Post Top Info

Post Top Info

hackintosh

Tutorial Hackintosh (24) - Cara Install Kext Network, Trackpad, keyboard, brightness

Setelah kita menginstall kext graphic card Intel, AMD atau Nvidia sekarang giliran kita install kext untuk network, trackpad, keyboard dan pengaturan brightness layar Anda. Agar hackintosh Anda dapat berjalan secara optimal dengan hardware yang dapat bekerja dengan baik.

A. Instalasi Kext Network

Setelah kita menyelesaikan masalah VGA/GPU maka langkah selanjutnya adalah menginstall kext untuk network atau jaringan. Pada laptop saya, ada dua adapter jaringan yang akan kita aktifkan yaitu ethernet (jaringan kabel dengan port rj6) dan jaringan wireless atau wifi.

1. Ethernet

Untuk masalah ethernet pertama kali kita bisa mencoba kext yang memang sudah tersedia pada Mac OS X. Untuk mengaktifkan kext build-in ini tambahkan kode dibawah ini pada file org.chameleon.boot.plist Anda.

<key>EthernetBuiltIn</key>
<string>Yes</string>

Jangan lupa untuk menyimpan file org.chameleon.boot.plist, lalu restart komputer Anda. Kode diatas dapat mengaktifkan adapter ethernet laptop yang saya gunakan. Nah, bagi Anda yang ternyata ethernet-nya belum aktif menggunakan kode diatas maka Anda harus mencari kext yang sesuai dengan tipe dan seri adapter Anda.

Jika Anda tidak bisa menemukan kext yang sesuai dengan tipe dan seri adapter ethernet Anda maka Anda bisa menggunakan kext all in one yang bisa Anda download melalui link www.Niresh.co/files/file/118-all-in-one-network-solution-wireless-ethernet/ jika sudah silahkan Anda install kext dengan cara mengekstrak file All inn one ethernet solution.zip lalu double klik All in one ethernet solution.mpkg . Klik terus tombol Continue hingga kext selesai diinstall.

Tapi all in one kext diatas adalah solusi terakhir jika memang benar-benar tidak ada kext khusus untuk seri dan tipe ethernet Anda, karena all in one kext diatas belum tentu cocok dengan adapter yang Anda gunakan.


2. Wifi

Kext untuk Wifi ini susah-susah gampang untuk dicari. Jika Anda cukup beruntung maka Anda bisa mendapatkan kext wifi yang tepat sehingga wifi laptop Anda dapat bekerja dengan sempurna. Tapi kalau nggak beruntung ya, terpaksa wifi internal Anda nggak bisa digunakan dan Anda harus membeli wifi stick external yang didukung oleh Mac OSX.

Untuk mendapatkan kext wifi yang tepat Anda harus mendapatkan info tentang merk, tipe dan seri dari Wifi Anda. Sayangnya tool speccy yang kita gunakan sebelumnya tidak memberikan informasi yang mendetail tentang adapter wifi yang Anda gunakan.

Nah, untuk mendapatkan info yang detail tentang adapter wifi yang Anda gunakan kita akan menggunakan tool yang bernama AIDA64 Extreme. Tool ini bisa Anda download melalui link www.aida64.com/downloads (saya juga sudah menyediakan pada CD pendamping). Tools ini nggak gratis, tapi dengan menggunakan versi trialnya Anda sudah bisa mengetahui info tentang wifi Anda secara akurat.

Setelah download dan install langsung jalankan aplikasi ini, pada jendela AIDA64 klik pada Jaringan PCI/Pnp . Nah pada panel sebelah kananya akan terdapat informasi tentang tipe dan seri adapter wireless Anda. Punya saya adapter wirelessnya ternyata adalah Atheros AR9285 802.11 b/g/n.

Informasi tentang jaringan wireless Anda

Nah setelah mencari kext di google dengan kata kunci Atheros AR9285 Kext maka saya nemu di www.Niresh.co/files/file/98-atheros-ar9285-io80211familykext/ setelah itu saya ekstrak file .zip-nya dan saya install menggunakan kext wizard. Setelah melakukan Rebuild Cache dan Repair Permission saya restart Mac OS X saya.

Jika kext yang Anda install memang cocok dengan adapter wireless Anda maka setelah Anda login ke Mac OS X pada menu bar akan terdapat icon Wireless, klik icon ini dan pilih Turn Wi-Fi On

Menghidupkan wifi

Jika sudah, wifi Anda akan mencari sinyal wifi/hotspot yang tertangkap. Klik pada hotspot yang ingin Anda akses dan masukan password (jika ada).

Mengakses hotspot

B. Mengaktifkan Sound

Pada dasarnya ketika Anda sudah selesai menginstall Niresh Mavericks maka sound sudah langsung aktif, tapi bagi yang komputer  atau laptopnya masih “bisu” maka Anda perlu melakukan beberapa settingan.

  1. Akses System Preference melalui menu Go > Application > System Preferences atau bisa juga melalui Dock.
  2. Menu system preferences di dock


  3. Pada jendela Finder yang muncul klik menu Sound


  4. Pada jendela popup yang muncul klik tab Sound Effects lalu klik menu dropdown Play sound effects through pilih Speaker
  5. Pilih speaker

  6. Jika sudah klik tab Output lalu klik Speaker . Anda juga bisa menggeser slide Output Volume untuk mengeraskan output suara speaker Anda.
  7. Pilih speaker pada bagian Output


C. Mouse, Trackpad dan Keyboard

Mouse, trackpad dan keyboard juga biasanya langsung aktif begitu Anda selesai menginstall Niresh Mavericks. Tapi mungkin ada beberapa kerja mouse, trackpad dan keyboard yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda nggak bisa mengklik menggunakan touchpad, arah scroll mouse yang tidak biasa, tidak bisa melakukan drag menggunakan mouse dlsb.

1. Mouse

Untuk melakukan pengaturan mouse, akses System Preferences > Mouse. Untuk mengubah arah gerakan scroll hilangkan tanda centang pada Scroll direction: natural.

Jika Anda merasa gerakan pointer mouse Anda terlalu berat maka Anda bisa menggeser slide pada tracking speed ke arah fast.

Pengaturan mouse


2. Trackpad/Touchpad

Nah, sekarang kita akan melakukan pengaturan trackpad/touchpad agar bekerja sesuai dengan keinginan/kebiasaan Anda. Untuk itu akses System Preferences > Trackpad.

Agar trackpad Anda bisa digunakan untuk melakukan klik maka tandai pilihan Clicking, tandai juga pilihan Dragging agar touchpad Anda bisa digunakan untuk melakukan proses drag & drop.

Mengaktifkan clicking dan draging


Jika pointer Anda terlalu berat maka Anda juga bisa mengatur kecepatan pointer dengan menggeser slide Tracking speed kearah Fast.

3. Keyboard

Ketika Anda pertama kali menggunakan Mac OS X tentu Anda agak bingung ya dengan simbol-simbol keyboard yang dipakai oleh Mac OS X. Anda juga tentu bingung melakukan Copy dan Paste menggunakan shortcut keyboard. Biasanya kan di Windows dan Linux Copy itu CTRL + C dan paste itu CTRL + V ini di Mac OS X kok nggak bisa...??

Ya, karena sejatinya keyboard yang digunakan oleh Mac OS X juga beda, keyboard yang digunakan Mac OS X kan keyboard standard Apple dan itu berbeda dengan tombol standard yang biasa kita gunakan.

Di Apple Mac OSX, fungsi tombol CTRL yang biasa kita kenal pada Windows itu biasanya digantikan oleh tombol Command . Sehingga CTRL + C itu kalau di Mac OS X adalah Command (  ) + C dan CTRL + V itu adalah Command (  ) + V .

Keyboard biasa yang kita gunakan kan nggak ada tombol Command-nya. Maka yang mengambil alih fungsi tombol Command adalah tombol ALT. Jadi Command (  ) + C menjadi ALT + C dan Command (  ) + V menjadi ALT + V.

Jika Anda nggak biasa dan merasa canggung untuk menggunakan ALT sebagai pengganti CTRL maka Anda bisa mengatur agar yang mengambil alih fungsi tombol Command adalah CTRL. Ikuti langkah-langkah berikut :

1. Akses System Preferences > Keyboard
2. Pada jendela popup Keyboard klik tombol Modifier Keys..yang terletak dipojok kanan bawah.

3.   Pada jendela popup yang muncul klik menu dropdown pada bagian Command ( ) key lalu pilih Control. Kemudian klik OK.

Pilih Control dan klik OK



C. Brightness

Untuk mengatur kecerahan layar atau brightness kita bisa menggunakan tools yang bernama Brightness Slider. Ada tiga cara untuk mendapatkan tools ini yaitu melalui Mac Store, download langsung melalui link yang saya berikan.

  1. Download Brightness Slider melalui link http://goo.gl/nO3fda
  2. Jika sudah, copy aplikasi Brightness Slider, lalu klik desktop, kemudian pada menu bar Mac OS X klik menu Go > Applications
  3. Jendela Finder Applications akan muncul, paste aplikasi Brightness Slider kedalamnya. Sekarang aplikasi Brightness Slider sudah berada didalam daftar Applications
  4. Brightness Slider sudah berpindah ke Applications

  5. Sekarang jalankan aplikasi Brightness Slider, icon Brightness Slider akan muncul di sebelah kanan menu bar Mac OS X. Klik icon ini dan geser slide keatas atau kebawah untuk menambah atau mengurangi tingkat kecerahan layar.
  6. Aplikasi brightness slider

  7. Agar aplikasi ini dijalankan secara otomatis saat Mac OS X Anda startup maka klik icon pada aplikasi Brightness Slider lalu pada jendela popup yang muncul tandai pilihan Launch at login.
  8. Menjalankan aplikasi Brightness Slider secara otomatis

  9. Jika sudah klik tombol Quit

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar