muncul buka folder Content lalu klik kanan file Info.plist > Open With > Plistedit Pro. Jika muncul jendela popup, klik Open . Jika muncul lagi jendela popup pilih Install.
  12. Jika sudah pada jendela Plistedit Pro akses key IOKitPersonalities > Controller > IOPCIMatch.
  13. Double klik kolom Value pada baris IOPCIMatch, periksa apakah Device ID graphic card Anda sudah tercantum disana..?
    1. gambar 8.25 Double klik entri diatas untuk mengetahui apakah device id Anda sudah di support
  14. Daftar kode Device ID dipisahkan oleh spasi. Misal 0x68981002 0x987E1002 0x890E1002 dst. Dari daftar kode ini yang perlu Anda perhatikan adalah angka ke 3 sampai angka ke 6. Angka ke 3 sampai angka ke 6 merupakan angka device ID Anda. Sedangkan angka 1002 merupakan angka vendor ID untuk graphic card ATI. Untuk 2 angka diawal (0x) nggak usah Anda hiraukan ya. Misalnya nih kode device ID 0x68981002 berarti device ID-nya adalah 6898. Lalu kode 0x68A01002 berarti device ID-nya adalah 68A0 begitu juga yang lainnya. Jadi cari Device ID anda apakah sudah ada disana atau belum.
  15. Kebetulan device ID saya (68E0) sudah disupport oleh kext ini. Jadi saya nggak perlu melakukan edit kext lagi
    1. gambar 8.26 Device ID saya 68E0 sudah didukung oleh kext
  16. Nah jika Device ID Anda ternyata tidak tercantum pada kext itu artinya graphic card Anda belum disupport secara default oleh kext. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan Device ID Anda kedalam kext. Cara penulisannya adalah :
  17. 0xDeviceIDVendorID
  18. Jika misalnya device ID Anda adalah 6819 dan vendor ID-nya adalah 1002 maka cara penulisannya adalah :
  19. 0x68191002
  20. Letakan device ID Anda pada posisi terdepan dari baris daftar device ID yang disupport oleh kext. Jangan lupa untuk memisahkan Device ID yang satu dengan yang lainnya dengan spasi.
    1. gambar 8.27 Tambahkan device ID Anda
  21. Jika sudah simpan perubahan yang Anda lakukan dengan mengklik menu File > Save yang terdapat pada menu bar Mac OSX.
    1. gambar 8.28 Simpan perubahan
  22. Selanjutnya install kext AMD Controller yang ada pada desktop (yang tadi sudah kita edit). Jangan lupa untuk melakukan repair permission dan rebuild cache juga.
  23. Jika sudah restart Mac OSX Anda, kali ini TIDAK USAH menggunakan boot flag PCIRootUID=0 atau PCIRootUID=1. Jika Anda bisa login ke Mac OS X dan QECI Anda juga sudah aktif maka selamat..!!.
  24. Tapi jika Anda nggak bisa login ke Mac OS X, tampilan grafik kacau atau layar monitor Anda malah blank item maka restart Mac OS X Anda dan gunakan boot flag PCIRootUID=0 atau PCIRootUID=1 lalu lanjutkan langkah dibawah ini


4. Memilih ATI Config Yang Tepat

Jika setelah melakukan inject Device ID seperti langkah diatas graphic card AMD/ATI Anda tetap nggak mau bekerja berarti ada yang salah dengan frame buffer Anda (lagi-lagi si framebuffer bikin masalah….).

Framebuffer yang ada di kext tidak cocok untuk graphic card Anda dan Mac OS X tidak dapat memilih framebuffer yang sesuai dengan graphic card Anda secara otomatis. Jika sudah demikian maka yang perlu kita lakukan adalah membantu Mac OS X dengan menunjukan kepada si Mac OS X mana framebuffer yang tepat untuk graphic card yang kita gunakan.

Nah untuk graphic card berbasis ATI atau AMD konfigurasi framebuffer ini disimbolkan kedalam nama-nama hewan seperti Pithecia, Eulemur, Hoolock, Orangutan dlsb. Nah tugas Anda adalah memilih “hewan” mana yang paling sesuai dengan graphic card Anda.

Untuk memilih konfigurasi framebuffer yang tepat maka kita akan mengintip file info.plist dari kext AMD Controller yang tadi sudah Anda copy ke desktop.

Menggunakan cara yang sama dengan bahasan Ketahui apakah kext mendukung graphic card Anda diatas kembali buka file info.plist kemudian buka key IOKitPersonalities > Controller.

Dibawah key Controller akan terdapat sub key yang berawalan ATY. Untuk AMD5000Controller.kext terdapat sub key ( ATY,Hoolock ), ( ATY,Langur ), ( ATY, Urangutan ), ( ATY,Zonalis ). Tentu saja Jika Anda menggunakan kext AMD controller yang berbeda (tergantung dari seri graphic card Anda) maka nama hewan yang tertera disana juga akan berbeda.

Gambar 8.29 Konfigurasi framebuffer


Nah, hoolock, langur, urangutan dan zonalis ini merupakan nama konfigurasi framebuffer yang mungkin cocok dengan graphic card yang saya gunakan.. Jika graphic card yang Anda gunakan menggunakan seri yang berbeda maka kemungkinan konfigurasi framebuffer yang cocok dengan graphic card Anda juga akan berbeda dengan punya saya (ATI Radeon seri 5xxx). Jadi silahkan Anda sesuaikan ya…

Tugas saya selanjutnya adalah mencoba satu persatu “hewan” ini, mana yang cocok dengan graphic card yang saya gunakan. Caranya adalah :

  1. Akses file org.chameleon.boot.plist (jika Anda lupa dengan file org.chameleon.boot.plist silahkan baca kembali bahasan 7.2.4 Kostumasi Boot Menu Chameleon )
  2. Double klik file org.chameleon.boot.plist , biasanya file ini akan dibuka menggunakan aplikasi TextEdit tapi karena Anda sudah menginstall aplikasi PlistEdit Pro maka sekarang aplikasi inilah yang mengambil alih file org.chameleon.boot.plist.
  3. Pada panel bawah PlistEdit Pro (yang ada kode-kodenya) tambahkan kode berikut 
  4. <key>AtiConfig</key>
    <string>hoolock</string>
  5. Ganti Hoolock dengan nama konfigurasi framebuffer yang ingin Anda coba.
    1. gambar 8.30 Sisipkan kode
  6. Jika sudah simpan file dengan mengklik menu Fle > Save yang terdapat pada menu bar Mac OS X.
  7. Tutup jendela PlistEdit Pro lalu restart Mac OS X Anda, kali ini JANGAN GUNAKAN boot flag PCIRootUID=1 atau PCIRootUID=0
  8. Jika Anda bisa login ke Mac OS X dan QECI Anda aktif maka selamat konfigurasi framebuffer yang Anda pilih ternyata tepat. Tapi jika ternyata tampilan grafis Anda rusak atau layar monitor Anda blank warna item berarti konfigurasi framebuffer yang Anda pilih belum tepat silahkan Anda restart computer dan gunakan boot flag PCIRootUID=1 atau PCIRootUID=0 untuk login ke Mac OS X kembali.
  9. Setelah login ke Mac OSX kembali ulangi langkah diatas namun dengan konfigurasi framebuffer yang berbeda. Restart kembali Mac OS X Anda tanpa boot flag dan lihat apakah konfigurasi framebuffer yang Anda pilih cocok untuk graphic card Anda. Begitu seterusnya hingga semua kemungkinan konfigurasi framebuffer Anda coba satu persatu. Ulangi terus langkah-langkah diatas hingga Anda menemukan konfigurasi framebuffer yang cocok dengan graphic card Anda.
  10. Untuk kasus pada laptop saya, saya mencoba semua kemungkinan konfigurasi hoolock, langur, urangutan dan zonalis dan hasilnya adalah……..
  11. NIHIL! L , maka dari itu saya harus lanjut ke step berikutnya…..

5. Periksa Apakah Graphic Enabler Dalam Keadaan Aktif..?

Jika semua konfigurasi sudah Anda coba satu persatu tapi tetap QECI nggak mau aktif bahkan layar monitor Anda warna item blank maka Anda perlu memeriksa apakah graphic enabler pada file org.chameleon.boot.plist sudah dalam kondisi aktif.

Untuk melakukannya, buka file org.chameleon.boot.plist yang terletak di direktori /Extra (baca kembali bahasan 7.2.4 Kostumasi Boot Menu Chameleon ) pastikan Anda menambahkan kode dibawah ini pada file org.chameleon.boot.plist

<key>GraphicsEnabler</key>
<string>Yes</string>

Jangan lupa untuk menyimpan file org.chameleon.boot.plist Anda.

 

6. Lakukan Force EDID

Jika semua kemungkinan konfigurasi ATI Config sudah Anda coba, dan hasilnya tetap NIHIL (seperti halnya laptop yang saya gunakan untuk uji coba) maka Anda harus melakukan langkah ini yaitu melakukan Force EDID.

Untuk melakukan force EDID maka Anda harus mengetahui data EDID dari computer atau laptop yang Anda gunakan. Nah, untuk mengetahui dan mengekstrak data EDID ini kita akan menggunakan OS Windows (XP, Vista, Seven, Eight terserah..). Untuk itu bagi Anda yang dual boot silahkan Anda booting ke OS Windows Anda, bagi yang belum menginstall Windows ya di install dulu dong, pakai trial juga boleh. Jika sudah ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Anda bebas mau menggunakan OS Windows apa. XP, Vista, 7, 8, 8,1 terserah asalkan Anda sudah menginstall driver graphic card (VGA/GPU) di OS Windows Anda.
  2. Selanjutnya download dan install aplikasi Monitor Asset Manager melalui link www.entechtaiwan.com/util/moninfo.shtm
  3. Jika sudah langsung jalankan aplikasi ini, pada panel sebelah kiri (panel Display IDs) klik entri yang paling atas (yang ada tulisan Real-time nya).
    1. gambar 8.31 Klik entri yang paling atas
  4. Selanjutnya pada panel sebelah kanannya (Panel Asset Information) cari tulisan Raw Data kemudian select/highlight semua entri raw data Anda yang ada disana (yang ada kode angka dan huruf berjejer)
    1. gambar 8.32 Select dan Copy Raw Data Anda
  5. Copy raw data Anda kemudian paste-kan ke notepad
    1. gambar 8.33 Paste data raw data Anda ke notepad
  6. Raw data yang Anda paste-kan ke notepad masih mengandung karakter koma (,) agar Raw data ini dapat kita gunakan untuk melakukan force EDID maka kita harus menghilangkan karakter koma (,) ini.
  7. Pada jendela notepad klik menu Edit > Replace..atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol CTRL + H.
  8. Akan muncul jendela popup Replace. Pada bagian Find what ketikan karakter koma (,) lalu tekan tombol Replace All.
    1. gambar 8.34 Ketikan karakter koma kemudian klik Replace All
  9. Sekarang karakter koma (,) sudah hilang dari data Raw Data Anda.
    1. gambar 8.35 Karakter koma udah hilang
  10. Selanjutnya simpan file raw data Anda dengan mengklik menu File > Save dan berinama forceedit.txt, lokasinya sih terserah boleh di UFD, asal nanti bisa Anda akses via Mac OS X.

    1. gambar 8.36 Simpan data raw data Anda dengan nama forceedit.txt
  11. Jika sudah restart komputer dan login ke Mac OS X. Akses direktori /System/Library/Displays/Overrides/DisplayVendorID-756e6b6e
  12. Anda bisa menggunakan menu Go > Go to Folder untuk mempercepat proses pencarian.
  13. Pada jendela Finder yang muncul copy file DisplayProductID-717 kemudian paste-kan ke desktop.
  14. Ubah nama DisplayProductID-717 yang sudah Anda copy ke desktop menjadi DisplayProductID-717.plist caranya, klik kanan file DisplayProductID-717 lalu pilih menu Get Info.
  15. Pada jendela popup yang muncul lihat pada bagian Name & Extension, ubah nama DisplayProductID-717 yang ada disana menjadi DisplayProductID-717.plist
    1. gambar 8.37 Ubah nama DisplayProductID-717 menjadi DisplayProductID-717.plist
  16. Tutup jendela Info lalu pada jendela popup yang muncul klik tombol Add.
  17. Jika sudah buka file DisplayProductID-717.plist dengan PlistEdit Pro.
  18. Selanjutnya hapus key tinf dan tovr, caranya klik key tinf lalu klik tombol Delete, kemudian klik key tovr lalu klik kembali tombol Delete.
    1. gambar 8.38 Hapus key tinf dan tovr
  19. Jika sudah klik key DisplayProductID lalu klik tombol New Sibling untuk membuat key baru. Selanjutnya beri nama key baru Anda dengan DisplayProductName.
  20. Pada baris yang sama dengan DisplayProductName, Double klik pada kolom value kemudian beri value key yang baru saja Anda buat dengan LCD Forced EDID
    1. gambar 8.39 Beri value LCD Forced EDID
  21. Selanjutnya klik key DisplayVendorID lalu klik New Sibling untuk membuat key baru lagi.
  22. Beri nama key baru Anda dengan IODisplayEDID lalu klik menu dropdown String yang ada disampingnya dan pilih Data
    1. gambar 8.40 Ganti String menjadi Data
  23. Jika sudah double klik kolom yang ada disampingnya (yang ada tulisan 0 Bytes-nya) lalu copy data Raw Data yang tadi sudah Anda simpan dalam file forceedit.txt dan pastekan kedalam kolom value IODisplayEDID
    1. gambar 8.41 Copy dan paste data Raw Data ke kolom value IODisplayEDID
  24. Jika sudah simpan file DisplayProductID-717.plist Anda dengan mengklik menu File > Save yang terdapat di menu bar Mac OS X.
  25. Selanjutnya tutup aplikasi PlistEdit Pro lalu ubah kembali nama DisplayProductID-717.plist yang ada di desktop menjadi DisplayProductID-717 menggunakan cara yang sama seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Jika muncul jendela konfirmasi maka klik tombol Remove.
  26. Jika sudah copy file DisplayProductID-717 yang ada di desktop ke direktori-nya semula yaitu /System/Library/Displays/Overrides/DisplayVendorID-756e6b6e/
  27. Pada jendela konfirmasi yang muncul klik tombol Replace lalu masukan password user Anda.
    1. gambar 8.42 Pilih Replace
  28. Jika sudah pastikan Graphic Enabler Anda dalam kondisi aktif. Untuk melakukannya, buka file org.chameleon.boot.plist yang terletak di direktori /Extra (baca kembali bahasan 7.2.4 Kostumasi Boot Menu Chameleon ). Pastikan Anda menambahkan kode dibawah ini pada file org.chameleon.boot.plist
  29. <key>GraphicsEnabler</key>
    <string>Yes</string>
  30. Jangan lupa untuk menyimpan file org.chameleon.boot.plist Anda.
  31. Langkah selanjutnya adalah melakukan Repair Permissions dan Rebuild Cache menggunakan Kext Wizard. Untuk itu akses Kext Wizard lalu klik menu Maintenance.
  32. Beri tanda centang pada /System/Library/Extensions lalu klik tombol Execute dan masukan password Anda.
  33. Tunggu proses hingga selesai, jika Anda diminta untuk memasukan password kembali ya tinggal Anda masukan saja password Mac OSX Anda lagi.
  34. Jika sudah selesai, restart Mac OSX Anda TANPA BOOTFLAG PCIRootUID=1 atau PCIRootUID=0.
  35. Jika Anda tidak bisa login ke Mac OSX coba restart computer dan gunakan boot flag PCIRootUID=1 –x atau PCIRootUID=0 –x
  36. Jika sudah berhasil login, akses org.chameleon.boot.plist Anda lalu HAPUS kode aticonfig Anda. Hapus kode seperti dibawah ini dari file org.chameleon.boot.plist
  37. <key>AtiConfig</key>
    <string>Ati Config Anda</string>
  38. Restart computer Anda dan eng ing eng Graphic card AMD Anda sudah aktif QECI-nya.
    1. gambar 8.43 Graphic Card sudah dikenali oleh Mac OSX

      gambar 8.44 QECI sudah aktif

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar